Pantai Cijayanti, Wisata Tersembunyi dengan Keindahan Alami

Pantai Cijayanti | Alampriangan.com – Pantai di Indonesia terbilang cukup banyak. Tidak jarang, ini membuat kita bingung dalam memilihnya sebagai tempat wisata. Anda barangkali pernah merasakan hal yang sama. Jika anda dan keluarga suka berwisata alam ke pantai, maka cobalah datang ke Pantai Cijayanti.

Pantai Cijayanti ini menjadi pilihan tepat jika anda ingin berwisata di tempat yang tidak terlalu ramai. Jaraknya sekitar 142 km dari Kota Kabupaten Cianjur yang bisa ditempuh selama kurang lebih 4 jam. Jika dari Kota Kecamatan Cidaun berjarak 8 km. Memang akhir-akhir ini keberadaannya banyak diketahui. Ini karena banyaknya komunitas pengendara motor yang touring sampai ke pelosok pedesaan.

Fasilitas di Pantai Cijayanti

Suasana di pantai ini akan anda rasakan begitu alami. Belum banyak fasilitas yang ditemui. Anda hanya akan menemukan area parkir, warung-warung makan, jasa pembakaran ikan dan perahu-perahu nelayan di sekitar pantai.

Jika anda ingin menginap ketika berkunjung ke Pantai Cijayanti, anda bisa memilih penginapan di sekitar lokasi pantai. Harga dan variannya berbeda-beda sesuai dengan kamar yang anda butuhkan.

Pantai Cijayanti

Pantai Cijayanti

Sejarah Pantai Cijayanti

Pantai Cijayanti memiliki nama lain Pantai Jayanti. Tempat wisata alam ini merupakan salah satu laut di Samudera Hindia. Ini membuatnya berbatasan langsung dengan samudera hindia, kabupaten Garut dan Bandung. Dulunya adalah sebuah pelabuhan tradisional. Tempat dimana berlabuhnya para nelayan di wilayah sekitar.

Pantai ini mulai diketahui banyak orang sejak 1960-an. Namun, waktu itu masih digunakan sebagai dermaga oleh para nelayan. Banyak wisatawan berdatangan sekitar tahun 1980-an, meskipun awalnya mereka datang hanya untuk membeli ikan.

Keindahan pantai ini masih alami. Di sepanjang pantai ada banyak batu karang berukuran besar dan indah. Namun, tetaplah berhati–hati. Sebab Pantai Cijayanti memiliki ombak yang cukup besar. Keindahan pantai ini juga karena adanya pasir yang membentang luas dan membuat anda terpesona.

Menariknya, di sebelah selatan pantai juga ada wisata alam yang konon menjadi tempat persinggahan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang. Tempat ini bernama Pantai Batu Kukumbung. Kabarnya, disana terdapat telapak kaki yang sangat besar.

Loading...

Hunting Foto di Pantai Cijayanti

Dapatkan foto menarik di waktu sore hari. Peristiwa tenggelamnya matahari atau sunset selalu layak dinantikan. Kondisi pantai juga cukup bersih dengan hamparan pasir yang semakin indah.

Cijayanti memang memiliki pesonanya sendiri. Terutama jika wisatawan ingin berkunjung ke tempat wisata yang masih terjaga keindahannya. Anda bisa mengabadikan aktivitas tradisional para nelayan seperti mencari ikan dan melakukan pembakaran ikan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Cijayanti

Untuk berkunjung ke tempat wisata alam ini anda hanya akan dikenakan tarif masuk Rp. 5000/ orang. Ini belum termasuk tarif parkir. Sementara untuk harga penginapan bisa anda temukan mulai dari harga Rp. 150.000/malam dengan fasilitas yang terbilang memadai.

Jam buka pantai cijayanti adalah setiap hari 24 jam. Namun, di akhir pekan dan tanggal merah lebih banyak pengunjung yang datang. Mereka sering menikmati pembakaran ikan di sekitar pantai. Jika anda ingin lebih leluasa, anda bisa datang di hari – hari biasa.

Akses Lokasi ke Pantai Cijayanti

Akses lokasi ke tempat wisata ini dulunya memang hanya bisa dilakukan melalui jalan utama ke Kota Cianjur lalu menyusuri wilayah Kecamatan Cibeber. Kemudian lanjut ke Cempaka, Sindangbarang, ke Cidaun hingga sampai di lokasi.

Namun saat ini sudah ada empat jalur alternatif yang bisa anda dapatkan. Jalannya sudah cukup baik ditambah pemandangan alam yang indah. Anda bisa juga menemukannya di Google Maps.

Untuk jalur dari Kota Bandung menuju Ciwidey bisa dilanjutkan ke Naringgul kabupaten Cianjur. Kemudian ke Sindangbarang dan Cidaun. Anda bisa merasakan udara pegunungan yang sejuk.

Di sisi kanan kiri jalan ada kebun teh terhampar. Sama halnya ketika anda mengambil jalur Kota Bandung. Lalu ke Ciwidey, Campaka, Sindangbarang, dan ke Cidaun.

Jalur alternatif lain yang juga sering digunakan para wisatawan adalah jalur Kota Bandung, Pangalengan Kab. Bandung, Cikelet Kab. Garut, lanjut ke Rancabuaya Kab. Garut dan ke Cidaun.

Tips Berkunjung ke Pantai Cijayanti

Jadikan waktu liburan anda lebih sempurna dengan mempersiapkan segala sesuatunya. Simak terlebih dahulu tipsnya dalam berkunjung. Seperti, siapkan baju ganti anda dan bawa bekal dari rumah.

Meskipun di lokasi sudah tersedia warung-warung makan, anda bisa membawa bekal untuk anda nikmati selama perjalanan. Gunakan tabir surya dalam melindungi kulit anda ketika terpapar sinar matahari secara langsung. Sebaiknya tidak berenang ketika air pasang atau ombak yang besar karena ada beberapa pengunjung yang pernah terseret ombak.

Jaga kebersihan selama di lokasi wisata agar tidak merusak keindahan di pantai masih alami. Sempatkan waktu untuk bermalam di sekitar lokasi pantai. Anda bisa menikmati sunset lebih lama. Cobalah membeli ikan bakar atau menggunakan jasa pembakaran ikan yang tersedia. Ini merupakan pengalaman yang diburu para wisatawan lainnya.

Pantai-pantai di Indonesia jika kita tilik bersama memang masih mempunyai potensi besar dalam dunia pariwisata. Tanpa harus merusak keindahan alaminya, kita tetap bisa mengembangkannya dengan menjaga kebersihannya.



loading...

Komentar