Kebun Buah Mangunan Imogiri, Wisata Asyik di Bantul, Yogyakarta

Jika anda berwisata ke Joga dan ingin nuansa yang berbeda, maka anda wajib mencoba berkunung ke Kebun Buah Mangunan yang berada di Bantul, Yogyakarta ini. Namun lokasi nya lebih dekat dengan Imogiri. Pemandangan di kebuh buah ini benar-benar menyejukkan.

Kebun Buah Mangunan ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas jika dibanding dengan objek wisata lainnya seperti Prambanan, Malioboro dan objek wisata Jogja yang terkenal lainnya. Padahal jika dilihat dari pesona keindahan alamnya, kebun buah Mangunan ini memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Kebun Buah Mangunan Imogiri, Wisata Asyik di Bantul, Yogyakarta

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini terletak di DesaMangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul,Yogyakarta. Tempat wisata ini dapat dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Akses ke Taman Buah Mangunan ini mudah, apabila dari kota Yogyakarta, langsung saja menuju Jalan Imogiri Timur (Terminal Bis Giwangan) terus saja ke selatan. Setelah sampai di Kecamatan Imogiri kemudian mengambil jalur Imogiri – Dlingo (lihat plang petunjuk jalan), sekitar 5 kilometer kemudian akan dijumpai Balai Desa Mangunan, nah di situ ada petunjuk arah menuju ke lokasi Kebun Buah. Akses jalan menuju ke tempat ini sudah cukup baik. Dalam perjalanan kita akan melewati jalanan naik dan turun khas perbukitan , lembah, dan hutan-hutan.

Loading...

Indahnya Wisata Kebun Buah Mangunan

Indahnya Wisata Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata Kebun Buah Mangunan sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat setelah pikiran terbebani dengan segala rutinitas yang anda kerjakan.Bila Anda masuk lebih dalam lagi, anda akan menjumpai taman bermain yang dilengkapi dengan beberapa alat permainan seperti ayunan, mangkuk berputar dan monkey bar. Bagi anda yang suka memancing, disini terdapat kolam pancing yang cukup luas dengan beberapa jenis ikan, seperti nila, patin dan bawal.

Di kebun buah Mangunan ini, kita juga bisa menikmati bermacam-macam buah-buahan seperti, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, belimbing bahkan durian juga ada tapi – tentunya menyesuaikan dengan musimnya. Selain tanaman buah-buahan, pengunjung juga dapat melihat beberapa koleksi satwa, seperti rusa timor yang ditangkarkan di sini. Penangkaran Rusa Timor (Cervus timorensis) ini merupakan kerja sama antara pihak BKDSA Yogyakarta dengan pihak pengelola Kebun Buah Mangunan (Departemen Pertanian dan Kehutanan Pemkab.Bantul).

Dibawah naungan berbagai jenis pohon rindang dan semak-semak yang berbunga indah, oranye, kuning, ungu, putih, khas semak-semak pegunungan. Pula kicauan burung Prenjak bersahut-sahutan dengan burung Kutilang. Begitu sampai di gardu pandang, Anda pasti akan takjub melihat pemandangan alam ciptaan Allah ini. Perbukitan di seberang sana dan tempat anda berpijak, dipisahkan oleh aliran Sungai Oya yang berliku berkelok indah sekali.



loading...

Komentar