Kawah Talaga Bodas Garut - Lokasi, Sejarah, Fasilitas & Harga Tiket

Kawah Talaga Bodas Garut – Lokasi, Sejarah, Fasilitas & Harga Tiket

Talaga Bodas Garut adalah kawah yang membentuk danau vulkanik dengan airnya yang berwarna putih kehijauan yang terletak di dekat Wanaraja.

Kawahnya sendiri statusnya masih aktif, meskipun sudah tidak berbahaya dan aman untuk dikunjungi.

Sebagai obyek wisata alam, keindahan kawah ini sebenarnya terkenal sejak jaman Hindia Belanda.  Namun, kini popularitasnya tak lagi seperti dulu.

Obyek wisata di Garut ini dikelola oleh pihak BKSDA Jawa Barat II dengan penetapan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) pada tahun 1978.

Di sini, Kita bisa sejenak merefresh badan dan pikiran kita dengan menikmati keindahan alam dan udara segar yang ada di sekitar kawah.

Kondisi Lingkungan Kawah

Talaga Bodas Garut

Talaga Bodas Garut (Gambar: Kang Sep, 2018)

Daerah TWA Kawah Talaga Bodas mempunyai luas 23, 85 ha dan terletak pada ketinggian 1512 m di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum area berbukit serta kemiringan area yang curam.

Daerah Kawah Talaga Bodas mempunyai temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius, dengan curah hujan 1321 mm dengan intensitas penyinaran matahari yang sedang.

Flora yang dominan area seputar Kawah berupa tanaman sayuran seperti tomat, kol serta rumput ilalang. Keadaan lingkungan kawah cukup baik dengan kebersihan serta bentang alam yang termasuk baik.

Lokasi Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas berada di Desa Sukamenak, kawasan Wanaraja, Garut. Dari Simpang Lima Garut jaraknya sekitar 25 km atau sejam perjalanan.

Rute menuju obyek wisata ini cukup mudah, meski jalannya belum terlalu bagus.  Jika kamu dari Bandung, kamu bisa memilih jalan via Garut dan Wanaraja atau bisa juga via Limbangan ke Cibatu, lalu menuju Wanaraja.

Baca juga  Tangkuban Perahu - 9 Hal Yang Harus Anda Tahu Sebelum Berkunjung

Kalau mau pakai kendaraan umum, kamu bisa memilih angkutan dengan jurusan Garut dan Wanaraja di Terminal Guntur.

Setelah itu, kamu bisa menyambungnya memakai ojek hingga tiba di lokasi. Tapi harap diingat, kamu harus siap fisik, pasalnya perjalanan ke sana sedikit membutuhkan perjuangan.

Lebih mudahnya, rute menuju ke kawah Telaga Bodas bisa mengikuti panduan yang diberikan oleh Google Maps seperti berikut:

Daya Tarik Talaga Bodas

Keindahan Talaga Bodas Garut

Keindahan Talaga Bodas Garut (Foto: Ardi Rosadi, 2018)

Sebelum sampai di lokasi wisata talaga bodas, kita akan disambut oleh pemandangan alam yang menawan. Konturnya berbukit-bukit dengan tingkat kemiringan yang tinggi.

Penduduk setempat menfaatkannya untuk budidaya sayuran, semisal kol dan tomat.

Kawah Talaga Bodas memiliki air yang berwarna layaknya susu dan terkadang juga berwarna hijau muda yang dihiasi kepulan asap yang membumbung tinggi diatasnya.

Hati-hati karena air kawah tersebut mengandung gas solfatara yang membuat air kawah Talaga ini sangat asam sehingga bersifat korosif.

Talaga Bodas sendiri berada pada ketinggian 1.500 m lebih di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh pemandangan yang luar biasa.

Apalagi ditambah dengan view Gunung Galunggung di kejauhan, menambah eksotisme obyek wisata ini.

Di pinggir kawah terdapat pemandian air panas.  Kolam pemandian ini juga memiliki warna yang hampir sama dengan air kawah, yakni seperti susu dengan sedikit campuran warna hijau.

Jangan khawatir karena airnya aman digunakan untuk berendam. Bahkan, konon kandungan belerangnya memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Sekilas, obyek wisata ini mirip Kawah Putih Bandung karena sama-sama berupa danau vulkanik.

Sejarah Talaga Bodas

Kampung Papandak Talaga Bodas Sebelum Terbakar

Kampung Papandak Sebelum Terbakar (Foto: KITLV)

Keindahan obyek wisata ini ternyata sudah terkenal sejak jaman Belanda. Konon, di dekat kawah dulu terdapat pekampungan yang bernama Kampung Papandak.

Baca juga  Puncak Guha Garut: Info Lengkap Lokasi, Rute & Wisata

Seorang fotografer Belanda keturunan Jerman yang lahir di Kediri bernama Margarethe Mathilde Weissenborn atau yang dikenal dengan panggilan Thilly Weissenborn sempat mengabadikannya dalam sebuah kartu pos pada tahun 1932.

Talaga Bodas kala itu menjadi tujuan wisata orang-orang Eropa. Ketenarannya mendorong Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu menetapkan kawah ini sebagai salah satu objek wisata pada 4 Februari 1924.

Sayang, kini popularitasnya sudah tak seperti dulu sejak Kampung Papandak terbakar pada tahun 1935.

Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan

Kolam Rendam Talaga Bodas Garut

Kolam Rendam (Foto Cadil Eka, 2018)

Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di Talaga Bodas. Selain sajian panorama alam yang menawan, kamu juga bisa merasakan tantangan menaklukkan medan menuju ke destinasi ini.

Bagi para pecinta fotografi, kamu bisa mengabadikan spot-spot yang instagramable melalui jepretanmu.  Kamu bisa trekking di sekitar area kawah sambil mencari spot foto yang menarik untuk diposting di media sosial.

Dan yang paling asyik adalah berendam di pemandian air panasnya. Dijamin penat-penat akan hilang.

Untuk menuju kolam rendam rendam Anda tinggal berjalan kaki sejauh 200 meter ke arah kanan. Namun hati-hati karena jalannya licin terutama bila habis turun hujan.

Setelah mandi, kamu bisa menyempatkan diri mengunjungi sebuah curug kecil di dekat sana. Cukup dengan berjalan kaki, kamu akan sampai di curug tak bernama tersebut.

Fasilitas yang Ada di Talaga Bodas

Selain pemandian air panas, terdapat beberapa fasilitas penunjang lain di Taman Wisata Alam ini. Yaitu kamar mandi, kamar ganti, hingga mushola.

Di tempat parkir juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Warung Makanan dan Minuman di Talaga Bodas Garut

Warung Makanan dan Minuman (Foto Rayn Winas, 2017)

Jam Operasional Talaga Bodas

Secara resmi obyek wisata ini buka 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.  Artinya tidak pernah tutup.  Namun tentu saja sebaiknya berkunjung pada jam-jam yang umum saja.

Baca juga  Taman Impian Jaya Ancol - Info Lengkap 11 Wahana & Tiket

Harga Tiket Talaga Bodas

Tiket masuk obyek wisata ini saat weekdays adalah sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk weekend atau hari libur, kamu perlu membayar sebesar Rp 7.500.

Wisatawan mancanegara dikenai tarif berbeda, yaitu Rp 100.000 untuk weekdays dan Rp 150.000 untuk weekend serta hari libur.

Untuk biaya parkir, biayanya Rp 5.000 untuk motor kala weekdays dan Rp 7.500 kala weekend serta holidays. Dan mobil, Rp 10.000 kala weekdays dan Rp 15.000 kala weekend serta holidays.

Jembatan di Talaga Bodas

Jembatan (Foto Umam Umam, 2017)

Tips Wisata ke Talaga Bodas

Berikut ini adalah tips wisata ke kawah di Garut tersebut agar liburanmu nyaman, aman, dan berkesan.

1. Hati-hati dengan Air Kawah

Meskipun terlihat tidak berbahaya, namun suhu air disana bisa mencapai 50 derajat Celsius.  pH air kawahnya juga sangat rendah, yakni sekitar 1-3 yang menjadikan air disana sangat asam dan korosif.

2. Dilarang Minum dari Mata Air

Sama halnya dengan air kawah, mata air di Talaga ini juga berbahaya untuk air minum. Maka dari itu, hati-hati jangan sampai terminum.

Camping di Talaga Bodas Garut

Bisa Camping Juga di Sini (Foto Yanyan Sopian, 2017)

3. Pastikan Kendaraanmu Fit

Kondisi jalan menuju kawah masih belum baik. Jika kamu membawa kendaraan sendiri, pastikan kondisinya fit. Jangan sampai repot bila tiba-tiba bermasalah di tengah jalan.

4. Beli makanan dan minuman di parkiran

Jarak dari parkiran ke lokasi kawah sekitar 700 meter.  Artinya cukup jauh dan di sana tidak ada penjual makanan dan minuman.  Sehingga pastikan anda membelinya di tempat parkir untuk camilan atau bila haus.

5. Jangan Segan Menawar

Dari lokasi parkir ke kawah, Anda bisa berjalan kaki atau naik ojek.  Jika Anda memutuskan dengan naik ojek, jangan segan menawar untuk mendapatkan tarif lebih murah.

Demikianlah ulasan mengenai wisata di Kawah Talaga Bodas Garut. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk referensi wisatamu ya. Selamat berlibur.

Berikan penilaian Anda!