Kebun Binatang Bandung, Destinasi Rekreasi Keluarga Edukatif

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung | Alampriangan.com – Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu objek wisata terbaik yang ada di Bandung. Objek wisata ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, tetapi juga merupakan pusat cagar pelestarian dan perlindungan kekayaan alam. Kebun Binatang ini terletak di jalan Kebun Binatang Nomor 6 Taman Sari, Bandung, Jawa Barat.

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang yang ada di Bandung ini awalnya didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP) pada tahun 1930. BZP merupakan sebuah komunitas penyayang binatang. Setelah itu, pada tahun 1993 pembangunan sarana dan prasarana Kebun Binatang Bandung disahkan melalui surat keputusan nomor 32 oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda.

Saat masa pendudukan tentara Jepang di Bandung, kebun binatang yang ada di Bandung ini tidak terkelola dengan baik. Namun, pada tahun 1948 ketika tentara Jepang pergi setelah mengalami kekalahan perang pada masa Perang Dunia ke-2, maka Kebun Binatang Bandung dilakukan proses perbaikan untuk mengembalikan fungsi dari tempat wisata ini.

Setelah itu, pada tahun 1957, BZP atau Bandung Zoological Park ini dibubarkan dan diganti menjadi yayasan marga satwa Taman sari oleh R. Ema Bratakoesoema. Kebun binatang yang ada di Bandung memiliki luas hingga 14 hektar dan berada di daerah dataran tinggi Bandung.

Selain itu, kebun binatang ini juga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat wisata Konservasi Alam dan Satwa, karena kebun binatang ini tidak hanya memiliki berbagai koleksi satwa, tetapi juga memiliki banyak koleksi cagar alam.

Berbagai Fasilitas

Jika Anda mengunjungi kawasan wisata Kebun Binatang Bandung, Anda tidak hanya dapat melihat dan bermain dengan berbagai jenis hewan yang ada di kebun binatang tersebut. Sebab objek wisata yang satu ini juga memiliki berbagai fasilitas lainnya yang bisa Anda nikmati.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain Taman Bemain, Flying Fox, Kolam Perahu, Panggung, dan masih banyak lagi. Taman bermain ini dikhususkan untuk anak-anak. Di taman bermain tersebut terdapat ayunan, dan istana balon. Fasilitas kebun binatang yang kedua adalah flying fox. Fasilitas tersebut bisa Anda coba jika Anda tidak memiliki phobia terhadap ketinggian.

Selanjutnya ada kolam perahu, Anda bisa mengelilingi danau yang ada di kebun binatang Bandung ini dengan menggunakan perahu. Selain itu, terdapat sebuah pulau kecil buatan yang berada di tengah kolam dan di pulau tersebut terdapat sejumlah monyet yang dibiarkan bebas. Kolam perahu tersebut memang merupakan fasilitas favorit bagi para pengunjung.

Loading...
Kebun Binatang Bandung

Atraksi di Kebun Binatang Bandung

Panggung Seni

Dan yang terakhir adalah panggung yang digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai acara seni di kebun binatang. Selain fasilitas-fasilitas yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa fasilitas pendukung yang ada di Kebun Binatang ini.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain adalah pusat informasi, toilet, masjid, mini market, Plash Shelter, Museum Pickling of Animal, dan Food Booth and Baverage.

Pusat informasi ini merupakan sarana informasi bagi para wisatawan untuk meminta bantuan kepada petugas mengumumkan lokasi berkumpul apabila terpisah dengan rombongannya melalui pengeras suara yang dapat didengar oleh seluruh pengunjung lainnya.

Toilet yang ada di kebun binatang Bandung ini tersedia cukup banyak dan tentunya toilet tersebut bersih dan nyaman untuk digunakan. Kebun binatang ini juga difasilitasi dengan tempat ibadah yang juga bersih dan nyaman, sehingga memudahkan pengunjung muslim untuk bisa sholat.

Bahkan objek wisata kebun binatang ini juga dilengkapi dengan mini market yang dapat memudahkan pengunjung untuk membeli cemilan. Selain itu, tersedia juga berbagai stand-stand yang menjual berbagai makanan ringan dan menu makanan lainnya, seperti nasi khas sunda, dan masih banyak lagi.

Sebagai Cagar Pelestarian Alam

Tidak hanya berfungsi sebagai cagar marga satwa, objek wisata Kebun Binatang Bandung ini memiliki fungsi lain, yaitu sebagai cagar pelestarian alam. Dengan demikian, jika Anda berkunjung ke kebun binatang ini, Anda bisa mengetahui dan mengenal berbagai jenis satwa langka dan dilindungi.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan atau suasana alam hutan lindung yang sejuk dan teduh yang akan membuat Anda merasa nyaman. Objek wisata yang satu ini juga banyak ditumbuhi pepohonan yang terdiri dari pohon kecil hingga pohon yang memiliki ukuran besar dengan usia ratusan tahun.

Koleksi Satwa

Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi satwa yang berjumlah 213 jenis satwa, dimana 79 jenis satwa merupakan satwa langka dan dilindungi. Koleksi satwa atau binatang yang ada di Kebun Binatang ini hampir seluruhnya merupakan hewan asli dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Sedangkan sisanya merupakan hewan yang didatangkan dari luar negeri. Jika Anda berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai 213 ekor hewan yang dikoleksi oleh kebun binatang ini.

Hal ini disebabkan karena setiap kandang hewan atau satwa disediakan informasi mengenai hewan tersebut, seperti nama, habitat asal, serta makanan yang dimakan oleh hewan atau satwa tersebut.

Favorit Berlibur Keluarga

Dengan demikian, kebun binatang ini banyak dijadikan sebagai tempat berlibur favorit untuk keluarga, karena selain mengisi waktu libur, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai nama dan habitat hewan yang ada di kebun binatang tersebut.

Untuk dapat mengunjungi Kebun Binatang Bandung ini, Anda bisa membeli tiket dengan harga sekitar 25 ribu per orang. Objek wisata kebun binatang yang ada di Bandung ini dibuka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 6 sore.



loading...

Komentar