Telaga Nilem Kuningan, Bikin Ketagihan

Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan | Alampriangan.com – Pesona Indonesia tercinta memang tak pernah ada duanya. Banyak sekali tempat- tempat di Indonesia yang menjadi destinasi wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Nah, salah satu destinasi wisata yang menarik kali ini berada di Kuningan, Jawa Barat.

Tempat wisata ini bernama Telaga Nilem, sebuah telaga yang termasuk dalam kawasan kompleks wisata Telaga Remis Kabupaten Kuningan yang tak jauh dari Kabupaten Cirebon dan Majalengka.

Telaga Nilem berada di Pesawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Tidak jauh dari pintu masuk retribusi (karcis) kawasan wisata ini bisa diartikan lokasinya sebelum telaga remis.

Berfoto Ria di Telaga Nilem

Sumber air telaga ini langsung dari mata air pegunungan sehingga menyebabkan air telaga nilem begitu jernih dan segar. Hingga kita bisa mengabadikan foto baik dari permukaan air maupun dari dalam air. Kedalaman mulai dari setinggi mata kaki, hingga sekitar 2,5-3 meter untuk yang paling dalam. Dikelilingi pepohonan yang membuat suasana semakin teduh dan asri.

Di telaga nilem ini kita seperti melihat akuarium besar dengan air yang begitu jernih. Air di dalam telaga seperti hamparan kaca sehingga kita bisa melihat dasar telaga ini yang berisi kerikil, bebatuan, lumut dan ganggang.

Kenapa telaga yang begitu jernih ini di beri nama nilem? Ada banyak cerita yang beredar bahwa di telaga ini banyak hidup ikan yang bernama ikan nilem. sehingga telaga ini pun akhirnya di beri nama telaga nilem.

Loading...

Di tepi telaga juga terdapat 2 buah gazebo untuk beristirahat menikmati suasana, selain sebuah warung yang terdapat di sisi sebelahnya. Telaga nilem ini setiap harinya selalu ramai pengunjung, terutama saat siang menjelang sore hari.

Tempat Wisata ini Bikin Anda Ketagihan, Telaga Nilem Kuningan

Fasilitas Di Telaga Nilem

Telaga Nilem adalah salah satu mata air atau kolam alami yang jernih dan sekitarnya hutan yang rimbun membuat lokasi wisata ini sangat asri. Kondisinya sepi dan tidak terlalu ramai. Dingin sekali karena masih wilayah pegunungan tepatnya masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Dasar telaga (danau) ini adalah bebatuan dan kerikil yang banyak ditumbuhi ganggang dan lumut.

Dengan beberapa gazebo yang ada di pinggiran telaga yang terawat baik, membuat kita semakin betah berlama-lama menikati kesegaran dan kesejukan nuansanya.

Telaga Nilem masih boleh untuk dibuat renang, sedangkan beberapa telaga lain kebanyakan tidak diijinkan oleh pengelola dan pemuka adat setempat. Telaga nilem terdapat 2 kolam yaitu dangkal dan dalam. Dangkal sekitar 0-1,2 m, sedangkan yang dalam 0-4 m.

Di dalam kawasan ini hanya ada 1 warung yang jualan makanan dan minuman namun tidak disediakan WC/kamar mandi. WC/kamar mandi masih bisa menumpang di warung/ rumah penduduk di luar atau dekat parkiran kawasan wisata ini.

Rute Menuju Telaga Nilem

Berada di titik perbatasan Cirebon, Majalengka, dan Kuningan membuat tempat wisata ini mudah dijangkau dari mana saja.

Dari Kota Cirebon, Telaga Remis hanya berjarak sekitar 24 km ke arah selatan, sedangkan dari pusat kota Kuningan berjarak 35 km ke arah utara. Lokasi tepatnya Telaga Nilem ini adalah berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Koordinat GPS yang bisa di gunakan yaitu  6° 47′ 17″S,  108° 25′ 8″E.

Yuk kunjungi Telaga Nilem segera, anda pasti akan ketagihan untuk datang lagi dan lagi ke tempat wisata ini.



loading...

Komentar