Sensasi Letupan Wisata Bleduk Kuwu

Bleduk kuwu merupakan salah satu tempat pariwisata yang diandalkan di Grobogan. Bleduk kuwu merupakan sebuah kawah lumpur yang memiliki keunikan keindahan alam yang mempesona. Keunikan di wisata bleduk kuwu ini terletak pada adanya aktivitas berupa letupan lumpur disertai suara menggelegar mirip dengan suara meriam yang berlangsung secara berkelanjutan setiap sekitar tiga menit sekali.

Wisata Bleduk Kuwu, Grobogan

Wisata Bleduk Kuwu, Grobogan

Fasilitas yang ada di Wisata Bleduk Kuwu

Sayangnya, tempat wisata sejenis luapan lumpur lapindo ala tuanya ini tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Tempat parkir yang disediakan cukup kecil sehingga jika saat liburan dan banyak yang ingin berkunjung sering tidak mendapatkan tempat parkir motor. Di sekitar tempat wisata bleduk kuwu juga didirikan gazebo-gazebo yang disediakan untuk pengunjung sehingga dapat menikmati aktifitas bleduk kuwu sambil duduk-duduk di gazebo. Namun gazebo di bleduk kuwu sudah dalam kondisi memprihatinkan dengan kayu yang hampir lapuk serta coretan di sana sini yang membuat keadaan di bleduk kuwu terkesan kumuh.

Loading...

Ketika datang berkunjung, pengunjung akan disuguhi dengan hamparan lupur luas dan pengunjung mengijak lumpur-lumpur yang telah mengering dan terkesan tandus. Di areal tersebut pengunjung dapat melihat beberapa bagian lumpur masih basah dan setiap beberapa menit sekali lumpur tersebut mengeluarkan letupan-letupan lumpur disertai garam. Kekuatan letupan lumpur tersebut bisa mencapai ketinggian lima hingga sepuluh meter, dan kadang-kadang disertai dengan suara menggelegar dan asap putih. Kubangan lumpur di wisata bledug kuwu memiliki diameter sekitar 650 meter di lahan sekitarar 45 ha. Kejadian unik di bleduk kuwu sering disambungkan dengan cerita rakyat Joko linglung yang dapat berubah menjadi buaya atau ular naga, sehingga dapat membuat lubang tersebut yang disambugkan dengan laut selatan.

Lokasi dan Akses Jalan ke Bleduk Kuwu

Secara spesifik letak bledug kuwu ada di desa  Kuwu  Kecamatan  Kradenan, Grobogan, jawa tengah. Secara geografis blebug kuwu terletak pada koordinat  7⁰ 05 ’ 26.00” Lintang Selatan dan 110⁰ 28 ’ 22.00” Bujur Timur. Tempat wisata bledug kuwu ini dapat ditempuh pengunjung dari Purwodadi kurang lebih selama 30 km menuju arah timur. Selama perjalanan mulai dari kota blora hingga randu blatung kurang lebih sejauh 25 km, pengunjung akan diiringi dengan barisan hijau hutan jati yang menyejukkan mata. Anda harus membawa kendaraan dengan kondisi yang fit dan mata anda harus jeli untuk memilih jalan karena banyak jalan yang tidak rata.



loading...

Komentar