Wisata Pulau Beras Basah

Pulau beras basah terletak di Kota Bontang,Bumi Etam, Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan pulau yang kecil sampai-sampai dapat diputari dengan berjalan santai selama 10 menit saja. Pulau beras basah dijadikan nama dari pulau eksotis ini karena berawal dari sebuah dongeng mengenai asal mula nama beras basah. Dongeng tersebut menyebutkan bahwa jaman dahulu terdapat seorang nahkoda kapal yang membawa kapalnya yang bermuatan beras yang begitu banyak berlayar dari Sulawesi. Karena nahkoda tersebut khawatir jika kapal yang dia bawa akan tenggelam, maka nahkoda kapal memutuskan untuk menurunkan muatannya di sekeliling pulau ini, dan jadilah pulau ini dinamakan sebagai pulau beras basah yang sampai sekarang terkenal dengan wisata pulau beras basahnya.

Wisata Pulau Beras Basah

Wisata Pulau Beras Basah

Pantai yang dibentangkan pulau ini memiliki pasir yang putih dan lembut dengan air laut yang sangat bening. Warna pasir berwarna coklat yang melengkung di sepanjang pantai menambah eksotika pemandangan pulau beras basah. Ketenangan dan kekaguman akan keindahan alam pasti diperoleh setiap pengunjung yang bertandang. Ciri khas yang terdapat di wisata pulau beras basah ini adalah adanya menara putih yang memiliki bentuk mirip dengan mercusuar yang masih kokoh berdiri di ujung pulau.

Wisata pulau beras basah2


Pengunjung di pulau beras basah dapat melakukan berbagai aktivitas  untuk menikmati keindahan pemandangan di bawah laut dengan menyelam atau snorkling. Keunikan yang ada di pulai ini adalah, di dekat pulau beras basah terdapat pulau kecil bernama pulau Segajah yang hanya muncul ketika air laut dalam kondisi surut, dan menghilang kembali ketika air laut kembali naik. Selain pulau Segajah, wisata pulau beras basah juga berdekatan dengan pulau Selangan yang merupakan perkampungan nelayan di daerah itu. Di perkampungan tersebut pengunjung dapat membeli ikan kemudian membakarnya langsung di tempat.

Wisata pulau beras basah3

Peta Lokasi dan Akses Jalan

WisataPulau beras basah dapat diakses melalui jalur udara dan jalur laut. Jalur udara dapat ditempuh dari Balikpapan dan Samarinda, kemudian disambung dengan menggunakan bus kurang lebih selama sua jam sehingga dapat mencapai Bontang dan disambung lagi menggunakan kapal.

Lihat Peta Lebih Besar



loading...

Komentar