10 Tempat Wisata di Majalengka Yang Bikin Betah 4/5 (1)

Sedang mencari informasi tentang tempat wisata di Majalengka sebagai bahan referensi untuk berlibur di wilayah ini? Simak ulasan kami berikut ini.

Oya, Majalengka adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat sebelah timur.  Kabupaten ini berbatasan dengan Indramayu di sebelah Utara, Tasikmalaya dan Ciamis di sebelah Selatan, Sumedang di sebelah Barat serta Cirebon dan Kuningan di sebelah Timur.

Wilayah ini memiliki topografi beragam, dari rendah sampai tinggi.  Bahkan, Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat, sebagian wilayahnya masuk Kabupaten Majalengka.

Kondisi alamnya yang beragam tersebut juga tercermin dari tempat-tempat wisata alam yang dimilikinya. Dari perkebunan, curug, telaga, pesawahan (terasering) dan gunung yang semuanya memiliki pemandangan yang eksotis.

Kami telah mengumpulkan 10 tempat wisata di Majalengka yang akan membuat Anda betah dan ingin kembali.

Tempat Wisata di Majalengka Yang Perlu Anda Kunjungi

Perkebunan Teh Cipasung

Perkebunan Teh Cipasung, tempat Wisata di Majalengka

Perkebunan Teh Cipasung

Perkebunan teh Cipasung merupakan salah satu tempat wisata di majalengka yang sering menjadi tujuan utama ketika berada di Majalengka.

Perkebunan ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah sekaligus suasana pegunungan yang sejuk dan tenang.

Untuk kalian yang senang foto selfie, tempat ini memiliki banyak spot foto yang bisa dieksplore.  Selanjutnya mengenai Perkebunan Teh Cipasung bis dibaca pada postingan ini.

Curug Sempong

Curug Sempong, tempat Wisata di Majalengka

Curug Sempong

Curug Sempong berada di Desa Cisempong, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka. Popularitasnya meningkat di kalangan milenial seiring meningkatnya penggunan sosial media, terutama instagram.

Curug ini memiliki keunikan, yaitu lokasi air terjunnya yang terletak pada tempat yang agak masuk ke dala dinding tebing.  Sehingga apabila kita ingin mencapainya, harus masuk ke dalam area yang diapit oleh tebing-tebingnya.

Selain berenang dan menikmati keindahan suasana curug, di sini kita juga bisa memancing. Lokasi curug ini bisa bisa dilihat melalui map berikut.

Goa Lalay

Goa Lalay, tempat Wisata di Majalengka

Goa Lalay

Dalam bahasa Indonesia berarti Goa Kelalawar. Tak heran, kamu akan disambut oleh hewan-hewan itu bilsa berkunjung ke sini.

Lokasinya terletak di desa Sukadana, Argapura, Kabupaten Majalengka. Destinasi ini memiliki daya tarik berupa keindahan alamnya.

Di dalam gua tersebut terdapat air terjun yang dinamakan curug Pelangi karena apabila tersorot matahari akan tampat berwarna-warni.

Karena kondisi alamnya yang indah tersebut, tempat wisata di Majalengka ini disebut-sebut sebagai Green Canyonnya Majalengka.

Situ Cipanten

tempat Wisata di Majalengka

Situ Cipanten

Situ Cipanten juga meningkat popularitasanya seiring maraknya penggunaan media Sosial. Merupakan danau seluas sekitar 1 hektar, dulunya hanya dipergunakan untuk irigasi dan perikanan.

Karena paronamanya yang apik, ditambah dengan penyediaan spot-spot selfie yang instagramable, destinasi ini makin banyak dikunjungi.  Untuk masuk ke Situ Cipanten, pengunjung hanya ditarif Rp5 ribu per orang.

Tempat wisata di Majalengka ini terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka.  Atau dapat mengikuti petunjuk yang diberikan pada peta ini.

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya, tempat Wisata di Majalengka

Curug Muara Jaya

Di Majalengka terdapat banyak sekali destinasi wisata berupa curug.  Salah satu yang paling terkenal adalah Curug Muara Jaya ini.

Lokasinya yang terletak di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.

Daya tarik tempat wisata di Majalengka ini adalah keindahan alamnya serta suasana yang tenang dan asir.  Banyak spot-spot selfie yang bisa dieksplore.

Penjelasan mengenai Curug Muara Jaya lebih lengkap bisa dibaca pada postingan ini.

Talaga Herang

tempat Wisata di Majalengka

Telaga Herang

Talaga Herang artinya telaga yang berair jernih.  Seperti namanya, telaga ini memiliki air yang sangat jernih.

Tempat wisata di Majalengka yang sejuk ini berada di kaki Gunung Ciremai.  Atau tepatnya di desa Padaherang, Kecamatan Sindawangi, Kabupaten Majalengka.

Obyek wisata ini merupakan tujuan wisata keluarga yang murah meriah. Selain airnya yang jernih dengan ribuan ikan di dalamya, pengunjung akan dimanjakan oleh suasana telaga yang dirindangi oleh berbagai jenis pepohonan yang berjajar mebitari telaga.

Namun awas, jangan sekali-kali mengambil ikannya, karena akan kena sanksi oleh petugas.  Juga dilarang bicara sompral, karena konon masih angker.

Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy, tempat Wisata di Majalengka

Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy terletak di desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Tempat wisata di Majalengka ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan suasana yang asri yang niscaya bikin betah berlama-lama.

Pengunjung bisa mandi-mandi di sini.  Konon airnya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Setelah puas bermain-main, pengunjung juga bisa menikmati hidangan masakan Sunda lesehan di Rumah Makan Khas Sunda Neng Euis.

Bila masih sempat, bisa mampir ke Telaga Nila yang berjarak sekitar 15 menit dari destinasi ini.

Taman Buana Marga Majalengka

Taman Buana Marga Majalengka, tempat Wisata di Majalengka

Taman Buana Marga Majalengka

Tidak hanya curug, Majalengka juga terdapat tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga yakni Taman Buana Marga majalengka (Taman Dinosaurus).

Di taman ini, pengunjung akan disuguhkan dengan beberapa wahana yang asyik dan dengan ciri khas patung-patung Dinosaurus yang besar.

Sedangkan untuk lokasinya terletak di Desa Lemahputih, Kecamatan Lemah Sugih, Kabupaten Majalengka.  Untuk mengetahui deskripsi lebih lanjut dari obyek wisata ini Anda bisa mengklik postingan berikut.

Gunung Cakrabuana

Gunung Cakrabuana, tempat Wisata di Majalengka

Gunung Cakrabuana

Untuk kamu yang menyukai aktivitas pendakian, dapat menjelajahi Gunung Cakrabuana. Gunung yang memiliki ketinggian 1.721 meter di atas permukaan laut ini diusulkan menjadi Taman Hutan Raya (Tahura) sejak tahun 2013.

Gunung Cakrabuana juga memiliki aspek sejarah yang tinggi karena menjadi jalur utama Long March divisi Siliwangi menuju Yogyakarta.

Di gunung ini pula, pasukan Siliwangi dicegat oleh gerombolan DI/TII sehingga menewaskan beberapa orang prajurit. Cakrabuana adalah salah satu zona operasi pager betis untuk menumpas gerombolan tersebut pada tahun 1960-an.

Jembar Waterpark

Jembar Waterpark, tempat Wisata di Majalengka

Jembar Waterpark

Jika kamu ingin mengajak keluarga untuk berekreasi, pilihannya adalah ke Jembar Waterpark. Tempat wisata di Majalengka ini terletak di Desa Ranjiwetan, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka.

Seperti namannya tempat wisata di Majalengka ini menawarkan keseruan bermain air dengan berbagai wahana yang ditawarkan.  Lebih lanjut mengenai obyek wisata ini bisa membaca postingan ini.

Demikian ulasan kami mengenai 10 temat wisata di Majalengka sebagai rekomendasi kamu berlibur di kota ini.

Semoga bermanfaat.

Berikan penilaian Anda!