6 Fakta Menarik Tentang Jembatan Barelang Batam

6 Fakta Menarik Tentang Jembatan Barelang Batam 4/5 (1)

Selain identik dengan harga barang impor yang murah, Batam juga dikenal dengan Jembatan Barelang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Menyebut nama Pulau Batam, tidak bisa lepas dari jembatan yang menghubungkan tiga pulau sekaligus ini.

Bukan sekadar penghubung antar pulau yang memangkas waktu tempuh dan tak lagi harus menyeberang dengan perahu. Jembatan Barelang kini juga dikenal sebagai tempat wisata di Batam yang menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Indahnya pemandangan matahari terbit di Jembatan Barelang membuat tempat ini semakin populer. Karena fakta ini pula, sewa mobil di Batam selalu ramai diburu wisatawan.

Karena memang tak banyak kendaraan umum yang sudah beroperasi sepagi itu untuk membawa ke Jembatan Barelang. Nah, setelah cek harga sewa mobil Batam, sekarang mari simak fakta-fakta menarik dari jembatan ini.

jembatan barelang batam

Jembatan Barelang Batam (foto: pu.go.id)

Nama Barelang Merupakan Singkatan

Nama jembatan ini bukanlah sebuah kesatuan atau istilah, melainkan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang. Sekumpulan jembatan ini, kemudian disebut sebagai Barelang yang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Baca juga  Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Yogyakarta

Dibangun Atas Prakarsa Mantan Presiden RI B.J Habibie

Jembatan Barelang dibangun pada tahun 1992 hingga 1998 atas prakarsa Mantan Presiden B.J Habibie. Karena hal inilah, sebagian masyarakat Batam dan pulau yang terhubung oleh Jembatan Barelang juga menyebutnya sebagai Jembatan Habibie.

Merupakan rangkaian 6 Buah Jembatan

Jembatan  Barelang terdiri dari enam buah rangkaian yang menghubungkan 6 pulau dengan Batam sebagai pusatnya. Semua jembatan tersambung dengan Trans Barelang yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya sepanjang jalur 54 kilometer.

jembatan barelang batam

Pengunjung Jembatan Barelang (foto:batambanget.com )

Masing-Masing Jembatan Punya Nama Resmi

Meski dikenal dengan nama Barelang, namun sebenarnya keenam jembatan ini punya nama resmi sendiri-sendiri, lho. Jembatan I yang terbesar dan terpanjang bernama Jembatan Tengku Fisabilillah.

Jembatan II bernama Nara Singa, Jembatan III bernama Raja Ali Haji, Jembatan IV bernama Sultan Zainal Abidin, Jembatan V bernama Tuanku Tambusai dan Jembatan VI bernama Raja Kecik.

Jembatan Barelang Jadi Favorit Untuk Lihat Sunrise

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Jembatan Barelang adalah tempat terbaik untuk melihat sunrise. Dari keenam jembatan, khususnya di Jembatan Barelang I yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Merupakan jembatan yang paling panjang dan terbesar dari 5 jembatan lainnya. Pemandangan dari sisi Jembatan menjadi favorit para pengunjung.

jembatan barelang batam

Eksotisme Jembatan Barelang Batam (foto:datajembatan.com)

Banyak Tempat Kuliner Seafood Lezat di Sekitar Jembatan Barelang

Setelah puas memandang matahari terbit yang cantik, isi perut dulu dengan aneka olahan seafood buat sarapan. Kapan lagi sarapan hidangan laut yang segar jika bukan di Batam. Banyak resto atau warung yang menyediakan seafood di sekitar Jembatan Barelang. Pilih saja salah satu sesuai dengan selera.

Baca juga  4 Destinasi Wisata Pulau Biak Papua Yang Menawan Hati

Selain melihat sunrise, kawasan di sekitar Jembatan Barelang juga menyajikan pemandangan sunset yang indah. Ketika malam menjelang, lampu yang menghias jembatan ini membuat pemandangannya jadi lebih cantik.

Jembatan Barelang Batam
Cantik bukan? (foto:kemenpar.go.id)

Keindahan yang tersaji di kawasan Jembatan Barelang membuat warga Batam sangat bangga dengan ikon kota ini. Kalau liburan ke sana, jangan lupa cek harga sewa mobil Batam dan kunjungi landmark kebanggaan Batam secara langsung.

Jangan lupa mengabadikan momen selama berada di Jembatan Barelang dan bagikan ke media sosial. Biar lebih banyak yang tahu keindahan jembatan ini, dan membuat nama Jembatan Barelang makin mendunia.

Yuk, liburan ke Jembatan Barelang!

Berikan penilaian Anda!