5 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru

5 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru 1

Semua orang berhak menentukan jalan hidupnya, termasuk mencari cara yang tepat untuk menjadi orang sukses dalam hidup. Sebenarnya ambisi positif maju dan berkembang untuk kemudian meraih sukses jalannya tidak selalu rumit. Bahkan dengan cara-cara sederhana kita bisa mengubah nasib tanpa harus melalui jalan berliku.

Kalau kita cermati grafik kenaikan penghasilan orang-orang kaya sebagaimana dilansir majalah Forbes setiap bulannya, mereka membiasakan diri dengan melakukan hal-hal kecil lalu diterapkan dalam kesehariannya. Kebiasaan kecil itulah yang menghantarkan mereka mencapai puncak sukses hingga saat ini.

Nah, disini kita juga bisa mengikuti jejak mereka untuk bekal meraih sukses. Minimal 5 kebiasaan kecil ini dapat menjadi kunci untuk membuka pintu sukses di masa depan.

Hindari Makanan Berkalori Tinggi

Harus diketahui, kinerja kita setiap hari sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita komsumsi. Menurut survey, 70% orang sukses hanya mengonsumsi makanan tidak lebih dari 300 kalori per-hari. Sedangkan 97% orang-orang yang masuk kategori miskin justru memilih makanan junk food dengan kandungan kalori diatas 300. Jadi bisa diartikan, orang-orang kaya lebih suka mengonsumsi sayuran, sementara orang miskin justru cenderung suka melahap hot dog.

Jika mau praktis dan lebih cepat kenyang, solusinya memang junk food atau makanan cepat saji karena mengandung lebih banyak lemak dan gula. Namun semakin kita cepat kenyang, semakin cepat pula kita mengantuk. Nah, lantas hasil kerja seperti apa jika kita mudah mengantuk?

Makanan cepat saji mungkin lebih murah, tapi jika efeknya meracuni justru sangat berbahaya. Jadi mulai sekarang tinggalkan junk food atau makanan-makanan instant.

Konsisten dengan Rencana dan Aturan

Disipilin waktu termasuk salah satu kunci sukses, seperti yang diterapkan orang-orang kaya di dunia yang terbiasa dengan agenda menumpuk dan serangkaian jadwal kegiatan. Lebih dari 80% orang sukses pandai mengalokasikan waktu untuk aktivitas yang sudah diagendakan sebelumnya. Ironisnya, kurang dari 10% orang miskin punya kebiasaan yang sama.

Dengan membuat agenda kegiatan akan membuat kita mengetahui 3 hal krusial:

  1. Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk semua aktivitas secara berimbang
  2. Mengingatkan bahwa kita harus terus mengejar untuk mewujudkan pencapaian jangka
    pendek maupun jangka panjang
  3. Mengingatkan bahwa waktu adalah uang sehingga menunda pekerjaan sama dengan
    membuang kesempatan untuk sukses
    Sudah jelas disini, kita harus mengagendakan apa yang harus dikerjakan esok hari dan
    menyelesaikannya dengan semangat tinggi.

Fokus Pada 1 Pekerjaan

Ambisi untuk sukses tak jarang membuat semangat berlipat ganda. Efek positifnya kita punya banyak opsi atau ide-ide kreatif yang bisa direalisasikan. Boleh saja kita punya motivasi tinggi untuk mencapai sejumlah target, namun untuk membagi fokus pada beberapa target kadang tidak mudah.

Sekitar 80% orang-orang sukses terlebih dulu fokus pada satu target. Diamati, dipelajari, baru diekskusi. Intinya mereka hanya memfokuskan tenaga dan fikiran pada satu target tersebut sebelum beralih ke target berikutnya. Sayangnya, hanya sekitar 12% dari orang-orang miskin memiliki kebiasaan yang sama. Mereka terlalu berambisi dengan beberapa pencapaian sekaligus namun justru tidak satupun yang terealisasi.

Menulis Semua Rencana, Bukan Sekedar Dibayangkan

Apa yangmenjadi bakat kita, itu yang akan terus kita asah. Misalnya jika ingin menjadi penyanyi sukses, kita harus berlatih olah vokal, latihan pernafasan dan lain sebagainya. Intinya apapun akan kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan. Tapi mengutip dari kebiasaan orang-orang sukses, selain rajin berlatih ternyata mereka sudah mempersiapkan keberhasilan mereka dengan matang. Berbeda dari orang biasa, orang-orang sukses selalu menuliskan semua rencana dan bukan hanya dibayangkan.

Kita akan mendapat banyak keuntungan jika menuliskan semua target yang ingin kita capai. Dengan begitu kita sudah mempunyai gambaran jelas dan langkah apa yang harus diambil untuk mencapai target tersebut. Bukan hanya itu, dengan daftar target yang harus kita capai membuat kita mampu menghargai dan membagi waktu. Kapan harus mencapai target pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Dari sejumlah penelitian membuktikan ada keterkaitan kebiasaan menuliskan semua target pencapaian dengan kesuksesan. Paling tidak orang-orang yang menuliskan targetnya mampu menghasilkan pencapaian 10 kali lipat lebih besar dibanding mereka yang hanya membayangkan apa yang ingin dicapai.

Di era teknologi ini, pengaturan jadwal pekerjaan menjadi sangat mudah. Tak perlu membawa agenda kemana-mana. Cukup gunakan aplikasi mengelola jadwal dan waktu sebagai pengganti buku agenda kita.

Meluangkan Waktu Membaca Minimal 30 Menit

Orang-orang sukses selalu punya waktu luang untuk membaca. Tentu saja tujuannya berbeda- beda. Entah untuk menambah wawasan, bacaan terkait bisnis, atau bacaan ringan untuk mengisi waktu senggang. Hampir 70% dari orang-orang sukses meluangkan waktu sekitar 30 menit untuk membaca, sementara orang-orang kategori miskin hanya 5% yang memiliki kebiasaan ini.

Intinya sukses juga berawal dari rajin membaca. Gunakan waktu luang untuk membaca entah itu di rumah, di perjalanan, atau di sekolah. Kalaupun tidak bisa lepas dari handphone masih ada e-book yang justru lebih praktis. Meski begitu otak kita perlu “asupan” bacaan berkualitas. Bukan timeline Facebook, Instagram, Twitter saja yang diutamakan.

Ada 1 komentar

  1. vurtilopmer berkata:

    I don’t even understand how I stopped up here, but I assumed this post was once good. I don’t recognize who you might be however definitely you are going to a well-known blogger when you aren’t already 😉 Cheers!

    http://www.vurtilopmer.com/