Pantai Sadranan – Info Rute, Tiket, Snorkeling & Penginapan

Yogyakarta merupakan daerah yang banyak dikunjungi para wisatawan baik dari negeri sendiri maupun wisatawan asing. Ini karena banyaknya tempat wisata di provinsi ini.

Daerah Yogyakarta yang banyak terdapat tempat wisata yaitu Gunungkidul. Di daerah ini terdapat banyak sekali wisata pantai yang sangat indah. Salah satunya yang terkenal adalah Pantai Sadranan.

Nah seperti apa keindahan pantai ini dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan? Yuk kita bahas!

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan Gunung Kidul

Pantai Sadranan 2018

Pantai ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Sadranan dibutuhkan waktu kurang lebih selama 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Jalurnya pun cukup mudah. Rute Pantai Sadranan: dari pusat kota Jogja seperti biasa langsung mengambil arah menuju Jalan Wonosari. Setelah sampai di Kota Wonosari, ambil jalur yang mengarah ke Pantai Baron.

Setelah melewati pos retribusi kita bakal menjumpai pertigaan jika ke kanan Pantai Baron, kita lurus saja terus menuju arah Pantai Krakal.  Pantai Sadranan ini berada di sebelah timur dari Pantai Krakal.

Asal Usul Pantai Sadranan

Pengunjung Pantai Sadranan

Pengunjung Sadranan

Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata alam yang banyak digemari untuk berlibur melepas penat dari rutinitas yang sibuk. Namun pantai ini bukan sekedar tempat berwisata saja.

Bagi masyarakat sekitar, Pantai Sadranan merupakan tempat untuk mencari nafkah serta sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religi atau kepercayaan.

Asal usul nama Sadranan sendiri berasal dari kata ‘nyadran’. Yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.  Atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah.

Nyadran merupakan salah satu bentuk cara manusia mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya; laut, sungai, gunung, langit, melalui apapun yang kita lihat dan sentuh.

Begitupun masyarakat sekitar pantai dengan melakukan nyadran melebur kembali ke dalam kuasa-Nya dengan penuh rasa syukur.

Pantai Sadranan Snorkeling

Snorkeling di Pantai Sadranan

Snorkeling di Sadranan

Pantai dengan pasir putih dan belum banyak terjamah orang ini sangat cocok bagi kamu yang sedang ingin berlibur dan pengen menyegarkan pikiran dan juga melepas penat setelah melakukan rutinitas sehari-hari.

Selain cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan, anda juga bisa melakukan snorkeling.

Snorkling di pantai ini tidak berbahaya karena ombak di bibir pantai tidak terlalu besar seperti halnya di pantai Nglambor. Tetapi anda harus waspada dengan batu karang yang runcing dan bisa melukai kaki anda.

Di pantai Sadranan ini sudah terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkeling. Menurut pengelola, pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami.

Biaya Snorkling di Pantai Sadranan tak mahal.  Hanya Rp50 ribu dan Anda bisa snorkling sepuasnya.

Sangat cocok bagi kamu yang tertarik untuk mengenal lebih dekat dunia bawah air, dan ingin berinteraksi langsung dengan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang, ikan-ikan yang cantik dan berwarna-warni.

Mendayung Perahu Kano

Mendayung Perahu Kano pantai sadranan

Mendayung Perahu Kano

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai ini adalah mendayung perahu kano. Jadi tak perlu ke Pantai Pandawa Bali, Anda bisa berkano ria di Pantai Sadranan ini.

Rasakan asiknya mendayung di laut biru sembari menikmati hempasan ombak dan pemandangan bukit-bukit karang yang mengelilingi pantai.

Biaya sewa untuk menggunakan perahu kano ini adalah Rp 50 ribu per jam.

Berkumpul Bersama Teman

Berkunjung ke pantai ini kita dapat menikmati keindahan pasir putih Sadranan dan beningnya lautan dengan senjanya yang mempesona.

Kita juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya yang tak kalah menawan beserta terumbu karang yang cantik menghiasi sepanjang bibir pantai dan ikan-ikan yang beraneka ragam.

Menyaksikan semua keindahan itu tentunya dapat mengurangi penat yang membebani, dengan memandang keluasan serta keindahannya mengingat kembali kekuasaan Sang Pencipta agar kita bisa bersyukur dengan apa yang telah diberikanNya.

Di dekat pantai Sadranan juga terdapat sebuah gubuk yang biasa digunakan sebagai untuk melepas penat. Gubuk ini cukup besar, sehingga memuat belasan orang.

Gubuk ini sangat nyaman sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan laut.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Menikmati sunset dan sunrise di pantai adalah sebuah kemewahan yang selalu banyak orang cari. Dan Pantai Sadranan adalah salah satu spot sempurna untuk berburu sunset dan sunrise.

Jadi jangan lewatkan untuk mengambil gambar di tempat ini untuk diaplod ke sosial media Anda.

Berjemur di Tepi Pantai

Bagi Anda yang menyukai aktivitas berjemur Pantai Sadranan menyediakan sewa jasa payung yang berderet di tepi pantai dengan harga 30 ribu rupiah per jamnya.

Camping

Di pantai ini kita juga bisa berkemah. Terdapat area khusus untuk melakukan camping dan api unggun. Bahkan tak sedikit wisatawan yang melakukan aktivitas ini.

Tak perlu membawa tenda.  Karena kita bisa menyewa tenda jenis dome seharga 50 ribu rupiah untuk kapasitas 4 orang.

Penyawaan alat2 snorkeling di pantai Sadranan

Penyawaan alat2 snorkeling di Sadranan

Tiket Masuk Pantai Sadranan

Untuk dapat masuk ke pantai ini Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10 ribu.  Tempat wisata ini juga tidak memiliki jam operasional khusus.  Artinya bisa diakses selama 24 jam.

Bagi Anda yang membawa kendaraan dikenakan terif parkir Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Penginapan Pantai Sadranan

Meskipun tempat terpencil, fasilitas di Pantai ini cukup memadai, termasuk penginapan.  Kebanyakan penginapan berupa homestay yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Namun jangan khawatir dengan kenyamanan, karena meskipun masih standar tetapi sudah cukup lengkap.  Harganya pun tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 200 ribu per malam.

Beberapa penginapan yang dekat dengan Sadranan yaitu: Bungalo Bambu Sadranan, Sadranan Resto & Penginapan, Penginapan Bob Home, Penginapan Wilujeng, Sumantri Cottages.

Juga Penginapan Slili, Penginapan Machiko, Rimba Stay Sadranan, Pondok Shakuntala, Hotel Asmara, Rock Garden Homestay serta Penginapan Bambu Lengkung Indrayati.

 

Demikian ulasan kami tentang salah satu pantai yang terkenal di Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

Berikan penilaian Anda!

2 Comments

  1. Anonim
  2. Anonymous