Jalan Braga Bandung, Tempat Asik Malam Mingguan

Jalan Braga Kota Bandung

Jalan Braga Kota Bandung

Jalan Braga | Alampriangan.com – Jalan Braga merupakan nama salah satu jalan utama yang ada di Kota Bandung. Jalan ini sudah terkenal sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda. Dulunya jalan ini dekenal sebagai Parijs van Java yang sampai saat ini masih dipertahankan sebagai maskot dan objek wisata di Bandung.

Tempat Paling Asik Untuk Malam Mingguan

Untuk Anda yang mau menghabiskan malam Minggu di Kota Bandung, Jalan Braga mungkin saja salah satu tempat paling baik untuk malam mingguan. Tidak cuma anak muda, orang-tua juga berbaur di tempat untuk melepas capek.

Di sepanjang jalan Braga kita bisa menemui kompleks pertokoan yang arsitekturnya tetap mempertahankan asitektur masa lampau. Tata letak pertokoan itu ikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perubahan kota Bandung pada saat itu (1920-1940-an) juga sebagai kota mode yg cukup termasyhur seperti kota Paris ketika itu.

Diantara pertokoan itu yang masih tetap menjaga ciri arsitektur lama yaitu pertokoan Sarinah, Apotek Kimia Farma serta Gedung Merdeka (Gedung Asia Afrika yang dulunya yaitu gedung Societeit Concordia).

Jenis tata letak jalan serta gedung gedung pertokoan serta perkantoran yang ada di Jalan Braga juga tampak pada style jalan-jalan lain di seputar Jalan Braga seperti Jalan Suniaraja (dahulu di kenal juga sebagai Jalan Parapatan Pompa) serta Jalan Pos Besar (Postweg) sekarang Jalan Asia-Afrika, yang di bangun pada tahun 1811 oleh Jendral Herman Willem Daendels , di depan Gedung Merdeka.

Sejarah Jalan Braga di Bandung

Pada mulanya Jalan Braga merupakan suatu jalan kecil di depan pemukiman yang cukup sunyi hingga diberi nama Jalan Culik lantaran cukup riskan, juga di kenal juga sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) pada th. 1900-an.

Jalan Braga jadi ramai lantaran banyak usahawan-usahawan terlebih berkebangsaan Belanda membangun beberapa toko, bar serta tempat hiburan di lokasi itu seperti toko Onderling Belang.

Lalu pada dasawarsa 1920-1930-an nampak beberapa toko serta butik (boutique) pakaian yang mengambil jenis di kota Paris, Perancis yang waktu itu adalah kiblat jenis pakaian didunia.

Dibangunnya gedung Societeit Concordia yang dipakai untuk pertemuan beberapa warga Bandung terutama kelompok tuan-tuan hartawan, Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran dan sebagainya di sebagian blok di seputar jalan ini dapat tingkatkan kemasyhuran serta keramaian di Jalan Braga ini.

Tetapi segi buruknya yaitu timbulnya hiburan-hiburan malam serta lokasi lampu merah (lokasi remang-remang) di lokasi ini yang bikin Jalan Braga sangatlah di kenal turis. Dari sinilah arti kota Bandung juga sebagai kota kembang mulai di kenal.

Hingga perhimpunan orang-orang warga Bandung waktu itu bikin selebaran serta pengumuman agar “Beberapa Tuan-tuan Turis baiknya tak berkunjung ke Bandung jika tak membawa istri atau meninggalkan istri dirumah “.

Di banyak daerah serta kota-kota yang berdiri dan berkembang pada saat Hindia Belanda, juga di kenal nama jalan-jalan yang di kenal seperti Jalan Braga di Bandung seperti Jalan Kayoetangan di kota Malang yang juga cukup termasyhur di kalangan beberapa Turis terlebih dari negeri Belanda juga Jalan Malioboro di Yogyakarta serta sebagian ruas jalan di Jakarta.

Tetapi sayangnya nama asli jalan ini tak dipertahankan atau dirubah dari nama pada awal mulanya yang dikira populer seperti Jalan Kayoetangan di kota Malang ditukar jadi Jalan Basuki Rahmat.

Loading...

Tempat Makan yang Harus Dikunjungi di Jalan Braga Bandung

Berkunjung ke Bandung tentu kurang lengkap jika tidak mampir ke Jalan Braga. Di sini Anda akan menemukan banyak tempat makan seperti café atau restorant yang menyajikan menu-menu istimewa. Banyak sekali café yang terkenal di Jalan Braga Bandung, diantaranya adalah:

1. Braga Art Café

Café yang beralamat di Jl. Braga No.68 Bandung, menyajikan berbagai menu makanan ala Eropa maupun Asia. Di sini juga dilengkapi dengan suasana café yang sangat menyenangkan dan sarat akan seni.

Untuk tata ruang atau interior café memakai interior yang sangat tradisional lengkap dengan meja kursi dari kayu. Anda bisa memesan menu ala Eropa maupun Asia dengan suasana café yang tradisional di tengah modern nya kawasan Braga Bandung.

2. La Baraga

Di Jalan Braga Bandung terdapat salah satu café yang bernama La Baraga. Café yang beralamat di Jalan Baraga No.54 Bandung menyajikan menu steak yang sangat lezat.

Tidak hanya menu steak saja, di café ini juga menyediakan menu Mediterania, Asia dan menu-menu Indonesia. Di café ini spesial untuk menu makan malamnya dan di La Baraga juga menyediakan minuman Soju khas Korea.

2. Bandung Suki Restaurant

Ingin menikmati menu masakan ala Jepang dan China? Anda tidak harus jauh-jauh pergi ke Jepang karena di Jalan Braga Bandung ada salah satu restoran dengan menu khas Jepang dan China-nya. Bandung Suki Restaurant yang beralamat di Jl. Braga No.70, Bandung ini memang menjadi favorit bagi para penikmat kuliner negeri Sakura.

Di restoran ini tidak hanya menyajikan menu ala Jepang dan China saja tetapi di sini juga menyajikan menu Asia lainnya dan juga ada menu ala Indonesia juga. Tempatnya yang begitu nyaman membuat restoran ini sangat direkomendasikan untuk pengunjung yang akan melakukan rapat atau acara lainnya.

3. Ayam Penyet Bu Tris

Ingin menikmati menu lokal khas kaki lima Indonesia? Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menemukannya di sini karena di Jalan Braga Bandung juga ada. Ayam Penyet Bu Tris di kawasan Braga sangat terkenal sekali karena rasanya yang begitu lezat.

Tempat makan yang beralamat di Jalan Braga No.60, Bandung ini menyajikan menu khas Indonesia contohnya ayam penyet. Tidak hanya itu saja, tempatnya yang begitu nyaman membuat pengunjung betah sekali untuk menikmati makan malam mereka.

4. North Sea Bar

Tidak hanya tempat makan saja yang wajib dikunjungi di Jalan Braga tetapi tempat hiburan seperti bar atau pub bisa Anda kunjungi bersama teman-teman. North Sea Bar yang beralamat di Jalan Braga No.82, Bandung menyajikan berbagai makanan dan minuman khas bar berkelas. Tidak hanya itu saja, di bar ini Anda juga bisa menikmati live music band yang bisa menambah suasana bar menjadi lebih menyenangkan.

5. The Kiosk

Ingin makan atau sekedar nongkrong di tempat yang asyik, nyaman dan menu makanan dan minumannya halal? Anda bisa mengunjungi The Kiosk. Di sini suasana makan akan lebih menyenangkan karena interiornya yang sangat unik dan menarik. The Kiosk yang beralamat di Jl. Braga Bandung menyajikan menu khas Asia dan Indonesia. Bagi para muslim Anda tidak perlu khawatir karena di sini menu makanan dan minumannya dijamin halal.

6. Classic Rock Café

Classic Rock Café adalah salah satu tempat nongkrong yang bisa Anda kunjungi bersama teman-teman saat mengunjungi kota Bandung. Di sini menu makanannya berupa fusion dan suasana di café ini sangat berbeda sekali. Selain interior café yang klasik, di sini Anda juga bisa menikmati live music band klasik yang membuat café lebih menyenangkan lagi. Buka dari jam 6 sore hingga jam 12 malam, café ini tidak pernah sepi pengunjung. Anda bisa berkunjung di Classic Rock Café yang beralamat di Jl.Lembong, Bandung.

Tidak hanya tempat makan saja yang bisa Anda kunjungi di kawasan Jalan Braga Bandung karena di sini banyak sekali tempat hiburan lainnya. Jika Anda ingin berbelanja, di sini juga ada mall atau outlet baju yang bisa dikunjungi. Selain itu di sini Anda juga bisa berfoto ria bersama keluarga dan teman karena kawasan Braga terdapat bangunan kuno yang bisa dijadikan background.

Nah semoga ulasan tentang Jalan Braga Bandung tersebut bisa bermanfaat untuk anda.



loading...

Komentar