Curug Orok, Wisata dengan Kisah Tragis Dibalik Keindahannya

Curug Orok | Alampriangan.com – Garut merupakan sebuah wilayah selatan Provinsi Jawa Barat yang mana memiliki potensi pariwisata yang tak kalah dari kota-kota lainnya. Banyak destinasi wisata yang ditawarkan mulai dari wisata pegunungan, perbukitan, pantai, hingga wisata air terjun yang tak kalah dalam menyajikan pesona keindahannya.

Saat berkunjung ke Kota Garut, maka sayang jika melewatkan pesona keindahan dari wisata air terjun satu ini. Curug Orok adalah sebuah wisata air terjun yang terdapat di kawasan selatan Kota Garut. Wisata ini selain menawarkan keindahan ternyata juga tersimpan kisah tragis dibaliknya.

Fasilitas di Curug Orok

Hampir sama seperti fasilitas yang ada disejumlah lokasi wisata lainnya. Curug Garut ini juga menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung. Fasilitas seperti toilet atau kamar mandi yang dilengkapi dengan tempat bilas dan ruang ganti, kolam renang atau pemandian, gazebo untuk bersantai, permainan anak, rumah makan, mushola, tempat parkir, dan lainnya.

Selain fasilitas di curug, lokasi wisata ini juga menyediakan fasilitas seperti penginapan dan area perkemahan cocok untuk kamu yang suka berpetualang alam. Disana kamu bisa menyewa fasilitas ini untuk menikmati keindahan alam dari Curug Orok Garut.

Sejarah Curug Orok

Tak hanya keindahan curug yang menarik untuk dibahas, melainkan dibalik itu semua lokasi wisata ini juga menyimpan cerita tragis yang pilu dan menyentuh hati. Tak jauh dari namanya, Curug Orok “bayi” menyimpan sebuah cerita antara seorang Ibu yang sengaja membuang buah hatinya.

Dulunya air terjun ini bernama Curug Sanghyang Parabu Gebur, namun menurut cerita yang beredar di masyarakat nama orok sengaja diberikan sesuai dengan cerita dibaliknya. Sekitar tahun 1968, ada seorang Ibu yang sengaja membuang bayinya di lokasi air terjun ini. Konon Ibu tersebut membuang bayinya karena merupakan hasil hubungan terlarang dengan pasangannya.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 45 meter ini juga terdapat 2 buah aliran yang dasar, yaitu Curug Besar dan Curug Kecil. Untuk Curug Besar sendiri berasal dari aliran air yang langsung jatuh dari atas tebing. Sedangkan untuk Curug Kecil terdiri dari beberapa kucuran air yang berasal dari lubang tebing yang mengeluarkan air.

Sampai saat ini Curug Orok Gunung Salak digunakan sebagai lokasi wisata di Garut, Jawa Barat. Selain menawarkan keindahan panorama air terjun, dibalik itu semua juga terdapat cerita tragis yang hingga saat ini menjadi legenda masyarakat yang masih dijaga.

Hunting Foto di Curug Orok

Keindahan air terjun memang selalu menarik untuk dijadikan sebagai lokasi hunting foto. Pemandangannya yang menawan, dengan ciri khas air terjun yang tinggi menjulang membuat lokasi Curug Orok waterfall juga cocok untuk mendukung hunting foto kamu.

Berbagai spot dapat kamu jadikan untuk menghasilkan angle foto yang menarik. Selain menjadi lokasi wisata terbaik di Garut, tempat ini juga diburu kaula muda yang ingin berfoto dibawah air terjun yang tinggi menjulang.

Loading...

Jika tak mau ketinggalan, kamu bisa berkunjung kesana dengan membawa kamera. Berbagai foto cantik pun dapat kamu hasilkan di sekitar lokasi, misalnya kamu bisa mengambil angle tepat berada dibawah air terjun, berfoto sambil berenang, ataupun berfoto bersama teman-teman bisa membuat semakin seru moment hunting kamu.

Akses Lokasi Menuju Curug Orok

Lokasi Curug Orok yang berada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini cukup mudah untuk kamu temukan. Berjarak sekitar 31 Km dari Pusat Kota Garut kamu bisa mencapai lokasi wisata dengan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam.

Jika ingin berkunjung kesana, maka silahkan ambil rute menuju Kecamatan Cikajang. Disana kamu akan menemui pertigaan Papanggung, ambil arah kanan untuk menuju Curug Orok Cikanjang. Jalan terus hingga menemui papan petunjuk yang mengarah ke lokasi “Wana Wisata dan Bumi Perkemahan Angling Darma”. Disana terdapat tiga curug yang tersedia, termasuk Curug Salak Orok.

Setelah menemui papan petunjuk ini maka teruskan perjalanan hingga menemui gerbang masuk lokasi. Kamu masih harus menempuh jarak sekitar 500 meter untuk sampai ke area parkir. Jalanannya pun masih berbatu, sehingga kamu harus berhati-hati. Perjalanan akan diteruskan dengan berjalan kaki untuk sampai ke lokasi curug kira-kira 200 meter dengan jalanan setapak.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Orok

Untuk harga tiket masuk Curug Orok di Jawa Barat, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000/orang. Sedangkan untuk tarif parkir sebesar Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda empat.

Sedangkan untuk jam buka lokasi Curug Orok sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati wisata air terjun di jam-jam tersebut. Tunggu apalagi, bagi kamu yang ingin menikmati keindahan wisata Garut, maka berlibur ke Curug Orok Megamendung adalah pilihannya.

Tips Berlibur di Curug Orok

Curug Orok

Curug Orok

Sedikit tips bagi kamu yang ingin berkunjung ke Curug Orok di Cikajang, Garut, Jawa Barat. Kamu bisa berkunjung di pagi hingga sore hari, selain lebih aman, pemandangan pun juga dapat kamu nikmati secara bebas. Jangan lupa bawa perlengkapan seperti baju ganti untuk yang ingin mandi dan berenang, obat-obatan jika dibutuhkan, kamera, jaket, dan lainnya jika dibutuhkan.

Dengan akses lokasi perbukitan yang curam sebaiknya kamu bawa teman atau keluarga. Untuk yang ingin berkemah di area curug sebaiknya konfirmasikan dengan petugas setempat. Siapkan fisik dan selalu berhati-hati.

Itulah ulasan tentang wisata Garut Curug Orok Jawa Barat Indonesia. Bagi kamu yang ingin kesana, maka gunakan tips diatas. Menikmati liburan tak harus di tempat yang jauh atau yang membutuhkan biaya besar. Cukup ke Curug Orok Garut maka liburan seru dan menyenangkan akan kamu dapatkan.



loading...

Komentar