Pantai Sayang Heulang – Info Lokasi, Rute, Tiket & Penginapan 4/5 (1)

Pantai Sayang Heulang adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sebagaimana karakteristik pantai-pantai di wilayah selatan lainnya, obyek wisata ini menawarkan pesona keindahan yang sayang untuk ditinggalkan.

Keindahan tersebut tak hanya berasal dari pemandangan sekitar pantai saja, tetapi juga air lautnya yang jernih dan bersih.  Menjadikan pesona dari pantai perawan ini sebagai pilihan berlibur yang harus masuk dalam agenda kamu.

Akses Lokasi Menuju Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang Garut

Pantai Sayang Heulang Garut

Akses menuju lokasi Pantai Sayang Heulang terbilang cukup menantang dan butuh perjuangan.

Untuk sampai ke lokasi kamu bisa ambil jalur menuju Kabupaten Cikajang. Jalanan yang berkelok dengan perbukitan kebun teh akan kamu lalui.

Rute Pantai Sayang Heulang Garut Selatan sendiri sama seperti rute menuju Pantai Santolo. Disana kamu akan menemui gapura masuk ke lokasi pantai. Setelah itu jalanan terjal dan berlubang akan kamu lalui.

Namun untuk bisa sampai ke lokasi sekali lagi perjuangan kamu akan diuji. Memang tak mudah, kamu harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak yang ada.

Namun jangan kuatir semua perjuangan kamu tak akan sia-sia, dengan suara deburan ombak yang begitu keras, menandakan lokasi pantai tak jauh lagi untuk bisa kamu temui.

Lokasi pantai yang bersebelahan dengan Pantai Santolo ini begitu nyata dalam menyajikan keindahannya.

Selain menyaksikan keindahan dari pantai Heulang, kamu juga bisa sedikit bergeser ke Pantai Santolo cukup dengan menggunakan perahu rakit yang sudah disediakan.

Selain dapat menikmati keindahan pantai Heulang, kamu juga dapat menikmati keindahan dari Pantai Santolo.

Mitos Pantai Sayang Heulang

Sayang Heulang, dalam bahasa Indonesia berarti “sarang burung elang”.  Sebagaimana proses penamaaan di tempat-tempat lain, yang sering disebabkan sebuah peristiwa, bisa jadi, dulunya pernah ditemukan sarang burung elang di pantai ini.

Keindahan Pantai Sayang Heulang

Jika berbicara mengenai keindahan Pantai Sayang Heulang di Garut mungkin tak cukup kata untuk menggambarkannya.

Pesona keindahan pantai yang masih begitu terjaga.  Air lautnya yang masih sangat jernih dan berwarna biru membuat keindahan semakin nyata untuk kamu saksikan.

Pemandangan sekitar pantai pun menambah daya tarik tersendiri. Keindahan juga nampak terlihat dari bentangan karang besar yang menjorok ke sisi laut.

Disaat air laut surut, kamu bisa berjalan dan menikmati keindahan pantai dimana kamu juga akan menemui banyak ikan yang terjebak di bawah genangan air di batu karang.

Hunting Foto di Pantai Sayang Heulang

Lokasi pantai selalu menyimpan keindahan tersendiri bagi kamu yang suka dengan kegiatan hunting. Kali ini hunting foto dapat kamu lakukan di Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat.

Sebagai lokasi pantai terdekat, maka selain menawarkan keindahan pesonanya, kamu juga tak perlu jauh menemukan lokasi hunting foto terbaik.

Disini kamu bisa menemukan berbagai tempat atau spot menarik untuk hasil foto yang unik. Saat air surut kamu bisa ambil moment diatas batu karang yang ada disepanjang garis pantai.

Pemandangan disini begitu indah, dengan background laut dibelakang, kecantikan awan di siang atau sore hari juga bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan foto yang lebih cantik.

Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

Untuk harga tiket masuk Pantai Sayang Heulang sendiri gratis, kamu cukup membayar iuran di kotak yang sudah disediakan oleh warna.

Selain belum disediakan loket pembayaran tiket masuk, lokasi pantai ini juga belum dijaga secara maksimal sehingga pengunjung pun bebas keluar masuk lokasi wisata.

Sedangkan untuk jam buka pantai sendiri dibuka secara full alias tidak ada peraturan yang menyebutkan jam berapa lokasi dibuka dan ditutup.

Jadi untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat maka bisa datang kapan saja.

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang

Meskipun pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati, namun fasilitas yang dimilikinya belum bisa dikatakan memadai.

Di lokasi pantai, berbagai fasilitas nampak masih belum tersedua, sehingga para pengunjung pun harus menyediakan segala keperluannya sendiri.

Minimnya fasilitas di pantai ini mungkin disebabkan salah satunya dari faktor ketersediaan listrik yang hanya menyala 12 jam dalam sehari. Di sepanjang jalan menuju lokasi, terlihat belum disediakan penerangan jalan.

Namun, fasilitas seperti kamar mandi, air bersih, warung makan dan tempat parkit pun sudah ada.  Meskipun belum 100% memuaskan.

Pantai ini menyediakan area perkemahan yang bisa dijadikan sebagai lokasi camping yang cukup ideal.

Penginapan di Pantai Sayang Heulang Garut

Bagi kamu ingin mencari tempat menginap, jangan khawatir. Tersedia beberapa penginapan bisa kamu sewa dengan harga yang cukup terjangkau.

Salah satunya bisa mencari di blog ini.

Tips Berlibur di Pantai Sayang Heulang

Untuk kamu yang ingin berlibur ke Pantai Sayang Heulang di Pameungpeuk Garut, maka sebaiknya siapkan segala kebutuhanmu selama disana.

Selain fasilitas yang belum memadai, kamu juga tidak perlu repot jika sewaktu-waktu membutuhkan keperluan selama liburan.  Kamu bisa membawa makanan, minuman, obat-obatan, dan lainnya dari rumah.

Selain itu, kamu harus berhati-hati selama menuju perjalanan ke lokasi pantai. Jalanan perbukitan yang tajam membuat kendaraan harus benar-benar memiliki performa yang maksimal.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan roda dua agar semakin mudah menuju lokasi Pantai Heulang Kabupaten Garut.

Itulah ulasan tentang wisata Pantai Sayang Heulang Kota Garut yang bisa kamu jadikan sebagai tempat liburan yang seru dan pastinya menyenangkan.

Bagi kamu yang suka eksplor lokasi wisata disejumlah daerah, maka saat berkunjung ke Garut jangan lewatkan pesona keindahan dari pantai yang satu ini.

Berikan penilaian Anda!