Paris Van Java, Mall Berkonsep Livestyle Terbesar di Kota Bandung

Paris Van Java Mall atau biasa disingkat PVJ adalah pusat perbelanjaan terbesar di kota Bandung berkonsep live style yang memadukan wisata belanja, kuliner dan hiburan.  Istimewanya, mall ini penataan ruangnya yang bergaya mal-mal Eropa yaitu berkonsep outdoor dan alami sehingga berkesan luas dan nyaman.  Setiap hari, tempat ini ramai oleh pengunjung.  Baik yang berasal dari kota Bandung maupun dari luar kota.

Terletak pada lokasi strategis, yaitu di Jl Sukajadi No. 137 – 139 Cipedes, Kota Bandung. Tak jauh dari pintu keluar tol Pasteur. Patokannya, jangan ambil jalan layang Pasupati, tapi lewat bawah.  Nah nanti sebelum RS Hasan Sadikin belok kiri ke arah Sukajadi.  Agak repotnya jalur ini adalah jalur macet, terutama wiken.  Jadi harus agak sabar mengantre.

 

Tempatnya merk-merk Branded

Mall ini relatif baru yaitu dibuka tahun 2006.  Penataan ruangnya yang berkonsep outdoor memang menjadi daya tarik mall ini.  Sedikit ala Eropa, namun masih ada open spacenya dan juga sky garden.   Pengunjung dibuat tak bosan berjalan-jalan menjelajahi mall dengan dekorasi yang cantik.  Di beberapa sudut terdapat kandang hewan seperti burung yang sengaja dibuat untuk memberi kesan alami.  Bagi yang hobi selfi, banyak spot foto yang Anda bisa ambil di sini.

Terdiri empat lantai, yaitu resort level, glamour level, sky level dan concourse level. Di bagian atas ada SOGO, yang menempati areal cukup luas serta toko buku Gramedia.  Kemudian juga ada Carefour di lantai bawah.

Baca juga  Taman Begonia Lembang Bandung, Wisata Bunga Ala Luar Negeri

Dari segmen pasar, Mall ini menyasar konsumen menengah ke atas. Untuk yang hobby belanja, di tempat ini Anda akan menemukan produk-produk branded dan berkelas. Masuk ke dalam area mall, Anda akan disuguhi dengan jejeran toko yang fashion baik merk lokal maupun internasional seperti H & M, Berska, Zara, The Body Shop sampai Victoria Secret, yang akan membuat Anda bingung sendiri memilihnya.  Jangan khawatir, karena harga-harganya pun relatif normal.

Bagi yang nyari make up paling lengkap di sinilah tempatnya. Karena segala merek (resmi) ada.

Kuliner Lengkap

Kulinernya juga beragam, dari yang menyajikan hidangan Nusantara seperti tutug oncom, barat maupun Asia (Jepang & Korea).  Uniknya, konon tempat makan di sini jarang yang bertahan lama.  Mungkin karena harga sewa yang cukup mahal. Atau mungkin juga karena persaingan yang menuntut pengelola restoran untuk selalu menyajikan konsep baru.

Bagusnya bagi pengunjung adalah tak akan bosan. Karena pasti akan ada yang bisa dicobain.  Namun merk-merk yang sudah terkenal sih masih bertahan, seperti Ta Wan, KFC, Burger King, A & W, Starbuck atau Domino Piza.

Jangan lupa juga fasilitas hiburannya yaitu bioskop CGV yang menayangkan film-film terbaru dan studionya termasuk paling lengkap.  Sering pula dilakukan event-event di sky garden juga live music.

Ice Skating dan Skyfiled

Paling anyar, baru selesai diperbaiki adalah wahana ice skating, yang nampaknya saat ini hanya satu-satunya di Bandung, yaitu Ice Skating Rink Gardenice yang berlokasi di lantai 1.  Dulu sempat ada di Istana Plaza namun kemudian tutup.  Pasca renovasi, fasilitas ice skatingnya menjadi lebih lengkap, meski bayarnya jadi lebih mahal, yaitu sekitar seratus ribuan.   

Tersedia juga tempat main anak seperti Miniapolis dan Game Master. Ada juga wahana skyfield, yaitu taman buatan seluas 2.000 m2 yang dihiasi oleh kupu-kupu dari ratusan spesies berasal dari berbagai provinsi di Indonesia juga dari dunia, hamparan bunga, sawah yang sudah ditanami padi, kandang sapi perah serta kolam ikan dan kura-kura.

Taman kupu-kupu dibentuk seperti labirin dimana di sepanjang lintasannya dipampangkan informasi mengenai spesies kupu-kupu yang ada.  Di ujung labirin terdapat taman anggrek yang mengkoleksi lebih dari 200 spesies langka.  Di bagian lain terdapat taman bunga lengkap plus menara bambu yang bagus untuk tempat selfie.

Fasilitas

Mall ini memiliki tempat parkir yang luas dan ada di beberapa tempat. Konon bisa menampung sampai 2000 kendaraan. Meski begitu kadang saya masih kesulitan untuk mencari lahan yang kosong.  Sudah lebih modern karena bisa menggunakan e-money.  WC-nya juga luas dan bersih dengan nuansa alam.

Bila terdapat kekurangan, yaitu musholanya kecil dan rada susah dicari.  Juga ada keluhan sulitnya mencari ATM dan tempat sampah. Mungkin ini yang harus diperbaiki oleh pengelola agar pengunjung semakin nyaman.

Bagikan:

Leave a Reply