Wisata Kebun Teh Majalengka – Rute, Daya Tarik, Fasilitas & Tiket

Sudah pernah ke Kebun teh Majalengka Cipasung? Bila belum, yuk ikuti pembahasan kami mengenai obyek wisata eksotis di Majalengka ini. Oya, bagi yang belum tahu, Majalengka adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat bagian timur.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di sebelah utara, Kabupaten Sumedang di sebelah barat. Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis di sebelah utara serta Kabupaten Cirebon dan Kuningan di sebelah timur.

Nah, di wilayah yang berbatasan dengan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis, ada sebuah destinasi wisata Majalengka menarik yang harus Anda kunjungi. Yaitu: Kebun Teh Majalengka Cipasung.

Kebun Teh Majalengka Cipasung

Kebun Teh Cipasung Majalengka

Menuju Kebun Teh Majalengka Cipasung

Obyek Wisata Kebun Teh Majalengka Cipasung terletak di desa Cipasung Kecamatan Lemah Sugih, sekitar 52 Km atau 2 jam berkendara dari pusat kota Majalengka ke sebelah selatan.

Ada dua rute untuk menuju lokasi.  Pertama rute Desa Lemahputih – Borogojol – Cipasung. Kedua jalur Bantarujeg – Cigaleuh – Kalapa Dua – Bangbayang – Cipasung

Bila Anda dari Tasikmalaya, destinasi ini berjarak 48 Km atau dapat ditempuh sekitar 1,5 jam. Dari obyek wisata Pasir Kirisik lurus ke arah Majalengka, lalu belok kiri setelah tugu selamat datang.

Bila dari Bandung, Anda bisa berbelok di Simpang Pamoyanan. Dari sana Kebun Teh bisa dicapai dalam waktu 45 menit atau berjarak sekitar 18 KM.

Sementara rute dari Cirebon ke kebun teh Cipasung dapat Anda lihat melalui tautan ini.

Memang jalur menuju ke sana cukup membingungkan bagi orang baru.  Namun jangan khawatir karena banyak papan petunjuk kok.

Anda juga bisa bertanya pada penduduk lokal.  Bila Anda masih bingung, pake aja panduan Google Map. Dijamin nyampe.. hehe..

Belum tersedia angkutan umum ke sana.  Jadi apabila mau ke sana, kita harus menggunakan kendaraan pribadi.  Oya, karena jalannya masih jelek, akan lebih enak apabila Anda menggunakan kendaraan roda dua.

Pemandangan Yang Indah

Berada di lereng Timur Gunung Cakrabuana, Kebun Teh Majalengka Cipasung menawarkan panorama hijaunya perkebunan yang indah terhampar plus sejuknya udara yang masih terbebas dari polusi.

Anda bisa berjalan-jalan di sela-sela tanaman teh untuk menikmati suasana atau mencari spot bagus untuk berfoto selfie.

Bila sedang beruntung, kita juga akan dapat melihat pemandangan para pekerja yang sedang memetik teh. Cocok bagi destinasi liburan Anda dan keluarga.

Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 58 Hektar dan dikelola oleh sebuah koperasi bernama Koperasi Buana Mukti.  Selain kebun teh, di sini juga didirikan pabrik pengolahan untuk mengolah teh yang telah dipetik.

Pada hari libur biasanya pengunjung yang datang cukup banyak sekitar 50-100 orang perharinya.  Mereka banyak berasal dari kota-kota di sekitar Majalengka seperti Ciamis, Tasikmalaya, Cirebon dan Kuningan.

Saat ini tiket masuknya sebesar Rp10 ribu per orang ditambah Rp5 ribu untuk parkir motor.

Fasilitas Kebun Teh Majalengka Cipasung

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini mushola, kamar kecil/toilet serta warung kecil yang menjual makanan dan minuman yang biasanya dimanfaatkan para pengunjung buat menitipkan kendaraan,.

Nah, ayo ke Kebun Teh Majalengka Cipasung!

Berikan penilaian Anda!