Ranca Upas: Info Lengkap Fasilitas, Rute dan Harga Tiket

Ciwidey Bandung Selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas.

Dulu, destinasi yang dikelola oleh Perum Perhutani ini bernama Bumi Perkemahan Ranca Upas, dengan daya tarik berupa tempat kemah dan penangkaran rusa.

Kini, ditambahkan embel-embel Kampung Cai di depannya, karena telah dibangun kolam renang air panas yang bersumber dari gunung Patuha serta fasilitas lain yang lebih lengkap.

Mengenal Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan paling terkenal di Bandung, Jawa Barat. Obyek wisata ini berada satu rangkaian dengan obyek wisata lain yang berada di Ciwidey, yaitu Patuha Resort, Kawah Putih dan Cimanggu.

Sebagai bumi perkemahan, Ranca Upas memang memiliki kelebihan yang jarang ditemui di tempat-tempat lain.  Yaitu, hamparannya yang datar dan luas sehingga bisa menampung banyak orang.

Suasana hutannya yang masih terjaga juga menjadikan nilai plus karena menghadirkan pemandangan yang indah serta udara yang segar.

Camping di Ranca Upas

Camping di Ranca Upas (sumber)

Ranca Upas yang merupakan Hutan Lindung dihiasi dengan berbagai tumbuhan pengunungan seperti Kitambang, Kihujan, Pasang, Kurai, Huru, Hamirug, Jamuju dan Puspa.

Lokasinya yang berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut menyebabkan udaranya super sejuk.  Apalagi di malam hari yang sering dihiasi dengan angin yang bertiup kencang.

Keindahan Ranca Upas, menjadikannya salah satu lokasi favorit untuk melakukan pengambilan foto prewedding. Tarif Ranca Upas Prewedding kami sampaikan di akhir postingan.

Lokasi Ranca Upas

Seperti dikatakan sebelumnya, Kampung Cai Ranca Upas berada di Ciwidey, Bandung Selatan Jawa Barat.  Tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung.

Dari kota Bandung destinasi ini berjarak sekitar 50 kilometer.  Saat ini dengan dibukanya Jalan Tol Soroja, jarak tersebut bisa ditempuh sekitar 1,5 atau 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai Ranca Upas tidak terlalu sulit karena memiliki akses langsung dari pinggir jalan raya Ciwidey – Patengan.  Terdapat gerbang besar yang letaknya tidak jauh dari wisata Kawah Putih. Bila dari arah Ciwidey, gerbang tersebut berada di sebelah kanan.

Bila Anda menggunakan tol, setelah keluar dari gerbang tol Soreang, belok kanan menuju Ciwidey. Setelah sampai di pasar Ciwidey, lanjutkan perjalanan Anda lebih ke atas lagi yaitu ke arah Rancabali atau Situ Patengan.

Nanti Anda akan menemui gerbang lokasi-lokasi wisata yang disebut sebelumnya, yaitu dimulai oleh Patuha Resort di sebelah kanan lalu Kawah Putih di sebelah kiri. Tidak jauh dari sana akan terlihat gerbang menuju Kampung Cai Ranca Upas di kanan.

Lebih tepatnya ikuti petunjuk dari Google Map berikut:


Sejarah dan Mitos Ranca Upas

Sesuai namanya, yaitu ranca yang berarti rawa dalam bahasa Sunda, Ranca Upas awalnya berupa hutan belantara dengan rawa-rawa yang luas.

Ranca Upas kemudian dibuka sebagai obyek wisata oleh Perum Perhutani, dengan daya tarik sebagai Camping Ground.

Mengenai kata upas sendiri, konon ada mitos yang mengatakan bahwa ia adalah seorang petugas kehutanan yang bertugas menjaga hutan tersebut.

Mungkin merujuk pada kata upas atau opas, yang dalam bahasa Sunda berarti penjaga.

Diceritakan, sang upas tersebut adalah seorang Belanda yang memiliki badan tinggi kekar yang kemudian meninggal pada saat menjelajahi rawa di hutan tersebut dimana mayatnya tidak pernah ditemukan.

Masyarakat setempat percaya, arwah sang upas sering berkeliaran di hutan tersebut.

Konon, sampai tahun 80-an, dia sering menampakan diri kepada penduduk yang mencari kayu bakar lengkap dengan topi lebar dengan seragam kebesarannya saat dia masih hidup.

Namun itu hanya mitos.  Yang benar, kata Upas diambil dari sebuah pohon beracun  bernama Antiaris toxicaria yang berasal dari keluarga moraceae.

Pada zaman dahulu, mungkin di hutan tersebut banyak ditemukan tumbuhan jenis ini.  Meskipun pada saat ini, ketika saya tanya kepada petugasnya, sudah tidak lagi ditemukan.

Paket Wisata Ranca Upas

Camping Ground

Sejak dibukanya obyek wisata ini, Ranca Upas dikenal sebagai camping ground. Lahan camping di sini memiliki lahan yang luas. Dapat menampung sekitar 10.000 orang. Saking luasnya, pengunjung bebas ingin berkemah di mana saja.

Pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah. Pemandangan gunung yang berdiri tegak, hijaunya pepohonan dan beningnya air danau bisa Anda saksikan dari dekat.

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Tak jauh dari kawasan perkampungan, bisa Anda jumpai area hutan lindung. Di sana terdapat pepohonan seperti pohon Kurai, Pasang, dan Huru yang sudah jarang sekali kita temukan.

Selain itu, pengunjung yang beruntung bisa melihat burung-burung yang berkicau indah di dahan pepohonan.

Suhu udara disana cukup dingin, suhu hingga 0 derajat Celsius di malam hari dan 17-20 derajat di siang hari. Ini dikarenakan kawasan ini berada di ketinggian kurang lebih 1.700 m dari permukaan air laut.

Jika tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, jangan khawatir karena ada tempat penyewaan alat-alat perkemahan seperti sleeping bag, tenda bahkan kayu bakar.  Tarifnya kami sampaikan di bagian akhir postingan ini.

Memang belum ada wahana glamping Ranca Upas.  Namun, camping dengan fasilitas seadanya justru seru bukan?

Yang jelas, satu hal yang wajib ketika berkunjung ke tempat ini adalah: baju hangat. Karena bila tidak, Anda akan tersiksa oleh udara dinginnya.

Penangkaran Rusa

Selain bisa digunakan untuk camping bersama teman/keluarga, salah satu yang unik di obyek wisata Kampung Cai Rancai Upas ini adalah penangkaran rusa yang dibiarkan hidup bebas di alam liar.

Rusa-rusa tersebut dibatasi oleh kandang yang besar. Jenisnya adalah rusa jawa atau Cervus timorensis yang statusnya dilindungi oleh negara.

Rusa ini memiliki warna bulu kaki yang lebih terang dari bulu tubuhnya. Bulu badannya berwarna merah sedikit kecoklatan.

Penangkaran Rusa di Kampung Cai Ranca Upas

Ranca Upas Rusa

Di penangkaran rusa ini, para pengunjung yang datang bisa mengamati dari dekat perilaku rusa-rusa ataupun memberinya makan.

Wortel dan sayuran untuk makanan para rusa, sudah disediakan oleh petugas. Jadi kita tidak perlu repot-repot membawa dari rumah.

Untuk melihat rusa, kita cukup naik ke tempat yang sudah disediakan. Tak lama rusa-rusa tersebut akan menghampiri untuk meminta makanan.

Konon, pada saat pertama kali dibangun penangkaran rusa ini, hanya seorang juru kunci yang bisa memanggil dan memberi makan langsung rusa-rusa tersebut.  Namanya adalah Abah Taji.

Namun sekarang rusa-rusa tersebut sudah jinak, sehingga setiap orang bisa berinteraksi dengan makhluk yang bertanduk indah ini. Meski tetap harus berhati-hati.

Rusa-rusa yang jinak tersebut kini menjadi favorit untuk teman selfie.

Berselfi dengan Rusa Ranca Upas

Berselfi dengan Rusa Ranca Upas (sumber)

Outbound

Kampung Cai Rancai Upas menyediakan kegiatan outbound yang diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti fun games, team building dan  treking di hutan.

Kegiatan ini biasanya diikuti oleh banyak siswa sekolah untuk acara Persami atau Pramuka.

Namun, sering juga outbound pun diikuti oleh para karyawan yang mengadakan gathering perusahaan. Di sekitar lokasi outbound disediakan fasilitas seperti toilet, warung, dan tempat beribadah/ masjid.

Fasilitas lainnya seperti life musik, snack, atau pun api unggun bisa disediakan tergantung kebutuhan para pengunjung. Bahkan, jika pengunjung ingin tidur di kasur yang empuk dan makan prasmanan pun bisa.

Lengkapnya fasilitas yang dimiliki kawasan ini menjadikannya cocok untuk acara outbound/gathering.

Kolam Air Panas

Di area ini pengunjung bisa berendam dengan hangatnya air panas. Betapa nikmatnya berendam air panas di udara yang cukup dingin.

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Tak jauh dari kolam air panas, terdapat waterboom untuk yang menjadi favorit anak-anak. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, Anda harus membayar lagi, namun tenang, karena harganya tidak mahal.

Paintball

Butuh permainan yang lebih menegangkan? Paintball adalah jawabannya. Anda bersama teman satu team bisa merasakan seolah-olah berada di medan perang.

Perlengkapan paintball sangat lengkap, serta ada instruktur yang akan memberikan pengarahan sebelum bermain.

Manfaat permainan ini tidak hanya memberikan sensasi ketegangan saja, namun juga melatih analisis, kerja sama dan mengambil resiko.

Penginapan Ranca Upas

Bila tak berminat untuk berkemah, Anda bisa mencari penginapan yang banyak tersedia di sekitar obyek wisata ini. Yang paling dekat adalah Patuha Resort.

Secara lebih detil, kami sudah membuat ulasan mengenai penginapan di Ciwidey sebagai bahan referensi Anda.

Oleh-oleh

Kurang lengkap rasanya jika berpergian tanpa membawa pulang buah tangan. Salah satu oleh-oleh khas Ciwidey adalah dodol strawberry. Tidak sulit menemukan penjual dodol karena para penjual biasa menjualnya di kawasan dekat Ranca Upas.

Dodol strawberry ini dibuat oleh para penduduk lokal. Kebanyakan dari mereka memiliki kebun strawberry. Pembuatannya juga sangat alami karena tidak menggunakan bahan pengawet.

Satu bungkus dodol harganya Rp 8.000-10.000 saja. Selain dodol, ada juga bandrek, minuman hangat rasa jahe.

Minuman ini sangatlah cocok untuk dinikmati di tempat yang suhunya dingin seperti Kampung Rancas Ucas. Bandrek juga bisa dibawa pulang dengan cara dikemas di dalam botol. Per botolnya dihargai Rp 7000 – 15.000.

Cukup murah, bukan?

Tiket Masuk Ranca Upas

Berikut informasi tiket masuk Ranca Upas 2018 lengkap:

Ticketing

  • Masuk Kawasan/orang (domestik) Rp15 K
  • Masuk Kawasan/orang (Mancanageara) Rp25 K
  • Kemping/org/malam Rp10 K
  • Kolam Renang Rp15 K
  • Kendaraan roda 2 Rp5 K
  • Kendaraan roda 4 Rp10 K
  • Kendaraan roda 6 Rp25K

Kendaraan menginap

  • Kendaraan roda 2 Rp5 K
  • Kendaraan roda 4 Rp10 K
  • Kendaraan roda 6 Rp20 K

Kemping & Perlengkapan Kemah

  • Booking Area Rp500 K
  • Tenda pleton (Kapasitas 40 orang) Rp 600 K
  • Tenda Regu (Kapasitas 20 orang) Rp 400 K
  • Tenda Charly (Kapasitas 3 orang) Rp 150 K
  • Tenda Gama (Kapasitas 3 orang) Rp 250 K
  • Tenda Roofi (Kapasitas 12 orang) Rp 350 K
  • Tenda Vango (Kapasitas 10 orang) Rp 350 K
  • Tenda Pesta Rp600 K
  • Tenda Panggung Rp 700 K
  • Extra bed Rp 70 K
  • Matras Rp 15 K
  • Sleeping Bag Rp 25 K
  • Kayu Bakar Rp15 K
  • Instalasi listrik Rp 600 K
  • Genset Rp900 K
  • Sound System Rp 1.000 K
  • Electone Rp 2.500 K
  • Petromax Rp50 K
  • Aula/gedung serba guna Rp 1.500 K

Wahana Outbound

  • Shooting Rp 1.500 K
  • Ranca Upas Prewedding Rp 500 K
  • Ranca Upas Paintball Rp 90 K
  • Ranca Upas Fun Games 75 K
  • Ranca Upas Team Building Rp 150 K

Alamat Kontak Kampung Cai Ranca Upas

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut bisa kontak ke manajemen mereka yaitu:

Jl. Raya Patengan Km 11 Rancabali Bandung

Reservasi 081321835998