Ini Dia 9 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Eksotis

Tempat Wisata di Ciwidey | Alampriangan.com – Ciwidey adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten bandung, provinsi Jawa Barat. Konon nama Ciwidey di ambil dari bahasa portugis kuno yang artinya ciwi berarti kiwi dan dey berarti hari. Namun dibalik semua itu banyak sekali tempat wisata di Ciwidey Bandung yang menyenangkan untuk dikunjungi. Salah satu kecamatan yang ada di bandung selatan ini memang terkenal dengan pesona alamnya yang eksotis.

Akan tetapi jika kita berlibur ke daerah Ciwidey Bandung, kita juga akan menemukan spot – spot wisata yang unik dan keren selain wisata alam. Yahh meskipun kebanyakan yang ada hanya wisata alam yang telah dipugar sertta dipadukan dengan keindahan buatan, namun ada satu Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang sangat cocok untuk anak – anak yaitu Taman Kelinci Ciwidey.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa destinasi wisata alam serta anak yang ada dik kecamatan Ciwidey, kabupaten Bandung Selatan. Langsung saja silakan simak 9 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Eksotis berikut ini:

1. Kawah Putih

Kawah Putih

Kawah Putih

Jika kita membahas tentang tempat wisata di Ciwidey Bandung, maka kita tak boleh meninggalkan destinasi wisata yang satu ini yaitu Kawah Putih. Dimana tempat wisata Kawah Putih ini merupakan salah satu wisata alam di kecamatan Ciwidey yang paling populer dan tentunya banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya sebesar 18 ribuh rupiah per orang untuk wisatawan lokal. Sementara harga tiket untuk wisatawan asing sebesar 50 ribu rupiah per orang. Saat kita berada di lokasi wisata Kawah Putih, kita akan menjumpai sebuah danau kawah yang terbentuk akibat letusan gunung Patuha beberapa ribu tahun silam.

Menariknya disekitar kawah dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan yang lebih eksotis adalah air kawahnya yang dapat berubah – ubah warna. Selain itu kita juga akan merasakan udara yang sejuk, dingin dan segar saat berada di lokasi Kawah Putih dan ditambah lagi dengan pemandangan alam yang memukau serta instagrammable.

2. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis

Selain kawah putih di daerah wisata Ciwidey juga masih terdapat banyak sekali destinasi wisata yang berupa danau kawah, salah satunya adalah Kawah Rengganis. Menurut sebagian besar wisatawan yang pernah berlibur ke Ciwidey, Kawah Rengganis merupakan tempat wisata yang lebih bersahabat dan lebih asri dari pada Kawah putih.

Baca juga  Cibolang Hot Spring – Wisata Menyehatkan di Pangalengan

Hal ini dikarenakan Kawah Rengganis, tidak memiliki bau belerang yang menyengat layaknya di kawah putih. Selain itu pengunjung juga dapat mandi serta berenang sambil menikmati indahnya pesona alam di sekitar Kawah Rengganis. Tentunya spot wisata yang satu ini sangat cocok untuk melepas lelah dan penat dengan berendam air hangat di danau tersebut.

Sedangkan bagi kalian yang sedang berburu foto unik, kalian juga dapat melakukannya di tempat wisata Kawah Rengganis ini. Sementara itu untuk fasilitas yang ada di Kawah Rengganis juga terbilang cukup lengkap seperti adanya penginapan, warung makan, dan tempat ibada. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah, kita sudah dapat menikmati indahnya pesona alam Kawah Rengganis.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan slah satu spot wisata danau di Ciwidey yang sangat populer akan keindahn alamnya. Daya tarik utama dari Situ Patenggang adalah keindahan alam danau yang dikelilingi oleh pemandangan hutan yang rimbun. Spot wisata yang satu ini juga menjadi tempat terfavorit bagi kids jaman now karena adanya batu batu cinta yang ada di sekitar lokasi Situ Patenggang.

Batu cinta tersebut dipercaya turun temurun oleh warga sekitar sebagai tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis. Selainb itu di lokasi wisata Situ Patenggang juga terdapat sebuah daratan yang berbentuk seperti hati. Menurut warga sekitar daratan tersebut daratan tersebut dikenal dengan sebutan Pulau Asmara atau Sasaka

Sedangkan untuk fasilitas di tempat wisata Situ Patenggang dapat dikatakan sudah cukup memadai. Dimana telah ada tempat penginapan, restaurant, Toko souvenir, gazebo, tempat ibadah, dan juga area parker yang luas. Lalu untuk harga tiket masuknya adalah sebesar 18 ribu rupiah untuk hari biasa dan 20 ribu rupiah pada hari libur.

4. Taman Kelinci Ciwidey

Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang satu ini sangat cocok untuk lebiran bersama keluara dan juga anak – anak. Karena Taman Kelinci Ciwidey menyediakan edukasi terhadap anak – anak tentang binatang kelinci dan juga anak – anak dapat langsung beriteraksi dengan kelinci seperti member makan. Nah, saat kita berada di dalam Taman Kelinci Ciwidey, kita akan menjumpai sekitar 100 jenis kelinci yang berada di tempat yang mirip habitat aslinya.

Selain edukasi dan interaksi dengan kelinci, kita juga dapat melakukan aktifitas lain di tempat wisata Taman Kelinci Ciwidey ini. Antara lain seperti wisata kuliner dan juga membeli kelinci untuk di bawah pulang. Lalu untuk harga tiket masuk ke kawasan Taman kelinci ini adalah sebesar 15 ribuh rupiah per orang dan itu sudah termasuk dengan bonus 2 wortel untuk member makan si Kelinci.

Baca juga  Wisata Alam Terbuka di Kampung Cai Ranca Upas

5. Rancaupas

Rancaupas

Rancaupas merupakan salah satu tempat wisata di Ciwidey yang terkenal sebagai tepat terbaik untuk camping. Tempat wisata yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta alam, karena letaknya yang berada di ketinggian 1700 mdpl dengan suhu rata – rata sekitar 17 samapi 10 derajat celcius. Selain itu kawasan wisata Rancaupas memiliki luas area sekitar 215 hektar dan mampu menampung sampai 10.000 ribu pengunjung.

Selain tempat terbaik untuk camping, daya tarik lainnya dari objek wisata Rancaupas adalah adanya kolam renang air panas yang bernama kampung cai. Tak hannya itu saja masih banyak arena fun game di Rancaupas seperti Flying Fox, High rope, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu untuk harga tiket masuknya adalah hanya sebesar 10 ribu rupiah per orang, sangat murah bukan.

6. Taman Wisata Alam Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu

Taman Wisata Alam Cimanggu adalah primadonanya spot wisata pemandian air panas yang ada di Ciwidey, Bandung Selatan. Daya tarik utama yang tawarkan tempat wisata yang satu ini adalah adanya kolam pemandian air panas. Selain itu, di sekitar Taman Wisata Alam Cimanggu ini merupakan kawasan hutan lindung yang sangat luas, yakni sekitar 145 hektar serta berada pada ketinggian 1350 mdpl.

Di kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu banyak tumbuh pohon – pohon besar yang langka seperti pohon Rasamala dan Pohon Baros. Tak hanya itu saja, di dalam Taman Wisata Alam Cimanggu juga hidup berbagai satwa liar macan kumbang, seperti kacil, rusa dan berbagai jenis burung. Sedangkan untuk fasilitas lainnya juga ada permainan Flyong fox, High Rope, Playing Ground, serta penyewaan kuda.

7. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini atau biasa disebut Rancawalini merupakan salah satu pemandian air panas yang ada di Ciwidey bandung. Daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini adalah kolam renang air panas dengan pemadangan alam pegunungan disekitarnya. Kolam pemandian yang ada di tempat ini di bagi menajdi dua bagian yaitu kolam pemandian umum dan kolam pemandian khusus.

Baca juga  Barusen Hills Gambung Ciwidey, Destinasi Wisata Baru Bandung Selatan

Rancawalini juga menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap untuk memanjahkan para pengunjungya. Selain itu kita juga dapat bermain Flyong fox, High Rope, ATV, penyewaan sepeda dan yang lainnya. Nah untuk dapat masuk ke Pemandian Air Panas Ciwalini, kita harus membayar HTM sebesar 15 ribu rupiah per orang.

8. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort merupakan wisata yang sangat teat untuk kita kunjungi saat berlibur ke Ciwidey bersama keluarga. Daya tarik utama dari tempat wisata yang terletak di jalan raya Batu Tunggul Km. 17 Alam Endah Rancabali di Ciwidey ini adalah wisata bermain anak, bersantai dan juga bermalam bersama keluarga di kawasan yang menarik dan nyaman.

Selain itu di kawasan tempat wisata Ciwidey Valley Resort, juga terdapat beragam fasilitas menarik lainnya seperti kolam renang air panas lengkap dengan seluncuran dan wahana permainan air. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi seperti Taman Burung, café, rumah makan dan yang paling menarik adalah adanya area camping sekelas hotel atau Glamping (Camping Ground Ciwidey Valley).

9. Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey

Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Eksotis yang terakhir versi kami adalah Barusen Hills Ciwidey. Dimana Barusen Hills Ciwidey ini menawarkan wisata pemandangan alam pegunungan yang indah dan dilengkapi dengan udara yang menyejukkan. Nah tempat wisata Barusen Hills Ciwidey juga merupakan tempat terbaik untuk hunting foto. Pemandangan alam yang eksotis serta adanya Taman dengan berbagai jenis bunga menjadi alasan utama untuk hunting foto.

Nah Lokasi yang menjadi favorit bagi para pengunjung untuk berfoto adalah taman bunga berbentuk hati. Selain itu Barusen Hills Ciwidey juga menawarkan berbagai fasilitas lainnya, seperti tempat bermain anak, wisata petualangan, kolam renang serta adanya penginapan berupa Villa Barusen Hills. Lalu untuk harga tiket masuk ke Barusen Hills Ciwidey sebesar 15 ribu rupiah per orang. Dan untuk untuk masuk masuk kolam harus membayar tiket sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciwidey Bandung yang dapat kami ulas untuk Anda. Semoga rekomendasi tempat wisata kali ini dapat bermanfaat dan dapat juga menjadi referensi untuk kita saat berlibur ke Ciwidey Bandung. Selamat berlibur dan jangan lupa bahagia.

Bagikan:
  • 5
    Shares

Leave a Reply