Pantai Tanjung Baru Karawang, Keindahan Yang Belum Termanfaatkan

Pantai Tanjung Baru Karawang, Keindahan yang Belum Termanfaatkan

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal memiliki pantai-pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Baru.

Sayang, meskipun meskipun memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan lebih baik lagi, saat ini pengelolaan pantai ini belum maksimal.

Menuju Pantai Tanjung Baru

Pantai ini berlokasi di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang.  Tepatnya di desa Pasir Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang.

Rute yang bisa ditempuh jika anda dari arah Subang adalah melalui pertigaan Cikalong Jatisari, Cilamaya, Pasar Clamaya belok ke kiri terus ke arah Tempuran.

Nantinya anda akan menemukan petunjuk arah ke Pantai Tanjung Baru ke arah kanan dan menemukan Kantor Desa Pasir Jaya sebagai tempat pembayaran tiket masuk.

Kalau lewat Karawang Kota, di perempatan Johar anda bisa lurus ke Jalan Syech Quro, Telagasari dan sampai di Pasar Telagasari. Dari sini anda bisa belok kiri menuju Tempuran untuk melewati areal persawahan yang luas di jalan Layapan.

Nah dari Jembatan Pegadungan belok kanan untuk menyusuri Jalan Tempuran Cilamaya hingga menemukan perunjung arah Pantai Tanjung Baru.  Kemudian belok kiri lurus ke arah Desa Pasir Jaya.

Baca juga  Kenali Prospek Investasi Properti di 3 Wilayah Penyangga Ibukota Ini!

Sejarah Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru
Pantai Tanjung Baru/facebook

Pantai ini kabarnya berasal dari pembabatan hutan baku yang berada di sepanjang pantai. Maka tidak heran jika panti ini punya warna air yang keruh dan endapan lumpur di beberapa bagian.

Jika dibandingkan dengan dahulu, kondisi sekarang pantai ini jauh dari kata baik. Sampah atau kotoran terlihat dimana-mana. Ini membuat kita merasa miris sebab banyak fasilitas pantai yang terbengkalai, tidak terurus dan rusak.

Pengunjung juga sepi tidak seramai dulu lagi. Hanya ada beberapa penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan atau siswa siswi yang sekadar bermain di pantai itu.

Ada bangunan yang dibiarkan tidak terurus. Warung-warung makan yang biasanya berjejer sudah tidak terlihat lagi. Menurut cerita penduduk setempat, bangunan tersebut rusak terendam air laut.

Terlepas dari kekurangannya ini itu, pantai ini cukup populer menjadi tempat hiburan melepas lelah oleh warga Karawang. Pengunjungnya juga datang dari berbagai daerah seperti misalnya Subang, Purwakarta, Bekasi dan lain sebagainya.

Fasilitas di Pantai Tanjung Baru

Selain warung makan tradisional, anda bisa menemukan beberapa fasilitas sederhana yang menunjang keindahan Pantai Tanjung Baru seperti panggung hiburan, pasar tradisional, penginapan sederhana, penyewaan perahu tradisional serta sarana bilas air bersih.

Jika tidak untuk berenang, naiklah perahu dengan tarif yang tergolong murah. Sementara jika anda ingin menginap, di sekitar lokasi wisata sudah tersedia penginapan-penginapan yang bisa anda sewa.

Baca juga  Mengenal Pohon Selasihan, Wangi dan Bikin Kuat

Baca juga:

Di pantai ini Anda juga bisa menyantap seafood di warung-warung makan yang ada di sekitar lokasi wisata. Bisa pula menyewa perahu milik nelayan jika ingin sejenak menikmati santai di atas perahu.

Panggung hiburannya sesekali mengadakan pertunjukan hiburan seperti orkes. Terutama pada momen atau perayaan-perayaan hari tertentu oleh masyarakat setempat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Tanjung Baru

Jika ingin menikmati suasana di pantai ini, anda hanya dikenakan harga tiket masuk Rp. 10.000/ motor. Namun, ada beberapa pengalaman dari pengunjung yang ternyata ketika datang di lokasi wisata tidak ada petugas atau penjaga.

Anda bisa mengunjunginya dari mulai hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Namun karena kondisinya yang kurang menarik, pengunjung tergolong sepi untuk datang ke pantai ini.

Tips Berlibur di Pantai Tanjung Baru

Jika anda hanya ingin melepas penat setelah bekerja, anda bisa berkunjung ke pantai ini. Namun jika anda ingin berenang dan menikmati wahana air, bukan tidak bisa. Anda tetap bisa melakukannya di pantai Tanjung Baru, namun kondisinya tidak seberapa bersih.

Fasilitasnya juga tidak sebanyak dan sebagus di pantai-pantai lain, anda bisa mempertimbangkannya dulu. Untuk akses lokasi memang tergolong cukup rumit namun anda bisa menyanyakannya dari warga setempat, sebab pantai ini cukup dikenal di daerahnya. Bawalah bekal untuk dinikmati di lokasi wisata jika anda tidak ingin makan seafood.

Baca juga  Mengenal Pohon Cendana - Penyebaran, Kharakteristik & Manfaat

Bawalah perlengkapan sabun, tissue dan kebersihan lainnya. Meskipun anda akan menemukan kotoran dan sampah disana sini, pastikan anda tidak turut menyumbang sampah.

Jagalah kebersihan diri dan lingkungan di lokasi wisata. Anda bisa meminta bantuan warga setempat jika ingin menaiki perahu dan menikmati suasana dari atas perahu.

Itulah ulasan dan gambaran mengani kondisi Pantai Tanjung Baru. Jika melihatnya langsung, sangat disayangkan pantai dengan potensi keindahan ini harus tidak terurus atau terbengkalai.

Diharapkan pemerintah dan juga warga setempat memiliki kepedulian akan pantai ini. Karena jika diperhatikan betul, pantai ini juga bsia menjadi pusat perekonomian warga.

Jalan yang berpasir dan berbatu membuat pantai ini semakin sulit dikunjungi. belum lagi tidak konsistennya petugas atau penjaga setempat dalam memberlakukan tiket masuk.

Anda bisa membagikan informasi ini kepada masyarakat lain untuk menumbuhkan kepeduliannya.

Pantai Tanjung Baru Karawang, Keindahan yang Belum Termanfaatkan
Pantai Tanjung Baru Karawang, Keindahan yang Belum Termanfaatkan 1

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal memiliki pantai-pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Baru. Sayang, meskipun meskipun memiliki

Editor's Rating:
3