Dusun Bambu, Destinasi Kumplit di Kaki Gunung Burangrang

Dusun Bambu

Dusun Bambu

Alampriangan.com – BANDUNG memang tidak pernah kehabisan ide untuk menawarkan tempat wisata yang unik dan menarik. Buktinya, satu lagi tempat wisata mulai menarik banyak pengunjung.

Dikenal dengan nama Dusun Bambu , tempat wisata ini terletak di bawah kaki gunung Burangrang. Tepatnya di Jalan Kolonel Masturi Km 11, Kampung Cijanggel, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Sekitar 10 kilo meter dari terminal Ledeng.  Lokasinya tak jauh dari obyek wisata Curug Cimahi.

Menuju Dusun Bambu

Menuju Dusun Bambu tak sulit.  Apabila anda keluar dari Tol Pasteur, maka lanjut ke atas menuju Ledeng, belok ke Jalan Sersan Sodik dan sampai ke Jalan Kolonel Masturi.  Bisa juga ke Lembang dulu, terus belok ke Jalan Kolonel Masturi.  Sedang bila keluar dari tol Padalarang anda bisa ke Jalanan Kolonel Masturi via Cimahi.

Cara paling mudah adalah dipandu dengan google map, sebagai berikut:

Setelah sampai di lokasi Dusun Bambu, anda akan mendapati dua area parkir utama.  Bila gerbang parkir yang satu sudah penuh, pengunjung akan diarahkan untuk masuk melalui gerbang parkir dua yang terletak di sebelah atas. Pastikan mobil anda cukup prima karena akan melalui tanjakan yang cukup curam.

Untuk dapat masuk ke dalam Dusun Bambu Lembang, setiap orang harus membayar retribusi sebesar 10.000 rupiah per orang dan parkir mobil sebesar 15.000 rupiah. Harga tiket masuk ini tentu terbilang murah jika dibandingkan dengan suguhan menarik di dalam dusun. Khusus untuk anak 3 tahun ke bawah, tidak perlu membayar tiket masuk.

Berkonsep Tradisional Sunda

Seperti namanya, Dusun Bambu Lembang mengangkat konsep desa tradisional khas Sunda. Sentuhan Sunda jelas terlihat dari desain dan fasilitas yang disediakan. Atmosfir dusun ini memang terkesan vintage namun uniknya terdapat beberapa bangunan yang sengaja dibangun dengan konsep modern kontemporer sehingga tercipta kontras desain yang apik.

Di dalam area dusun yang total luasnya sekitar 15 hektar, terdapat beberapa pusat keramaian. Diantaranya adalah 3 buah restoran, 1 buah pasar tradisional, penginapan bergaya cottage dan lahan camping serta aktivitas luar ruangan. Berikut adalah peta Dusun Bambu:

Peta Dusun Bambu

Peta Dusun Bambu

Secara keseluruhan, dusun buatan ini menawarkan beragam atraksi menarik dan kesempatan untuk melakukan aktifitas outdoor yang menantang.

Konsep dusun yang apik ini ternyata merupakan hasil karya dari Ronny Lukito, seorang pengusaha sukses di Bandung yang juga pemilik Kampung Daun, Eider, Bodypack and juga Exsport.

Dengan sepak terjang puluhan tahun di dunia bisnis, kemampuan Ronny Lukito untuk menawarkan tempat wisata yang sesuai dengan selera pelanggan pantas untuk diakui.

Memasuki wilayah Dusun Bambu Lembang, pengunjung disambut oleh bangunan tugu selamat datang terbuat dari bambu dengan gaya khas Sunda. Di sepanjang dusun, terlihat vegetasi hijau yang menyejukkan mata dan bangunan-bangunan bergaya mempesona.

Jika pengunjung ingin langsung menuju restoran, telah tersedia ontang-anting gratis yang bisa digunakan. Cocok untuk pengunjung yang kewalahan berjalan kaki karena jaraknya memang cukup lumayan.

Pasar Khatulistiwa

Untuk mengawali kesenangan di dusun ini, tersedia Pasar Khatulistiwa. Di pasar ini pengunjung bisa menemukan beragam makanan ringan tradisional dengan rasa yang memuaskan.

Pasar Khatulistiwa

Pasar Khatulistiwa

Seperti kebanyakan tempat wisata di Lembang, pengunjung harus membeli voucher terlebih dahulu sebelum membeli suguhan makanan dan minuman yang tersedia.

Jangan khawatir soal harga karena terjangkau dan tidak akan membuat kantong jebol. Namun, jangan terlalu banyak menyantap makanan disini karena masih ada 3 buah restoran yang harus dicoba.

Restoran di Dusun Bambu

Tersedia tiga buah restoran dengan gaya yang berbeda di Dusun Bambu Lembang. Ketiga restoran tersebut adalah restoran Purbasari, Café Burangrang dan Lutung Kasarung.

Loading...

Masing-masing restoran punya keunikan tersendiri. Restoran Purbasari misalnya yang unik karena bangunannya yang berupa saung dan berada di pinggir danau. Restoran ini menyuguhkan makanan tradisional Sunda dan western dengan pemandangan yang cantik.

Restoran Purbasari

Purbasari Resto Dusun Bambu

Jika ingin suanana yang lebih modern, kunjungi Café Burangrang yang terlihat menonjol dengan bangunan bergaya modern kontemporer. Restoran ini menyajikan beragam menu western baik makanan dan minuman dengan rasa yang memuaskan.

Burangrang Resto Dusun Bambu

Burangrang Resto Dusun Bambu

Restoran terakhir yang juga paling terkenal di Dusun Bambu Lembang adalah Lutung Kasarung. Yang membuat restoran ini unik adalah bangunannya yang menyerupai sangkar burung. Bangunan unik ini memberikan nuansa yang berbeda ketika berada di dalamnya dan menyantap beragam sajian menarik.

Lutung Kasarung Resto

Lutung Kasarung Resto Dusun Bambu

Untuk harga, tidak perlu khawatir berlebihan karena terjangkau dan sebanding dengan rasa serta fasilitas. Untuk harga makanan, berkisar dari 20 ribu hingga 60 ribu rupiah.

Menginap di Dusun Bambu

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Dusun Bambu Lembang, maka pilihannya adalah menginap di tempat wisata ini. Kabar baiknya adalah tersedia dua jenis penginapan yang disewakan dengan harga terjangkau.

Untuk mengawali adalah Kampung Layung yang merupakan penginapan bergaya cottage berada di pinggir danau. Jadi, ketika pengunjung membuka pintu kamar dan jendela, maka yang terlihat di depan mata adalah danau cantik dan mempesona.

Kampung Layung Dusun Bambu

Kampung Layung Dusun Bambu

Harga per malam yang dipatok oleh penginapan ini adalah dua juta rupiah untuk tiap cottage. Sejujurnya, harga ini cukup terjangkau mengingat satu cottage bisa digunakan oleh satu keluarga. Sehingga, seperti berada di rumah sendiri. Hanya saja, rumah ini bergaya cottage dan terletak di samping danau.

Glamping di Eagle Camp

Penasaran menjajal pengalaman berbeda menginap di dusun ini? Pilih Eagle Camp yang merupakan satu kompleks perkemahan khusus glamping (glamorous camping) yang disediakan untuk pengunjung.

Glamping Dusun Bambu

Glamping Dusun Bambu

Untuk bisa berkemah disini, pengunjung tidak perlu membawa tenda karena sudah tersedia disini. Jadi, harga per malam sudah termasuk harga sewa tenda.

Uniknya, tenda yang tersedia mempunyai desain yang keren dan berbeda dari tenda kebanyakan. Hal ini tentu membuat Eagle Camp lebih menarik dan menggoda. Berkemah disini merupakan pilihan tepat untuk menjadi lebih dekat dengan alam.

Berbagai Aktivitas Luar Ruangan

Selama berada di dusun ini, pengunjung juga dimanjakan dengan beragam aktivitas luar ruangan. Diantaranya adalah bersepeda dengan rute yang cocok untuk anak-anak dan dewasa, olahraga lari ditemani pemandangan yang luar biasa, belajar memanah, air soft gun dan melempar pisau, gokart, hiking serta beragam aktivitas khusus untuk anak-anak.

Wahana Permainan Anak Dusun Bambu

Wahana Permainan Anak Dusun Bambu

Dusun ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk acara gathering kantor. Singkat kata, Dusun Bambu Lembang akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Bandung Utara.



loading...

Komentar