Wisata Puncak Temboan Rurukan di Sulawesi Utara

Puncak Temboan Rurukan

Puncak Temboan Rurukan

Puncak Temboan Rurukan | Alampriangan.com – Destinasi wisata di Sulawesi Utara yang satu ini menyuguhkan suasana yang begitu asri dengan udara dingin yang menyegarkan, namanya puncak Temboan Rurukan. Rurukan terdiri dari dua desa, yakni Desa Rurukan dan Rurukan Satu, yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Tomohon Timur.

Puncak Temboan Rurukan

Dengan luas wilayah lebih dari 500 km2, Rurukan terkenal dengan perkebunan sayur mayurnya. Selain tanaman sayur-sayuran, terdapat pula perkebunan bunga yang beraneka warna. Sebagaimana diketahui, kota Tomohon merupakan suplier utama komoditas bunga di Sulawesi Utara.

Loading...

Terletak di daerah ketinggian, kaki Gunung Mahawu, udara Rurukan sangat sejuk. Tak heran, sewaktu-waktu kabut tebal datang secara tiba-tiba menyelimuti semua areal. Tempat ini dapat ditempuh hanya dengan waktu 1.5 jam dari kota Manado dengan mobil pribadi. Begitu memasuki Rurukan, kita telah disambut dengan hamparan kebun pertanian yang dikelola secara tradisional.

Wisata Bukit Temboan

Bukit Temboan berada di ketinggian, sehingga kita dapat melihat dengan sangat jelas Tondano dengan danaunya, Bitung dengan pelabuhannya, Gunung Klabat bahkan Selat Lembeh. Terdapat sebuah bangunan yang konstruksinya dari kayu pohon kelapa.

Bukit Temboan merupakan lokasi strategis menunggu sunrise. Setelah itu, hamparan sinar matahari pagi di bukit-bukit perkebunan sungguh menyajikan pemandangan yang hijau dan indah untuk diabadikan. Di sekitar Bukit Temboan, juga terdapat perkebunan strawberry dan peternakan kelinci.

Rurukan merupakan salah satu pilihan destinasi wisata alam yang mudah dijangkau dan murah. Ongkos transportasi ke Manado – Tomohon sebesar Rp. 6.000. Dari terminal Beriman Tomohon, kita dapat menumpang mikrolet bertarif, Rp. 3.500 ke desa Rurukan, dengan waktu tempuh kurang dari 15 menit. Jika ke Bukit Temboan kita dapat menyewa ojek dengan tarif Rp. 10.000.



loading...

Komentar