Wisata Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan | Alampriangan.com – Kuningan adalah kota sejuk berjarak kurang lebih 3 jam dari Kota Bandung. Terletak di bawah Gunung Ciremai, kota ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.  Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Sangkanurip.

Pemandian Air Panas ini sangat terkenal di Kuningan.  Cukup nyaman untuk dijadikan destinasi Anda bersama keluarga di akhir pekan.

Pemandian Air Panas Sangkanurip

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Lokasi Pemandian Air Panas Sangkanurip

Lokasi Pemandian Air Panas ini terletak di Desa Sangkanurip kecamatan Cigandamekar Kuningan, sekitar 12 km dari pusat kota.  Bila dari kota Cirebon, destinasi ini berjarak sekitar 28 Km.

Lokasinya cukup strategis, karena dapat diakses baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Dari pusat kota Kuningan, Anda bisa mengambil jalur lansung menuju Cigandamekar. Jangan khawatir, di sepanjang jalan banyak kok petunjuk yang mengarahkan ke lokasi.

Memasuki daerah Cigandamekar, jalanan akan sedikit naik dan Anda akan disuguhi pemandangan pedesaan dan pesawahan yang indah.

Baca juga:

Menyembuhkan Penyakit

Air di pemandian di Sangkanurip bersuhu sekitar 36 derajat dan dipercaya mengandung belerang yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti reumatik dan penyakit kulit. Pengunjung bisa berendam untuk sekedar merilekskan tubuh atau menghilangkan pegal-pegal di pemandian sini.

Bau belerangnya biasanya akan sangat terasa pada pukul  22.00- 02.00, sehingga konon bila ingin khasiatnya terasa, Anda disarankan berenang pada jam-jam segitu.

Selain kolam renang air panasnya, destinasi ini memiliki daya tarik berupa pemandangan latar belakang Gunung Ciremai ditambah sejuknya udara yang akan membuat kita betah dan nyaman.  Pepohonan yang tumbuh di area pinggir kolam menambah kesejukan sekaligus nyaman dipandang mata.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Pemandian Air Panas Sangkanurip yaitu kolam renang air panas, kolam renang air dingin, kolam renang anak-anak, panggung hiburan, gazebo, tempat duduk, musholla, warung makanan, tempat bilas, toilet dan lainnya.

Kolam renang air dinginnya juga biasa disebut juga sebagai Kolam Renang Luncuran Naga. Disebut luncuran naga  karena pada papan luncurnya terdapat bentuk yang menyerupai kepala Naga yang indah.

Pemandian Air Panas Sangkan Urip Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Ada tempat duduk beton di bawah payung  disamping kolam renang luncuran naga yang dapat melindungi para pengunjung dari terik sinar matahari. Di belakang kolam pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah Gunung Ceremai yang menyejukkan mata.

Harga Tiket

Tiket masuk pemandian sangkanurip ini tidak terlalu mahal. Untuk kolam renang, pengunjung cukup membayar Rp 9.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak.

Bila ingin privasi, Anda bisa menyewa pemandian ruang tertutup dengan sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak.  Bila ingin berendam di bath tube, Anda bisa menggunakan Ruang Eksekutif dengan biaya Rp.30.000 per orang untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak.

Tips

Wisata Pemandian Air Panas Sangkanurip ini selalu ramai pengunjung pada hari libur sekolah. Agar tidak terlalu penuh, sebaiknya pengunjung datang pada pagi hari atau malam hari.

Di sekitar pemandian juga banyak spot-spot foto yang instagramable dengan latar belakang Gunung Ciremai.  Jadi pastikan Anda membawa kamera atau smartphone untuk mengambil gambar.

Setelah puas berendam air panas, Anda juga bisa berkeliling dengan delman untuk melihat pemandangan sekitar desa Sangkanurip. Anda cukup menunggu di depan loket dan menyetop delman yang kosong. Harganya sekitar Rp.25 ribu.

Disekitar Wisata Pemandian Air Panas Sangkanurip, tersedia beberapa hotel dan penginapan. Dari hotel kelas melati hingga berbintang yang dilengkapi dengan fasilitas spa-nya dengan harga bervariasi berkisar antara Rp 160 ribu sampai Rp 380 ribu.

Yuk berenang!

 

Berikan penilaian Anda!