Merasakan Keheningan Surga Alam Pulau Moyo Sumbawa

Pulau Moyo merupakan salah satu destinasi liburan awal tahun di utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo ini begitu eksotis yang tenang dan jauh dari kebisingan serta keramaian sehingga memberikan kesan damai. Pulau Moyo selama ini identik dengan Amanwana Resort, sebuah hotel berbintang lima dengan atap khas berbentuk tenda yang menjadi incaran para selebriti kelas dunia.

Pulau Moyo Sumbawa

Di resort mewah inilah mendiang Putri Diana pada pertengahan Agustus 1993 mengunjungi Pulau Moyo.  Sejumlah artis Hollywood, termasuk musisi Mick Jagger, serta mantan kiper nasional Belanda dan mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar juga pernah bertandang ke pulau ini.

Akses Menuju Pulau Moyo Sumbawa

Bila Anda dari Mataram, Pulau Lombok, NTB, Anda bisa menggunakan kendaraan darat dengan rute dari Mataram langsung menuju ke Pelabuhan Kayangan. Dari pelabuhan dilanjutkan ke Poto Tano (dengan kapal fery). Dari Poto Tano bisa langsung menuju ke Sumbawa Besar (dengan kendaraan darat). Total waktu tempuhnya sekitar enam jam perjalanan.

Anda bisa juga menggunakan jalur udara yakni dari Bandara Internasional Lombok menuju ke Bandara Sultan Kaharuddin, Sumbawa dengan menggunakan pesawat berjenis Fokker.

Loading...

Dari Sumbawa perjalanan dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Muara Kali. Dari pelabuhan ini, Anda bisa meggunakan kapal rakyat dengan biaya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000/orang. Kapal ini berangkat ke Pulau Moyo sekitar pukul 11.30 waktu setempat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Kapal ini akan berangkat ke Sumbawa lagi sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Bila Anda mau menggunakan kapal rakyat ini lagi maka Anda harus menginap. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan perahu motor milik nelayan dengan biaya sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000 atau sesuai kesepakatan (bila tidak menginap dan ingin kembali ke Sumbawa di hari yang sama).

Jika ingin lebih cepat, Anda dapat menyewa kapal cepat milik swasta dengan biaya lebih mahal yaitu sekitar Rp 3.000.000 (pp). Kelebihannya, selain waktu tempuhnya lebih cepat kapal tersebut dapat mengelilingi Pulau Moyo seharian penuh.

Pilihan akses ke Pulau Moyo lainnya adalah melalui Ai Bari yang terletak sekitar 20 km dari Sumbawa Besar. Dari Ai Bari, Anda bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 20 menit atau dengan kapal ketinting dengan waktu yang lebih lama tentunya.



loading...

Komentar