4 Museum Kelautan di Jakarta, Wisata Sembari Belajar Sejarah Maritim di Indonesia

4 Museum Kelautan di Jakarta, Wisata Sembari Belajar Sejarah Maritim di Indonesia 1
Museum Bahari Jakarta

Jakarta menyuguhkan beragam wisata yang begitu menggoda untuk dikunjungi satu per satu. Termasuk juga jajaran museumnya, ada banyak juga yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih plus spot foto. Tujuannya tentu saja untuk tambah menyedot wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia, pun warga Medan.

Warga Medan yang memiliki rencana jalan-jalan ke Jakarta, bisa langsung cek tiket pesawat medan Jakarta di Traveloka. Dengan hanya mengecek tiket di Traveloka kamu akan mendapatkan banyak manfaat, mulai dari pilihan armada, rute pesawat, jadwal penerbangan, dan yang paling krusial adalah harganya.

Tidak jarang, perusahaan yang menyediakan jasa booking tiket secara online ini juga berbaik hati menawarkan promo-promo dengan harga menarik.

Masalah tiket selesai, kali ini akan diberikan rekomendasi museum bertema kelautan di Jakarta. Tidak hanya sekadar refreshing atau foto-foto saja, namun jug untuk memperdalam ilmu kemaritiman.

1. Museum Bahari

Museum Bahari menyimpan berbagai macam koleksi jejak-jejak peninggalan bahari di masa lampau. Contohnya saja adalah perahu, kapal tradisional, baik itu asli atau replika dari berbagai wilayah Indonesia. Ada milik Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat berbagai benda koleksi TNI AL, kartografi, tokoh-tokoh maritim Nusantara, dan lain sebagainya. Sebelum menjadi museum, tempat ini awalnya adalah kompleks gudang VOC sebagai tempat penyimpanan hasil bumi dan komoditi utama lainnya.

Alamat Museum Bahari berada di Jl. Pasar Ikan No. 1, Penjaringan, Jakarta Utara. Jam bukanya mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 16.00 WIB. Setiap hari Senin tutup ya, catat baik-baik supaya tidak terlanjur datang dan tutup sampai di sana.

2. Marine Heritage Gallery

Selanjutnya adalah Marine Heritage Gallery yang diprakarsai dan dibuka oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti atau yang akrab disapa Bu Susi. Di dalamnya menampilkan berbagai artefak dari berbagai penjuru perairan di Nusantara yang diambil dari benda muatan kapal tenggelam atau yang disebut juga dengan BMKT.

Untuk koleksinya sendiri beragam, ada piring , mangkuk, gelas, vas, artefak kaca, tembikar dan lain sebagai yang diperoleh dari bawah laut. Alamat Marine Heritage Gallery ini berada di Gedung Mina Bahari IV, Lantai 2, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jam operasionalnya mulai dari 09.00 sampai dengan 14.30 WIB.  

3. Museum Maritim Indonesia

Banyak yang menyangka jika Museum Maritim adalah Museum Bahari, padahal bukan. Ini merupakan museum yang dibuka tahun 2019. Jika Museum Bahari memiliki koleksi kapal, perahu, dengan berbagai gaya dari zaman dahulu hingga sekarang, Museum Maritim beda. 

Koleksi di dalam Museum Maritim antara lain berbagai foto pelabuhan dan kelautan mulai dari tahun 1850, pasca revolusi industri sampai tahun terbaru. Tidak hanya foto, banyak juga lukisan, senjata angkatan laut, dan lain-lain. Alamat museum ini berada di Jl. Raya Pelabuhan No. 9, Priok, Kota Jakarta Utara. Jam bukanya pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB, setiap Selasa-Jumat. Sementara untuk Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

4. Museum Taman Arkeologi Onrust

Satu lagi yang bisa kamu kunjungi, sedikit jauh dari pusat kota Jakarta, yakni ada Museum Taman Arkeologi Onrust. Ini merupakan tempat wisata yang dikelola oleh UP. Museum Kebaharian Jakarta. Lokasinya berada di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Tempat ini dibagi menjadi empat pula. Ada Pulau Bidadari, Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan satu lagi Pulau Onrust.

Di tempat ini kamu bisa menyaksikan sisa-sisa bangunan bersejarah dari masa VOC yang juga menjadi bukti aktivitas maritim di wilayah utara Jakarta di masa lalu. Kamu masih bisa melihat galangan-galangan kapal di sekitar wilayah ini. Tempatnya terbilang asri, masih banyak pohon dikombinasikan dengan laut, banyak jadi pilihan weekend getaway warga Jakarta dan sekitarnya.

Bagi kamu yang sangat tertarik dengan dunia maritim atau kelautan, empat wisata di Jakarta itu bisa segera dikunjungi ya. Ilmu pengetahuan bertambah, penat di dalam pikiran bisa berkurang setelah jalan-jalan. 

Komentar ditutup