Cibaduyut Bandung – Sejarah, Rute, Produk Sepatu & Harga 2018 4.33/5 (3)

Sedang berkunjung di kota Kembang dan bingung cari oleh-oleh? Kalau iya, maka Cibaduyut Bandung adalah salah satu tujuan yang harus anda singgahi.

Kenapa? karena kawasan ini adalah sentra kerajinan sepatu yang sudah terkenal sejak lama. Pasti Anda sendiri sudah pernah dengar kan?

Banyak barang-barang menarik yang dapat anda beli, baik untuk koleksi Anda sendiri maupun menjadi buah tangan bagi keluarga tercinta.

Nah, seperti apa menariknya Cibaduyut Bandung? Yuk, mari kita ulas semuanya secara tuntas!

Alamat Cibaduyut Bandung

Sentra Sepatu Cibaduyut Bandung

Landmark Cibaduyut Bandung

Pertama-tama yang harus Anda tahu adalah alamat Cibaduyut Bandung.  Cibaduyut sebenarnya adalah nama kelurahan yang masuk ke dalam Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung.

Daerah ini tidak susah dijangkau karena letaknya yang sangat dekat dengan Terminal Leuwi Panjang Kota Bandung.  Hanya sekitar 900 meter.

Jadi, bila Anda menggunakan kendaraan umum, patokannya mudah.  Tuju saja Terminal Leuwi Panjang.  Bisa menggunakan bis Damri ataupun angkot.

Cirinya adalah landmark dua buah sepatu (laki-laki dan perempuan) yang seperti Anda lihat pada gambar di atas.  Di jalan sepanjang sekitar 1 kilometer tersebut berjajar toko-toko sepatu yang memajang dagangannya.

Bila Anda dari stasiun Bandung, untuk menuju ke tempat ini jaraknya sekitar 6,5 kilometer, atau menempuh waktu 20 menit. Sementara bila Anda dari Bandara Husein Sastranegara jaraknya sekita 7,2 kilometer atau 25 menit.

Dengan catatan, kondisi jalan lancar. Hehe.  Faktanya, di hari-hari wiken Bandung selalu dipenuhi kendaraan.

Jika Anda berasal dari luar kota dan menggunakan jalan tol Cipularang ,maka silahkan ambil pintu keluar Tol Kopo. Anda bisa langsung belok kiri menuju jalan bypass.

Dari jalan bypass ambil arah kanan dan lurus hingga menjumpai lampu merah dan terlihatlah tugu sepatu.

Sejarah Cibaduyut Bandung

Status Cibaduyut sebagai sentra kerajinan sepatu memiliki sejarah yang panjang ternyata. Bahkan dimulai sejak masa belum kemerdekaan.

Jadi konon sekitar tahun 1920-an ada sebagian warga Cibaduyut yang bekerja di sebuah pabrik sepatu yang kemudian bangkrut.

Berbekal keahlian yang diperoleh selama bekerja di pabrik tersebut, mereka kemudian mulai merintis usaha pembuatan produk alas kaki sederhana di lingkungan sekitar rumah mereka.

Ternyata usaha tersebut berkembang. Pesanan semakin banyak, yang bahkan membuat mereka kewalahan.  Oleh karenanya mereka kemudian merekrut tetangga dekat untuk membantu mengerjakan pesanan.

Inilah awal mula meyebarnya keahlian membuat sepatu di antara warga Cibaduyut.

Baca juga:

Sampai tahun 1940 tercatat terdapat 89 unit pengrajin sepatu.  Pada tahun 1950 jumlahnya meningkat menjadi 250 unit usaha sepatu.

Banyaknya unit usaha pengrajin sepatu menyebabkan daerah ini dikenal sebagai sentra pembuatan sepatu terbesar di Bandung pada tahun 1978.

Semakin berkembangnya daerah ini mendorong Pemerintah untuk menjadikannya sebagai tujuan wisata pada tahun 1989.  Produknya pun tidak lagi terbatas pada sepatu, tetapi barang asesoris lain yang terbuat dari kulit seperti tas, jaket dan lainnya.

Cibaduyut mulai meredup pada saat krisis moneter tahun 1998. Selanjutnya derasnya sepatu impor memasuki tahun 2000-an semakin mendesak usaha ini.

Namun perlahan mulai bangkit kembali. Kini, sentra sepatu tersebut sudah kembali ramai oleh pengunjung terutama di setiap wiken dan hari libur.

Cibaduyut Bandung Shoping sudah menjadi tujuan wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Paris Van Java.

Sepatu Cibaduyut

Daya tarik utama Cibaduyut Bandung bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah sebagai sentra produksi kerajinan sepatu.

Cukup banyak factory outlet yang memadati wilayah ini. Kualitasnya tidak kalah dengan brand terkenal seperti Nike, Adidas dan lain-lain.

Sepatu Cibaduyut

Sepatu Cibaduyut (Cibaduyut Bandung Shoes)

Pada musim liburan atau pada akhir pekan sudah dipastikan Anda akan terjebak kemacetan karena wilayah ini dibanjiri kendaraan-kendaraan dari luar maupun dalam kota Bandung.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi kawasan ini, pastikan datang diantara pukul 08.00 hingga pukul 22.00 WIB atau Anda hanya akan melihat hamparan toko yang tutup.

Keistimewaan Cibaduyut Bandung yang tidak dapat dijumpai di tempat lain adalah pengunjung bisa memilih berbagai model sepatu bahkan bisa juga memesan model sepatu sesuai keinginan sendiri.

Harga Sepatu di Pasar Cibaduyut

Harga sepatu Cibaduyut tentu bervariasi. Dan inilah seninya. Di sini Anda bisa mencoba mengukur seberapa tinggi kemampuan Anda dalam hal tawar menawar.

Jika Anda tidak pandai menawar maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga sepatu terlalu mahal. Jangan takut untuk menawar bahkan mulai dari sepertiga dari harga yang ditawarkan oleh penjual.

Kualitas Sepatu Cibaduyut Bandung

Kualitas sepatu karya pengrajin sepatu di Cibaduyut Bandung sangat bisa dibandingkan dengan sepatu-sepatu bermerk di luaran. Sepatu yang diproduksi oleh pengrajin disini terkenal uptodate dan memiliki desain yang selalu mengikuti mode sesuai jaman.

Pemerintah Indonesia baik pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah sangat mendukung terhadap produksi sepatu di kawasan ini.

Melalui produksi sepatu Cibaduyut yang sangat besar dapat berpengaruh dalam mengangkat nama serta dalam hal promosi nama besar Indonesia di kancah dunia.

Melalui sepatu, Indonesia dapat membuktikan bahwa masyarakatnya dapat memproduksi produk yang memiliki kualitas dan model yang tidak kalah dengan berbagai jenis sepatu produksi luar negeri.

Hand Made Shoes atau sepatu yang secara manual dibuat oleh tangan manusia ini telah diekspor ke hampir 27 negara di dunia.

Pasar utama sepatu Cibaduyut ini adalah Amerika Serikat dengan presentasi hampir 46,16 persen.

Digunakan Para Tokoh

Hal yang menjadi viral dan fenomenal belakangan lalu adalah ketika Presiden Indonesia Joko Widodo dan juga Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla juga menggunakan sepatu karya anak bangsa asli Cibaduyut Bandung.

Jokowi memakai sepatu cibaduyut

Presiden Jokowi memakai sepatu Cibaduyut (sumber: Liputan6)

Bahkan Wakil Presiden Indonesia ini memperkenalkan sebuah produk Cibaduyut secara terang-terangan dalam sebuah kesempatan di Televisi. Sepatu tersebut menggunakan merk yang diambil dari nama beliau yaitu JK Collection.

Aneka Produk Fashion

Selain sepatu, Anda juga bisa menemukan bermacam model dompet kulit dengan kualitas tinggi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Jenis kulit yang digunakan pun beragam seperti kulit sapi, kulit domba, kulit ular, kulit buaya bahkan menggunakan kulit sintetis.

Anda dapat memilih jenis kulit yang Anda suka dan sesuaikan dengan kemampuan ekonomi Anda masing-masing karena setiap jenis kulit memiliki harga yang berbeda-beda satu sama lain.

Kemudian Anda juga dapat menemukan aneka tas dari mulai tas sekolah hingga tas pesta yang cantik dan sangat mirip dengan tas mewah luar negeri tentu saja harganya jauh lebih murah dibandingkan tas-tas bermerk di luaran.

Maka jika Anda mengunjungi Bandung jangan lupa untuk mengunjungi Cibaduyut Bandung dan rasakan surga belanja asli Indonesia.

Yuk!

Berikan penilaian Anda!