3 Tempat Ziarah Di Banten Yang Banyak Dikunjungi

Mari kita mengulas tentang tempat ziarah di Banten.

Provinsi Banten, selain terkenal dengan wisata pantainya yang sangat indah seperti pantai Anyer, Carita dan Tanjung Lesung, tetapi juga terkenal karena memiliki cukup banyak tempat wisata ziarah yang tersebar sampai ke seluruh pelosok.

Obyek wisata ziarah ini umumnya berupa makam/pekuburan yang dikeramatkan oleh penduduk setempat.

Biasanya yang dimakamkan merupakan seorang tokoh yang memiliki kharisma di masa lalu dan dipandang memiliki kemampuan lebih dari manusia pada umumnya. Seperti Ulama/Syeh/Wali, Raja/Sultan, Panglima Perang, dan lain sebagainya.

Peziarah yang datang berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Beberapa pengunjung bahkan ada yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia dan sebagainya.

3 Tempat Ziarah di Banten yang Paling Banyak Dikunjungi

Bagi anda yang belum mengenal tempat-tempat ziarah yang ada di Banten berikut akan diulas 3 tempat ziarah di Banten yang banyak dikunjungi

Komplek Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Tempat Ziarah di Banten

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Syekh Maulana Mansyuruddin merupakan salah satu ulama yang terkenal di kalangan masyarakat Banten dan sekitarnya.

Syekh Maulana Mansyuruddin merupakan Sultan ke Tujuh dari Kesultanan Banten yang menggantikan ayahnya, yaitu Sultan Ageng Abdul Fatah Tirtayasa.

Kiprahnya sebagai Sultan Banten dan dalam menyebarkan agama Islam menyebabkan nama Syekh Maulanan Mansyuruddin sangat dihormati di tanah Banten.

Makam beliau sendiri berada di Cikadueun, Pandeglang, Banten dan menjadi daerah yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

Setiap hari banyak peziarah yang berkunjung ke tempat wisata ini, baik dari peziarah lokal sampai yang berasal dari luar daerah.

Selain untuk berziarah ke makam Syekh, juga karena di komplek makam ini terdapat sumber mata air yang tidak pernah habis. Mata air tersebut dipercaya mengandung barokah karena merupakan salah satu wasiat dari Syekh Maulana Mansyuruddin.

Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf

 

Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf

Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf

Sultan maulana Yusuf merupakan salah satu putra dari Sultan Maulana Hasanuddin dan merupakan Sultan Banten ke-2 (1570-1580).

Komplek makam yang berada di kampong Sunyatan, Pekalangan Gede, Kasemen, Serang, banten atau sekitar 6km dari kota Serang ini menjadi destinasi wisata ziarah Banten yang paling banyak dikunjungi.

Selain melakukan wisata ziarah tentang tokoh yang sangat berperan aktif dalam kemajuan Banten, berziarah ke tempat ini juga sambil belajar mengambil hikmah dari apa yang sudah diberikan oleh sultan ke-2 Banten ini.

Salah satu peran aktif Sultan Maulana yusuf adalah dengan memajukan perekonomian di Banten melalui bidang pertanian.

Makam Syekh Tubagus Achmad

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten

Makam Syekh Tubagus Achmad merupakan salah satu destinasi wisata ziarah Banten lainnya yang banyak dikunjungi oleh para peziarah.

Beliau adalah salah satu ulama besar dan juga seorang sufi yang hidup pada masa kesultanan Abdul Mahasim Zainal Abidin.

Menjalani kehidupan dengan menyebarkan agama Islam dan selalu membela kaum yang lemah menjadikan beliau disegani oleh masyarakat Banten dan sekitarnya.

Makam Syekh Tubagus Achmad sendiri berada di komplek Masjid Agung Banten.  Sehingga selain dapat berwisata ziarah, Anda juga dapat mengunjungi salah satu bangunan sejarah Islam yang paling mengagumkan di Banten tersebut.

Di dalam komplek yang dibangun oleh Sultan maulana Yusuf ini juga terdapat beberapa makam lainnya seperti makam Sultan Maulana Hasanuddin, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Abdul Mufachir Muhammad Aliyuddin dll.

 

Berikan penilaian Anda!