Tangkuban Perahu - 9 Hal Yang Harus Anda Tahu Sebelum Berkunjung

Tangkuban Perahu – 9 Hal Yang Harus Anda Tahu Sebelum Berkunjung

Gunung Tangkuban Perahu (Aslinya bernama Tangkuban Parahu, yang dalam bahasa Sunda berarti “perahu terbalik”) adalah sebuah gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Subang.

Memiliki ketinggian 2.084 meter dari permukaan laut, gunung merupakan gunung berapi aktif yang selalu diawasi keadaannya oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia.

Sebagai gunung berapi, gunung ini pernah meletus. Menurut penelitian geologis, selama 40 ribu tahun terakhir gunung Tangkuban Perahu meletus setidaknya 30 kali dalam skala besar atau kecil.

tangkuban perahu
Gunung Tangkuban Perahu dari Kejauhan

Tangkuban Perahu sejak lama dikenal sebagai obyek wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Bahkan, ini salah satu destinasi wajib wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung. 

Letaknya yang berada di Utara Kota Bandung, dilingkupi oleh beberapa obyek wisata lain yang juga terkenal.  Baca postingan kami tentang 10 Obyek Wisata Terbaik di Bandung Utara.

Nah seperti apa menariknya obyek wisata Tangkuban Perahu ini, yuk kita bahas!

Sejarah Tangkuban Perahu

Seperti dijelaskan di awal tulisan, nama Tangkuban Perahu berasal dari bahasa Sunda yang berarti “perahu terbalik”.

Nama tersebut disebabkan karena bentuk gunung tersebut dari kejauhan memang tampak seperti perahu yang terbalik, khususnya dari arah Kota Bandung.

Bentuknya yang unik ini melahirkan sebuah legenda yang sangat terkenal di masyarakat Jawa Barat.  Yaitu cerita rakyat Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

sangkuriang tangkuban perahu
Sangkuriang Menendang Perahu Karena Marah

Tangkuban Perahu legenda ini mengisahkan seorang anak, bernama Sangkuriang, yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi atau Rasati.

Untuk menggagalkan keinginan sang anak, Dayang Sumbi pun mengajukan syarat, yaitu minta dibuatkan telaga lengkap dengan perahunya dalam satu malam.

Melalui berbagai intrik, Dayang Sumbi berhasil mengelabui Sangkuriang, yang hampir berhasil dengan bantuan para jin-nya.

Baca juga  Pesona Wisata Jember: Dari Segarnya Puncak Rembangan ke Indahnya Pantai Papuma

Sangkuriang yang marah, akhirnya menendang perahu yang hampir jadi tersebut sehingga terbalik. Dan jadilah ia sebagai gunung.

Karakter Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu digolongkan ke dalam gunung berbentuk Stratovulcano. Pusat erupsinya berpindah dari timur ke barat.

Pada saat meletus, gunung ini mengeluarkan lava dan sulfur atau belerang. Mineral ini juga dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah dengan bentuk uap.

Oleh karenanya jangan heran bila di sekitar kawah, bau belerangnya akan sangat kuat.

Gunung ini diduga merupakan sisa-sisa dari gunung Sunda purba yang pada masa lalu meletus kemudian membendung sungai Citarum dan membentuk sebuah danau purba Bandung.

Baca tulisan kami tentang Sanghyang Tikoro, yang diduga berkaitan dengan keberadaan danau purba ini.

Alamat Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung  Barat dan Kabupaten Subang.

Jaraknya dari kota Bandung sekitar 20 kilometer ke arah utara. Alamat tepatnya yaitu di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Ada beberapa alternatif rute yang bisa Anda ambil jika ingin ke objek wisata ini. Setidaknya ada tiga jalan yang bisa Anda Ambil: melalui tol Cipali, tol Baros, atau melalui tol Pasteur.

Baca juga  6 Destinasi Menarik di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Untuk Anda yang bertempat tinggal di daerah Jabodetabek dan sekitar, ketiganya bisa menjadi jalur Anda menuju Gunung Tangkuban Perahu.

Sementara Jika Anda dari arah wilayah Sumedang, Ciamis, Majalengka, Garut, Cirebon, dan Jawa Tengah, maka Anda bisa mengambil jalan tol Purbaleunyi via tol Cileunyi, dan disambung dengan tiga pilihan tol tersebut.

Daya Tarik Tangkuban Perahu

Daya tarik dari gunung ini yakni keindahan kawahnya. Anda bisa mengunjungi beberapa kawah di atasnya, semuanya ada 9 kawah aktif.

Kawah-kawah itu adalah Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jarian, Kawah Jurig, Kawah Lanang, Kawah Pangguyangan Badak, Kawah Ratu, Kawah Siluman, serta Kawah Upas.

Kawah Tangkuban Perahu
Kawah Tangkuban Perahu

Walau pun ada sembilan, namun yang sering dikunjungi wisatawan hanya tiga kawah saja, yaitu Kawah Domas, Kawah Ratu, serta Kawah Upas.

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di Gunung Tangkuban Perahu, berbentuk seperti mangkok raksasa yang dasarnya.  Saat cuaca cerah, Anda dapat melihat dinding dan dasar cekungan kawah ini dengan jelas.

Di tempat ini disediakan gardu pandang bagi Anda yang ingin mengamati semua kawah yang kehijauan di dasar. Jika Anda mencari tempat parkir, biasanya akan di arahkan ke area yang dekat kawah Ratu ini.

Kawah Domas berada di sebelah Kawah Ratu. Kawah ini sebenarnya lebih dekat daripada kawah Ratu. Walau begitu, jika Anda kebetulan berkunjung ke kawah ini pada sore hari, harap memakai pemandu.

Kawasan ini sering berkabut dan bisa menyesatkan pengunjung yang awam. Di kawah ini terdapat sumber air panas mengandung belerang yang bisa Anda gunakan untuk membasuh tubuh.

Kawah Upas juga berada di sebelah kawah Ratu. Jalur menuju lokasi ini berpasir dan berbahaya untuk dikunjungi, karena licin dan mudah membuat kaki tergelincir.

Baca juga  8 Tempat Wisata Bandung Utara Terbaik Yang Harus Dikunjungi

Dari ketiga kawah, kawah Upas adalah yang paling jarang dikunjungi. Bagi Anda yang terlalu penat berjalan kaki, ada jasa sewa kuda yang Anda gunakan.

Wisata Kebun Teh

Selain kawah Gunung Tangkuban Perahu, ada aktivitas menarik lain yang bisa dilaksanakan. Yaitu wisata kebun teh.

Sebelum mencapai puncak, perjalanan Anda akan dikepung oleh pemandangan hijau permai dari hutan dan Kebun Teh Sukawana Lembang milik PTPN VIII.

Jika masih ada waktu, dengan tiket Rp 2000,- per orang Anda bisa berjalan-jalan di antara pepohonan teh yang segar.

Anda juga bisa menikmati beberapa curug di sana, seperti curug Tilu, curug Bugbrug, serta curug Putri Layung.

Oleh-oleh

Anda tak perlu khawatir tentang untuk masalah kuliner atau oleh-oleh. Di sekitar kawah Ratu dan Upas terdapat banyak penjaja makanan dan minuman.

Anda mungkin harus mencoba makanan khas Lembang di sini, Ketan bakar.

Selain itu ada pula berbagai souvenir, seperti serbuk belerang (sebagai obat kulit) dan beraneka kerajinan tangan.

Jam Operasional Tangkuban Perahu

Jam buka Wisata Tangkuban Perahu adalah dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Tiket masuk wisata Tangkuban Perahu beserta tarif-tarif lainnya adalah sebagai berikut:

KategoriWeekday (Rp)Weekend/Libur (Rp)
Wisatawan Nusantara20.00030.000
Wisatawan Mancanegara200.000300.000
Kendaraan Roda 212.00017.000
Kendaraan Roda 425.00035.000
Kendaraan Roda 6 (Bus)110.000150.000
Sepeda7.00010.000
Jayagiri – Kawah Ratu (PP)7.0007.000
Foto Pernikahan500.000500.000
Shooting Video Individu/company800.000800.000
Shooting acara komersil2.000.0002.000.000
Stand Wisata 4×4 m500.000500.000
Umbul-umbul30.00030.000
Spanduk50.00050.000
Baliho100.000100.000

Dengan catatan, tiket ini berlaku pada saat tulisan ini dibuat. Dalam prakteknya dapat berubah sewaktu-waktu.

Bila itu terjadi, Anda dapat memberikan masukan kepada kami melalui kolom komentar di bawah postingan ini.

Tips Berkunjung Ke Tangkuban Perahu

Walau akomodasi lengkap, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum ke Gunung Tangkuban Perahu, yaitu:

  1. Bawalah jaket atau baju hangat. Karena berada di dataran tinggi udara di sekitar kawah bisa sangat dingin. Oleh karena itu penting untuk melengkapi pakaian Anda dengan jaket atau baju hangat. Plus penutup kepala seperti kupluk.
  2. Siapkan masker hidung untuk mengantisipasi bau belerang. Ini bila Anda tak tahan dengan bau menyengatnya.
  3. Bawa pula payung matahari atau mengenakan tabir surya agar terhindar sengatan matahari. Tentu saja, Anda tak ingin kulit indah Anda menjadi rusak bukan?
  4. Pakailah sepatu yang nyaman agar aman menyusuri kawasan kawah.

Demikian ulasan kami mengenai Gunung Tangkuban Perahu. Sebuah gunung penuh legenda yang ada di Jawa Barat. Selamat berlibur!

Tangkuban Perahu - 9 Hal Yang Harus Anda Tahu Sebelum Berkunjung
Tangkuban Perahu - 9 Hal Yang Harus Anda Tahu Sebelum Berkunjung 1

Gunung Tangkuban Perahu (Aslinya bernama Tangkuban Parahu, yang dalam bahasa Sunda berarti "perahu terbalik") adalah sebuah gunung yang terletak di perbata

Editor's Rating:
5