5 Wisata Alam Instagramable di Puncak Bogor

Wisata Alam Instagramable di Bogor – Jalur puncak bukanlah rute yang asing bagi sebagian besar warga Jakarta dan Bogor, saat kita wara-wiri di antara kedua tersebut, jalur inilah yang paling sering dilewati dan digunakan. Sebagai jalur utama yang menjadi penghubung kedua kota, maka jalur ini menjadi jalur yang paling laris dilewati, karena masyarakat Jakarta sebagian besar tumpah ruah ingin segera sampai di Bogor yang jaraknya hanya sekitar satu jam perjalanan.

Bogor yang sejuk, asri dan hijau ibarat obat bagi mereka yang sudah jenuh dengan suasana perkotaan yang sumpek, ramai, padat, bising, berasap dan berpolusi. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta, maka Bogor menjadi pilihan utama untuk wisata.

Tapi Puncak jauh lebih populer dari hanya sekedar jalur penghubung saja, karena tempat ini memiliki berbagai spot apik yang sangat ramah kamera, beberapa lokasi ini dapat anda kunjungi untuk melepas penat sekaligus untuk update instagram, bahkan tanpa perlu ke Bogor. Landskap bernuansa alam yang sejuk, indah, asri dan jauh dari hiruk pikuknya perkotaan menjadikan Puncak sebagai salah satu pilihan wisata tersendiri.

Untuk memudahkan anda memilih lokasi, kami mencoba merangkum beberapa lokasi dalam artikel ini. Berikut adalah 5 Wisata Alam Instagramable di Bogor Puncak yang dapat anda jadikan pilihan liburan atau sekedar berakhir pekan:

1. Puncak Pass

Puncak Pass

Puncak Pass

Puncak Pass adalah salah satu lokasi di Jalan Raya Puncak yang mungkin sudah amat melegenda, tepatnya berada di Km 90 Sindanglaya. Landmark ini populer dengan keindahan alamnya yang tidak terbantah. Mulai dari terbit matahari hingga terbenamnya sang surya, tempat yang hits ini tak pernah sepi pengunjung.

Alasan lain kenapa Puncak Pass ramai adalah karena dapat menjadi persinggahan untuk melepas rasa penat kita sewaktu terjebak kemacetan, karena di lokasi ini kita tidak hanya mampir untuk sekedar menikmati hamparan kebun teh yang menyejukkan hati dan menikmati semilir udara dingin, namun juga melihat pergerakan lalu lintas untuk tahu kapan sebaiknya kita mulai bergerak lagi. Jangan lupa untuk minum segelas minuman hangat agar anda semakin merasa nyaman.

2. Telaga Warna

Telaga Warna Puncak

Telaga Warna Puncak

Telaga warna yang populer memang ada di Dieng, Jawa Tengah, namun di Puncak pun sebenarnya memiliki danau yang tak kalah cantik dan juga memiliki julukan telaga warna. Telaga Warna ini berada di dekat perkebunan teh PTP VII Gunung Mas. Dengan background gunung menghijau, persawahan dan perkampungan yang menyatu dalam sebuah harmonisasi membuat tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit di Puncak.

Sebelum ditetapkan sebagai kawasan wisata sekitar tahun 1972, Telaga Warna, Puncak Pass, Cisarua, Bogor termasuk dalam area kawasan cagar alam hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang.

Yang istimewa dari telaga ini tentunya adalah danaunya yang seakan-akan sering bergonta-ganti warna, hingga konon ada tujuh macam warna yang dapat ditampilkan. Perubahan warna ini disebabkan oleh pantulan dari langit dan warna pepohonan di sekitar telaga.

3. Kebun Teh Cisarua

Kebun Teh Cisarua

Kebun Teh Cisarua

Perkebunan teh menghijau di sepanjang jalan raya Puncak membuat kita merasa tenang dan segar. Bagai barisan rapi, kebun teh di Cisarua memanggil-manggil kita untuk hadir dan menyapanya. Kalau sudah begitu, kenapa tidak kita lakukan saja? Ditemani secangkir minuman hangat dan cemilan yang sedap, kita dapat menikmati lokasi yang sangat instagramable ini ini untuk membuang penat dan rasa capek, serta pantas masuk ke dalam satu dari 5 wisata alam instagramable di Bogor Puncak.

Ada dua pilihan lokasi yang bisa anda jadikan alternatif, kami tidak menyebutkan salah satu karena keduanya memiliki jenis wisata yang sama, yaitu wisata kebun teh. Yang pertama adalah Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas dan yang kedua Kebun Teh Bogor Puncak Gunung Ciliwung. Tiket masuk ke kawasan ini cukup murah, 10 ribu untuk masuk ke Agrowisata Gunung Mas dan 4 ribu untuk masuk ke kebun teh Puncak Gunung Ciliwung.

4. Bukit Gantole

Bukit Gantole

Bukit Gantole

Yang satu ini mungkin masuk ke dalam wisata yang anti mainstream karena mengusung olahraga ekstrim yaitu paralayang. Anda bisa merasakan asyiknya terbang pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Jika anda berminat, anda dapat melakukannya di Bukit Gantole yang ada di Jalan Raya Puncak Km.87 Gunung Mas, Puncak.

Tiket masuk yang dibebankan pertama kali adalah biaya 13 ribu termasuk asuransi, sedangkan untuk paralayangnya sendiri untuk pendaftaran dibebankan 350 ribu per kepala bagi wisatawan lokal dan 400 ribu per orang untuk wisatawan asing.

Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi sebelum anda bisa lepas landas, jika semua syarat sudah anda penuhi, selamat! Anda dapat segera menikmati pemandangan kebun teh menghijau dari atas ketinggian dengan menggunakan paralayang, jangan lupa untuk mengabadikan gambar-gambar anda untuk dishare di media sosial.

5. Curug Cilember

Curug Cilember

Curug Cilember

Keindahan alam yang disajikan oleh Curug Cilember akan membuat kita berkata berdecak kagum. Paduan antara udara yang sejuk, semilir angin sepoi, air terjun yang bagai magis dan suasana hening menjadikan Curug Cilember lokasi favorit bagi banyak orang yang berkunjung.

Curug Cilember juga dilengkapi dengan hutan pinus rimbun yang sering dijadikan lokasi wisata untuk hiking dan trekking. Deretan air terjun atau curug yang berjumlah tujuh buah mengalir deras bagai berjajar dan membentuk pemandangan alam yang amat indah. Masuk dalam kawasan hutan lindung Bogor-Puncak-Cianjur, Curug Cilember berada di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Salah satu dari beberapa keunikan yang ada di Curug Cilember adalah keberadaan laboratorium penangkaran kupu-kupu.

Demikian informasi seputar 5 Wisata Alam Instagramable Di Bogor Puncak yang dapat kami sampaikan untuk anda, mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan menjadikan tambahan wawasan bagi anda yang ingin berwisata ke Puncak. Selamat berwisata, ya!