Mengenal Konsep Rumah Double Decker dan Keuntungannya

Mengenal Konsep Rumah Double Decker dan Keuntungannya 1

Seiring bertambahnya preferensi tempat tinggal masyarakat, berbagai inovasi khususnya dari sisi arsitektur pun dikembangkan oleh berbagai profesional dan developer properti.

Hal tersebut menyangkut pula konsep arsitektur dengan desain minimalis yang populer diaplikasikan di setiap proyek perumahan di zaman modern sekarang.

Bicara tentang inovasi konsep arsitektur desain minimalis, sebuah konsep bernama double decker menjadi perbincangan dalam beberapa tahun terakhir.

Sejumlah perumahan modern, misalnya saja perumahan BSD City banyak mengusung konsep double decker ini dalam produk-produk huniannya. Sebut saja desain perumahan BSD City di Cluster Whelford dan Cluster Lavon.

Lalu, apa itu konsep double decker?

Dikenal juga dengan nama two level infrastructure, konsep double decker merupakan pengembangan dari konsep arsitektur hunian minimalis dimana memisahkan struktur dan fungsi lantai.

Struktur lantai menjadi sorotan tersendiri di mana konsep ini memisahkan antara lantai utama dengan area parkir. Secara sederhananya, lantai utama dibuat lebih tinggi strukturnya.

Memiliki karakteristik arsitektur dengan orientasi pengembangan vertikal, konsep double decker tersebut dapat diaplikasikan kepada hunian-hunian dengan luas lahan yang minim dan efisien.

Keuntungan Rumah Berkonsep Double Decker

Ditinjau dari sisi struktur bangunannya, pemisahan antara lantai yang diadopsi pada konsep bangunan double decker ini memunculkan sejumlah keuntungan tersendiri bagi penghuninya.

Tingginya lantai utama dari area jalan memunculkan sifat preventif ketika bencana banjir datang dimana dapat meminimalkan debit air yang masuk ke dalam hunian.

Konsep double decker ini pada dasarnya sangat baik diaplikasikan khususnya untuk lokasi-lokasi hunian yang tergolong sebagai titik banjir atau rentan dengan bencana banjir.

Dari perspektif yang sama juga, perbedaan letak lantai utama dengan area jalan juga secara preventif dapat meminimalkan polusi udara dari mobilisasi kendaraan pribadi para tetangga.

Tidak hanya meminimalkan, tujuan utamanya yakni untuk memberikan suplai udara bersih yang maksimal ke dalam hunian Anda.

Keuntungan ini juga melandasi pengembangan proyek hunian cluster prestisius di kawasan BSD City yang mana rata-rata penghuninya memiliki kendaraan pribadi dengan mobilitas tinggi.

Komentar ditutup