Wisata ke Keraton kasepuhan cirebon

Keraton Kasepuhan merupakam keraton dengan arsitektur unik dan meraton ini memiliki perawatan yang baik terawat. Di setiap bagian arsitektur keraton terkenal dengan sejarahnya. Di Halaman depan keraton ini disekelilinginya terdpat tembok bata merah dan terdapat pula pendopo didalamnya. Keraton kasepuhan cirebon berlokasi di ujung selatan jalan lemah wungkuk, cirebon, jawa barat.

Wisata ke Keraton kasepuhan cirebon

Wisata ke Keraton kasepuhan cirebon

Wisata ke Keraton kasepuhan cirebon

Keraton Kasepuhan cirebon adalah salah satu istana kerajaan islam yang terdapat di jawa barat, di sana merupakan tempat para pendiri cirebon bertahta, disini merupakan pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon.

Keraton ini mempunyai museum yang lengkap dan terdapat lukisan koleksi kerajaan dan benda pusaka . Salah satu koleksi yang paling di kenal yaitu kereta Singa Barong yang pernah di gunakan sebagai kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta singa barong pada saat ini tidak dipergunakan lagi dan hanya di keluarkan pada pada tanggal 1 Syawal untuk dimandikan.

Loading...

Di bagian dalam ruangan keraton kasepuhan ini terdiri dari beberapa bangunan utama dengan warna putih. Didalamnya ada ruang tamu, singgasana raja dan ruang tidur .

Sejarah Keraton Kasepuhan

Keraton kasepuhan Cirebon didirikan pada tahun 1452 M oleh seorang pangeran cakrabuana, dan sekarang ia disemayamkan di dalem agung pakungwati, Cirebon. Keraton kasepuhan cirebon dulunya memiliki nama keraton pakungwati, Gelar Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang kemudian dipersunting oleh Sunan Gunung Jati.

Beliau meninggal pada tahun 1954 karena usia tua di Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Nama belilaulah yang kemudian di abadikan oleh Sunan Gunung Jati sebagai nama sebuah keraton, yakni Keraton Pakungwati yang kini biasa dikenal sebagai keraton Kasepuhan.

Peta Lokasi Keraton Kasepuhan

Jalan Keraton Kasepuhan No. 43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia



loading...

Komentar