Bukit Moko Puncak Bintang – Alamat, Daya Tarik, Fasilitas & Tiket 2018

Mungkin Anda sedikit berkernyit membaca judul artikel ini.  Mau membahas Bukit Moko atau Puncak Bintang?

Saya pun sebelumnya sering bertanya-tanya dengan kedua tempat tersebut, apakah berbeda atau identik.

Jadi begini. Bukit Moko sebenarnya sudah lama dikenal oleh para traveler sebagai tempat nongkrong sambil menikmati Bandung dari ketinggian.

Di sana ada sebuah warung yang sudah terkenal bernama Warung Daweung (daweung dalam bahasa Sunda berarti melihat dari kejauhan).

Nah, pada tahun 2014, Perum Perhutani sebagai pengelola kawasan hutan Pinus yang berada di atasnya kemudian menjadikan tempat tersebut menjadi tempat wisata dengan nama Puncak Bintang.

Jadi, bisa disimpulkan kedua tempat tersebut sebenarnya merujuk ke lokasi yang sama.  Jadi, dalam artikel ini kami menyebut dua nama lokasi tersebut sekaligus, yaitu Bukit Moko Puncak Bintang.

Alamat Bukit Moko Bandung

Bukit Moko Puncak Bintang

Bukit Moko Puncak Bintang Bandung (Gambar: Jenal Arocki)

Bukit Moko Puncak Bintang beralamatkan di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Lokasi wisata ini tidak terlalu jauh jaraknya dari pusat Kota Bandung. Dari terminal Cicaheum dapat ditempuh kurang dari 10 kilo meter .

Cara ke Bukit Moko Puncak Bintang juga tak terlalu sulit. Berikut ini rute yang bisa anda ikuti untuk mempermudah perjalanan  Anda menuju lokasi.

Dari kota Bandung, anda dapat mengarahkan kendaraan menuju ke arah terminal Cicaheum sampai bertemu perempatan jalan (pas lalin).

Dari perempatan lalu beloklah ke arah kiri dan lanjutkan perjalanan ke arah Padasuka – Cartil (caringin Tilu) hingga sampai lokasi.

Jalan yang anda lewati nantinya akan memiliki kontur menanjak dan sebagian besar melewati perkampungan warga, maka diharapkan agar lebih berhati-hati.

Daya Tarik Bukit Moko Puncak Bintang

Hutan Pinus Bukit Moko Puncak Bintang

Hutan Pinus Bukit Moko Puncak Bintang

Tempat ini adalah salah satu tempat wisata terbaik yang berada yang berada dekat pusat kota Bandung.  Lokasinya berada di atas ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kawasan ini menawarkan suhu yang sejuk meskipun saat siang hari sekalipun. Selain itu tempat ini juga selalu diselimuti kabut putih bak negeri di atas awan.

Lokasinya yang lumayan jauh dari pusat keramaian membuat suasana Bukit Moko Puncak Bintang begitu tenang. Berpadu dengan pemandangan yang indah dan kondisi yang masih alami.

Pokoknya tempat ini tepat sekali bagi anda yang mengaku pecinta alam dan mengilai view pegunungan.

Dari ketinggian tempat ini anda juga akan melihat view indahnya kota Bandung dari atas terlebih saat malam tiba suasana akan semakin romantis.

Sejarah Bukit Moko Puncak Bintang

Papan petunjuk di Bukit Moko Puncak Bintang

Papan petunjuk di Bukit Moko Puncak Bintang

Seperti kami tulis di awal, Bukit Moko sebenarnya sudah lama terkenal di kalangan anak muda Bandung dengan Warung Daweungnya. 

Selanjutnya Perum Perhutani menjadikan kawasan hutan pinus yang berada di atasnya menjadi tempat wisata alam yang indah pada tahun 2014.

Media sosial sangat berperan mengangkan popularitas tempat ini sehingga semakin banyak dikunjungi.  Perum Perhutani sebagai pengelola pun terus meningkatkan fasilitas yang ada di tempat ini.

Yang paling baru adalah selfie deck yang dinamakan Dermaga Bintang.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Ketika sudah berada di Bukit Moko Puncak Bintang ada banyak hal menarik dan menyenangkan yang pastinya rugi kalau sampai terlewatkan. Nah, berikut ini daftar kegiatan yang bisa dilakukan di tempat cantik ini.

Menikmati Bandung Citylight

Ketika malam tiba hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah melihat keindahan gemerlap lampu kota Bandung (Citylight) dari ketinggian.

Dari tempat ini akan nampak berbagi macam warna lampu yang menyatu dengan dinginnya udara malam khas pegunungan.

Sungguh tempat yang bisa anda kunjungi bersama pasangan ataupun keluarga karena suasana romantis akan menambah keakraban.

Melihat dan Menikmati Sunset

Tempat duduk di Puncak Bintang Bukit Moko

Tempat duduk di Puncak Bintang Bukit Moko

Saat sudah sampai di atas janganlah anda buru-buru untuk turun, karena anda harus melihat keindahan matahari tenggelam terlebih dahulu. Benar, sunset dari tempat ini merupakan salah satu yang terbaik di kota Bandung.

Jingga di langit Puncak terasa sangat dekat dan bak lukisan ternama yang sanagat indah meliputi kawasan hutan pinus disana. Dijamin deh kamu akan terpesona melihatnya.

Tidak heran kalau disana banyak wisatawan yang rela datang dari luar kota demi melihat keindahan sunset Puncak Bintang.

Hiking dan Trekking di Hutan Pinus

Bagi anda yang gemar olahraga menjajal kegiatan hiking atau trekking di tempat ini bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa melatih stamina sekaligus ketahanan tubuh lewat jalur trekking yang jauhnya sekitar 2 KM.

Menyusuri jalur trekking selama 30 menitan pastinya tidak akan terasa melelahkan saat dikelilingi dengan pemandangan hutan pinus yang menghijau.

Bersepeda ke Puncak Bintang Bukit Moko

Bersepeda ke Puncak Bintang Bukit Moko

Menikmati Bukit Moko Sunrise

Aktivitas tak kalah serunya yang bisa dilakukan dari Puncak Bintang adalah melihat indahnya matahari terbit atau sunrise. Jika ingin menikmati keindahan sunrise anda cukup berjalan 20 menitan dari gerbang masuk.

Saat hari mulai pagi anda bisa melihat pesona sinar matahari masuk menyelusup pepohonan pinus yang kita lewati saat perjalanan tadi.

Semburat warna fajar yang berwrna jingga berpadu dengan sejuknya udara pagi, sungguh merupakan efek ciptaan Tuhan yang tidak ternilai.

Camping di Bukit Moko

Untuk melihat sunrise selain anda bisa mendaki ketika hari masih petang ada pilihan lain yang bisa di coba. Anda bisa mendirikan tenda dan bermalam di atas, di tempat ini ada sebuah area luas yang biasa di gunakan berkemah.

Karena area yang cukup luas bisa menampung tidak kurang dari 1.500 orang dalam waktu bersamaan, seperti di malam tahun baru dan musim liburan lainnya.

Walau belum tersedia fasilitas sekelas Glamping Bandung seperti di Trizara Resort dan Ciwidey Valley Resort.

Sebenarnya glamping dan camping sama saja guys, tergantung kamu sukanya yang mana. Sah-sah saja tidak masalah, jadi jangan khawatir dikatakan tidak dekat dengan alam ya.

Treking di Bukit Moko Puncak Bintang

Treking di Bukit Moko Puncak Bintang

Bike Track

Bagi anda penggemar olahraga bersepeda, anda juga bisa bersepeda di area Puncak Bintang ini. Ada treck menantang khas pegunungan yang bisa anda coba, pastinya seru dan menantang.

Bird Watching

Di kawasan tempat ini selain melihat pemandangan yang sudah pasti indah anda juga bisa melihat bermacam burung dengan aneka warna dan jenis yang beragam.

Hunting Foto

Untuk kalian penggemar foto grafi atau sedang mencari venue untuk pemotretan prawedding, tempat ini bisa menjadi solusinya. Ada banyak spot foto yang instagramable di sini dan pastinya mampu menjadikan hasilnya tak terlupakan.

Jam Buka Bukit Moko Bandung

Bukit Moko Puncak Bintang dibuka untuk umum setiap hari, satu minggu penuh mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB.

Tetapi ketika musim liburan datang seperti libur akhir pekan, musim liburan seperti tahun baru, hari araya dan yang lainnya bisa buka 24 jam.

Dermaga Bintang di Bukit Moko Puncak Bintang

Sefie Deck Dermaga Bintang di Bukit Moko Puncak Bintang

Tiket Masuk Bukit Moko Bandung

Berikut ini adalah tarif yang di tetapkan pihak pengelola, yaitu pada weekday ataupun weekend tiket masuk harganya sama yaitu Rp 15.000.

Sedangkan untuk biaya camping kita harus membayar Rp 20.000. Untuk biaya parkirnya juga sangat terjangkau, Rp 5.000 adalah tarif parkir motor sedangkan untuk parkir mobil biayanya Rp 10.000.

Fasilitas Pendukung yang Tersedia

Tempat wisata ini sudah didukung fasilitas yang lumayan lengkap. Di tempat ini sudah ada area pakir yang luas, tempat ibadah berupa mushola, fasilitas penyewaan tenda seharga Rp 75.000 per tenda.

Selain fasilitas tadi di sini juga tersedia beberapa toilet yang terbilang bersih, fasilitas lampu penerangan untuk para pengunjung yang beraktifitas malam hari.

Namun, untuk fasilitas tempat makan di tempat ini belum tersedia jadi anda harus menyiapkan bekal ketika berkunjung ke sini. Penambahan fasilitas berupa rumah makan rencananya memang akan segera ditambahkan oleh pihak pengelola.

Bagi anda yang berniat bermalam di atas harap membawa sleeping bag karena persewaan tenda biasanya tidak menyewakan sleeping bag sekaligus.

Pemandangan Kota Bandung dari Bukit Moko Puncak Bintang

Pemandangan Kota Bandung dari Bukit Moko Siang Hari

Penginapan di Sekitarnya

Adapula beberapa hotel dekat dengan wisata di Bandung ini yang bisa anda jadikan pilihan menginap, seperti:

Arka Family Villa

Villa inilah salah satu Vila Murah dekat Puncak Bintang, Bandung yang ada di Jalan Maribaya Timur, Lembang. Lokasi Arka Family ke wisata puncak bintang hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja.

Harga sewa kamar villa yang ditawarkan kepada pengunjungnya adalah mulai dengan tarif di bawah Rp.200.000 per malam.

New Bukit Kasih

Penginapan inilah salah satu hotel murah dan dekat Puncak Bintang Bandung, yang beralamat di Jalan Maribaya Timur No.307.

Lokasinya hanya 2 kilometer saja dari objek wisata tersebut. Tarif sewa kamar hotelnya juga terjangkau, yaitu mulai dari kisaran harga sekitar Rp.200.000/malam.

Camping di Bukit Moko Puncak Bintang

Camping di Bukit Moko Puncak Bintang (Gambar: Abisincuti.id)

Detuik Resto Resort

Disinilah salah satu resort murah terdekat, yang lokasinya berjarak sekitar 4.7 kilometer dari lokasi wisata puncak ini. Harga sewa disana mulai dengan Rp.350.000 per malam.

Nah, sekian dulu ya ulasan saya mengenai Puncak Bintang. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi referensi.

Ada baiknya sebelum berkunjung anda menyiapkan berbagai keperluan yang anda anggap penting. Cara ini untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat tejadi saat berlibur.

Jika anda mudah lelah ada baiknya membawa perbekalan yang cukup. Jangan lupakan juga membawa obat atau vitamin jika anda berada pada kondisi yang kurang sehat.

Bagaimana sudah siap untuk berkunjung kesana?

Berikan penilaian Anda!