Curug Sewu Kendal, Miniatur Niagara di Pulau Jawa

Curug Sewu Kendal

Curug Sewu Kendal

CURUG Sewu Kendal merupakan air terjun tingkat tiga yang memiliki ketinggian hampir 80 meter. Dengan ketinggian itu, Curug Sewu tercatat sebagai salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Lantas mengapa dinamakan Curug Sewu?

Tentu saja, nama air terjun tersebut tidak ada hubungannya dengan ketinggiannya. Sebab, jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, Curug Sewu berarti air terjun seribu. Sehingga, sekilas nama tersebut dapat diartikan sebagai seribu air terjun yang berada di satu lokasi yang sama.

Namun, ternyata bukan itu arti nama Curug Sewu yang melekat di air terjun tersebut. Sebab, nama Curug Sewu sebagai nama lokasi wisata itu diambil dari nama desa tempat air terjun tersebut berada, yaitu desa Curugsewu.

Lokasi Curug Sewu

Curug Sewu terletak di bagian paling Selatan Kabupaten Kendal. Tepatnya, ia berada di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean. Jaraknya kira-kira 44 kilometer dari kota Kendal, dengan terlebih dahulu melewati kota Weleri dan Sukorejo. Di dalam peta dan koordinat GPS, Curug Sewu terletak di 7° 5’ 8.64” S 110° 5’ 58.15” e.

Kota Kendal sendiri sangat mudah dijangkau, karena terletak di jalur utama Pantai Utara Jawa Tengah. Apalagi, Kendal menjadi kota yang menghubungkan Kota Pekalongan dengan Kota Semarang. Sehingga, orang yang melintasi jalur Pantai Utara dapat dipastikan mengetahui keberadaan kota yang satu ini. Dari kedua kota tersebut, Kota Kendal dapat dijangkau dalam waktu yang relatif tidak lama.

Aksesibilitas Menuju Curug Sewu

Dari Kota Kendal menuju lokasi wisata Curug Sewu dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika berangkat dari arah Temanggung dan Wonosobo, rute menuju Curug Sewu dapat ditempuh dengan melewati Parakan- Ngadirejo-Patean-Curug Sewu.

Jika pengunjung berasal dari wilayah Semarang, untuk menuju Curug Sewu dapat melintasi rute Mijen-Boja-Singorojo-Patean-Curug Sewu. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari kota Semarang dapat naik bis jurusan Sukorejo, melewati Mijen, Boja. Selanjutnya, dari Sukorejo naik angkot atau ojek menuju Curug Sewu. Jaraknya sekitar 7 km perjalanan.

Bagi pengguna kendaraan pribadi, untuk menuju objek wisata ini dapat menempuhnya dengan dua jalan utama dari kota Kendal. Jika dari arah barat, menggunakan jalur Weleri – Sukorejo yang terlebih dahulu melalui kota Cepiring.

Sedangkan dari arah timur, menggunakan jalur Boja-Patean. Nah, pengunjung yang menempuh rute lewat Boja akan menikmati pesona tersendiri, karena sebelum masuk Patean, mereka akan melewati perkebunan durian.

Selain kedua jalur tersebut, untuk menuju Curug Sewu juga bisa ditempuh dengan berkendara dari Temanggung yang memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Atau bisa juga dari arah Kebumen melewati Parakan kemudian langsung ke lokasi.

Istimewa dan Nyaman

Jalur manapun yang Anda pilih, perjalanan menuju lokasi wisata Curug Sewu terbilang cukup nyaman. Sebab, kondisi jalan yang ada pada kedua jalur tersebut sudah merupakan jalan beraspal mulus, kendati medannya naik-turun dan berkelok-kelok.

Setelah memasuki lokasi wisata Air Terjun Curug Sewu, Anda akan disuguhi keindahan alam dan menikmati udara sejuk. Perjalanan melewati jalan yang berkelok serta naik turun yang melelahkan seakan terbayar lunas saat kaki Anda sudah menapaki kawasan wisata Air terjun Curug Sewu. Pemandangan yang indah serta suasana yang asri dan sejuk khas wilayah pegunungan akan membuat mata dan hati Anda seolah dimanjakan.

Air terjun Curug Sewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya. Dari total ketinggian yang nyaris 80 meter itu, terdapat 3 titik terjunan air. Masing-masing titik terjunan tersebut memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter, dan 20 meter.

Loading...

Titik-titik terjunan yang membuat Curug Sewu terlihat seolah berundak-undak itu terlihat sangat indah untuk dipandang. Apalagi, jika dilihat pada saat tertentu, dari antara titik terjunan air itu muncul pelangi yang menyajikan paduan aneka ragam warna yang memesona.

Menara Pandang

Yang unik, keindahan air terjun Curug Sewu yang berada pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut itu juga bisa kita lihat dari bagian atas air terjun. Sebab, di sana terdapat gardu pandang yang sengaja dibangun untuk melihat alur air Curug Sewu yang mengalir turun dengan indahnya. Sekaligus juga untuk menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi air terjun yang tak kalah menarik mata untuk memandang.

Menara pandang yang membuat pengunjung dapat melihat keindahan alam dan air terjun dengan lebih seksama itu dilengkapi dengan teropong.

Keberadaan menara pandang dan fasilitas teropong tersebut memberikan variasi pilihan wisata dan menambah keistimewaan Curug Sewu jika dibandingkan air terjun yang lain. Sebab, pengunjung dapat melihat keindahan air terjun dari atas, bukan sekadar dipandang dari bawah seperti obyek wisata air terjun di tempat-tempat lain.

Dengan teropong itu, pengunjung juga dapat melihat keindahan air terjun, bentangan pemandangan alam yang hijau, serta bangunan rumah-rumah yang ada di bawahnya dengan sangat jelas.

Bahkan, seperti dikutip Kompas, 17 Januari 2005, dengan meneropong dari menara pandang, pengunjung juga bisa melihat pemandangan Kota Kendal, bahkan sampai ke Kota Semarang yang bejarak lebih jauh.

Taman Rekreasi

Selain keistimewaan alamiah air terjun, Curug Sewu juga menjanjikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, di sekitar lokasi air terjun Curug Sewu telah hadir taman rekreasi sebagai pelengkap pesona wisata.

Taman rekreasi itu punya fasilitas pelengkap semisal panggung taman bermain anak, kebun binatang mini dengan koleksi satwa yang beragam, kolam renang, serta ragam fasilitas lainnya. Taman bermain anak yang ada di sana pun telah dilengkapi macam-macam wahana permainan semisal kereta mini dan jet coaster.

Untuk melengkapi berbagai fasilitas dan sarana yang sudah ada, telah hadir pula kereta mini, jet coaster, dan kolam renang dengan standard nasional. Beberapa fasilitas lain yang ada di lokasi wisata Curug Sewu ini adalah area parkir yang luas, musholla, toilet, dan beberapa warung penjual makanan, bahkan hingga ke lapangan tenis, gedung pertemuan, serta penginapan.

Maka, dengan kehadiran segala macam peosna dan fasilitas itu, jangan khawatir jika ingin berlama-lama menghabiskan waktu di lokasi wisata ini.

Niagara di Pulau Jawa

Sudah dipahami bahwa nama Curug Sewu diambil dari nama desa tempat air terjun ini berada. Tetapi, ada juga sejumlah kalangan yang meyakini bahwa kata “Sewu” di dalam nama “Curug Sewu” itu memang sengaja dipakai untuk menggambarkan struktur air terjun ini yang bertingkat-tingkat.

Tingkat-tingkat yang terdapat di air terjun itu berjumlah banyak, sehingga air terjun tersebut pun diberi nama Curug Sewu. Sebab, dalam bahasa Jawa “sewu” berarti “seribu”, sedangkan istilah “curug” dikenal dalam bahasa Sunda yang bermakna “air terjun”.

Jadi, Curug Sewu dapat ditafsirkan memiliki arti “air terjun yang mempunyai banyak tingkat”. Pendapat ini boleh diterima boleh juga tidak. Yang jelas, Curug Sewu memang memiliki tiga titik terjunan air yang membuatnya kian memesona.

Tiga tingkatan terjunan air 45 meter, 15 meter, dan 20 meter tak pelak merupakan nilai pembeda yang unik dari Curug Sewu.

Harmonisasi warna pelangi yang berpadu dengan kegagahan terjunan air yang bertingkat-tingkat itulah yang menjadi daya tarik utama obyek wisata ini. Adanya tingkatan-tingkatan terjunan air itu mengingatkan orang pada Air Terjun Niagara di Canada yang bergitu fenomenal dan terkenal di seluruh dunia. Jika dipandang sekilas, seolah-olah Curug Sewu merupakan miniatur Niagara. Bisa juga disebut dengan kata lain, Curug Sewu adalah Niagara van Java.

Wisata Andalan

Di musim liburan dan Hari Raya Idul Fitri, lokasi wisata Curug Sewu biasanya banyak dikunjungi wisatawan lokal dari dalam maupun luar Kabupaten Kendal.

Menyimak banyak keunggulan dan keistimewaan tersebut, tak salah jika kini Curug Sewu yang lokasinya berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Temanggung itu menjadi obyek tujuan wisata andalan Kabupaten Kendal.

Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kendal bersama pihak pengelola obyek wisata Curug Sewu terus melakukan inovasi dan renovasi dari tahun ke tahun sehingga semakin membuat nyaman wisatawan.

Kini, fasilitas penunjang yang disediakan di obyek wisata Curug Sewu sudah terbilang lengkap ]. Maka, tak salah untuk menjadikan Niagara van Java ini sebagai destinasi yang mengisi agenda perjalanan liburan Anda.

Mau?



loading...

Komentar