10 Tempat Wisata di Bandung Timur Paling Menakjubkan

Tempat Wisata di Bandung Timur | Alampriangan.com – Potensi wisata di Kabupaten Bandung memang sudah tak diagukan lagi akan keindahan serta keeksotisannya. Kalian pasti udah tahu tempat-tempat wisata yang ada di Lembang, Bandung barat atau Ciwidey yang ada di Bandung Selatan. Akan tetapi sudahkah kalian mengetahui dan menjelajahi tempat-tempat wisata di Bandung Timur?

Memang kebanyakan Tempat Wisata di Bandung Timur masih belum begitu populer dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan lokas maupun asing. Namun bukan berarti tidak ada yang seru, malahan cukup banyak yang wajib untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata Bandung Timur memiliki keunikan tersendiri yang gak akan membuat kalian bosan.

Nah apa saja tempat wisata di Bandung Timur yang menakjubkan dan dimana saja tempat-tempat tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut masri kita simak ulasan tentang Tempat Wisata di Bandung Timur berikut ini:

1. Curug Cinulang

Curug Cinulang

Curug Cinulang

Tempat Wisata di Bandung Timur Paling Menakjubkan yang pertama adalah Curug Cinulang. Dimana destinasi wisata unik ini berada di antara dua, yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Lokasi Curug Cinulang memang masih cukup tersembunyi dan banyak orang yang belum mengetahuinya, karena berada di kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi.

Dibutuhkan tenaga ekstra jika ingin mengunjungi Curug Cinulang yang memang lokasinya cukup tersembunyi di dalam hutan. Akan tetapi untuk keindahan serta keunikan air terjun Curug Cinulang ini jangan ditanya lagi. Kalian akan melihat langsung dua air terjun yang jatuh berdampingan. Dan untuk fasilitas di lokasi wisata ini memang masih belum ada.

2. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek

Curug Batu Templek

Jika Curug Cinulang yang letaknya tersebunyi dan belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang, sebaliknya untuk Curug Batu Templek. Dimana lokasi Curug Batu Templek ini cukup dekat dengan lapas sukamiskin. Selain itu disekitar Curug Batu Templek sudah tersedia beberapa penginapan dan juga fasilitas penunjang lainnya seperti restoran dan kafe serta tempat parkir.

Salah satu daya tari dari Curug Batu Templek ini adalah suasananya yang masih asri dan alami yang biasa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bersantai. Banyak wisatawan yang datang dari kota – kota besar berlibur ke Curug Batu Templek ini hanya untuk sejenak melepas penat dan refresing. Jadi tak heran jika tempat ini cukup ramai pada akhir pekan atau musim liburan.

3. Situ Cisanti

Situ Cisanti

Situ Cisanti

Situ Cisanti berada di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Menjadi istimewa karena di sini lah terletak hulu sungai Citarum, salah satu sungai paling berpengaruh bagi masyarakat Jawa Barat.  Di tempat ini terdapat pula situs sejarah yang berkaitan dengan pelarian Dipati Ukur.

Sempat rusak karena perambahan hutan yang marak pada awal tahun 2000-an, Situ Cisanti kembali dibangun sebagai tujuan wisata seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hulu Citarum sebagai salah satu mata rantai paling penting dalam tata air di wilayah Bandung Selatan.

Untuk menuju ke lokasi ini memang cukup memerlukan perjuangan karena lokasinya yang cukup jauh.  Kondisi jalan saat ini relatif bagus, khususnya bila Anda melalui jalur Bandung – Ciparay – Kertasari.  Anda jiga bisa melalui jalur Bandung – Banjaran – Pangalengan – Kertasari, namun jalannya relatif masih jelek.  Meski begitu, Anda akan disuguhi pemandangan perkebunan Pangalengan yang mempesona sepanjang jalan.

4. Kampung Bamboo

Kampung Bamboo

Kampung Bamboo

Kampung Bamboo merupakan destinasi wisata Bandung Timur yang mengusung tema back to nature. Dimana sesuai dengan namanya yakni Kampung Bamboo, maka tempat ini lebih menonjolkan konservasi bambu. Dapat dikatakan di tempat wisata unik ini kalian akan menjumpai bergam wahana serta fasilitas yang terbuat dari bamboo.

Banyak kegiatan yang dapat kalian lakukan saat berkunjung ke Kampung Bamboo, antara lain seperti outbond dan juga camping. Uniknya kalian juga dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan alat musik tradisional sunda yaitu karinding. Selain liburan kalian juga akan mendapatkan edukasi tentang pembuatan alat musik di Kampung Bamboo ini.

5. Manglayang Jungle Place

Manglayang Jungle Place

Manglayang Jungle Place

Manglayang Jungle Place adalah salah satu destinasi wisata terpadu yang ada di kawasan Bandung Timur. Dimana lokasi wisata yang satu ini sangat layak untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Fasilitas yang ada di Manglayang Jungle Place dapat dikatakan sangat lengkap dimana sudah ada waterboom, outbond, camping area, wisata kuliner, wisata edukasi dan budaya.

Selain itu, di Manglayang Jungle Place kalian juga dapat mengadakan sebuah acara untuk gathering ataupun acara pertemuan lainnya. Manglayang Jungle Place  berada di Jalan Cilengkrang 1, Cilengkrang, Kabupaten Bandung timur dan buka setiap hari mulai Jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Untuk harga tiket masuk Manglayang Jungle Place hanya sebesat 10 ribu rupiah per orang.

6. Bukit Teletubbies Cicalengka

Bukit Teletubbies Cicalengka

Bukit Teletubbies Cicalengka

Dilihat dari namanya saja, pasti kalian akan teringat dengan serial televisi anak – anak yang populer beberapa tahun silam. Keindahan bukit – bukit yang ada di Cicalengka ini dapat dikatakan memang sama persis dengan bukit yang ada di serial tv tersebut. Bukit Teletubbies ini letaknya masih dalam kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi.

Dengan begitu lokasi dari Bukit Teletubbies ini masih cukup dekat dengan Curug Cinulang. Jadi saat kalian berlibur ke Curug Cinulang, pastikan kalian juga berkunjung ke Bukit Teletubbies. Kegiatan yang dapat kalian lakukan Bukit Teletubbies ini cukup banyak seperti berkemah, bersantai atau mencari spot yang bagus untuk foto selfie.

7. Taman Oray Tapa

Taman Oray Tapa

Taman Oray Tapa

Tempat wisata di Bandung timur kebanyakan memang didominasi oleh tempat – tempat untuk bersantai menikmati alam dan salah satunya adalah Taman Oray Tapa. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kalian yang hobi berkemah di alam terbuka dengan suasana yang sejuk. Letak Taman Oray Tapa ini berada di ketinggian sekitar 700 mdpl dan masih merupakan kawasan Gunung Mangkayang.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, maka Taman Oray Tapa tentunya memiliki hawa sejuk yang sangat pas untuk camping. Selain itu di Taman Oray Tapa juga terdapat sebuah mata air yang konon muncul secara misterius dan tidak mengering meskipun pada saat musin kemarau. Lebih menariknya lagi dari Taman Oray Tapa, kalian dapat menyaksikan pemandangan kota Bandung saat malam hari.

8. The Valley Resort Hotel

The Valley Resort Hotel

The Valley Resort Hotel

Tidak hanya pesona alamnya saja yang menakjubkan dan wajib untuk dikunjungi, melainkan di kawasan kabupaten Bandung Timur juga terdapat sebuah penginapan dengan konsep alam. Pada saat kalian berlibur ke Bandung timurbersama dengan keluarga, maka kalian dapat menginap di The Valley Resort Hotel. Karena di tempat ini telah disediakan arena permainan yang unik dan seru untuk anak – anak.

Selain itu The Valley Resort Hotel juga telah menyediakan beragam fasilitas menarik lainnya seperti adanya kolam renang outdoor. Tak lupa pengelola juga menyediakan sebuah bar yang berada di tepi kolam, pusat kebugaran dan masih banyak lagi. Alamat The Valley Resort Hotel berada di jalan Lembah Pakar Tim No 28, Ciburial, Cimenyan, Bandung Timur.

9. Villa Kancil

Villa Kancil

Villa Kancil

Jika memang kalian ingin berlibur ke kawasan Bandung Timur bersama dengan keluarga, maka kalian dapat mengunjungi atau menginap di Villa Kancil. Banyak fasilitas yang menarik dapat kalian jumpai saat berkunjung ke Villa Kancil, salah satunya adalah wahana permainan fun games yang sangat seru. Selain itu ada juga outbond yang tentunya sangat menantang dan seru.

Lebih menarik lagi di Villa Kancil, kalian dapat menikmasti aneka kuliner yang lezat khas Bandung. Hebatnya restoring yang ada di Villa Kancil ini mengusung konsep floating market yang cukup banyak diminati belakangan ini. Lokasi Villa Kancil ini berada di Jalan Raya Desa Padamukti, Kampung Bojong Bubu, Majalaya, Bandung Timur.

10. Villa Alam Santosa

Villa Alam Santosa

Villa Alam Santosa

Satu lagi tempat wisata di Bandung timur yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama denga keluarga yaitu Villa Alam Santosa. Dimana kalian akan disuguhkan ke eksotisan kampung khas sunda dengan tata ruang dan juga arsitektur bangunannya lebih menonjolkan unsur alam. Tak akan merasa bosan jika kalian berkunjung ke Vila Alam Sentosa di kawasan Bandung Timur ini.

Villa Alam Santosa memang mengusung konsep ecowisata jadi setiap pengunjung akan merasa seakan – akan berada di pedesaaan. Tempat menginap yang satu ini memang sangat cocok bagi kalian yang ingin bersantai atau merefresh-kan pikiran. Alamat Villa Alam Santosa ini berada di Kampung Sekar Balingping Desa Cikadut Cimenyan, Bandung Timur.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung timur yang wajib untuk dikunjungi. Memang kebanyakan tempat wisata di Bandung bagian timur masih belum terekspos secara luas. Padahal banyak tempat wisata di Bandung timur yang potensial.