Info Lengkap Wisata Glamping Lakeside Rancabali Bandung

Bandung Selatan makin eksis dengan kemunculan satu obyek wisata baru dikenal dengan Glamping Lakeside Rancabali. Obyek wisata ini berada persis di samping Situ Patenggang yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Jernihnya air situ dan hijaunya vegetasi di sekeliling situ menjadi pemandangan yang memberi warna tersendiri.

Rancabali menghadirkan perpaduan nuansa alam dan fasilitas wisata mewah untuk memanjakan pengunjung. Kepopuleran tempat ini bahkan melonjak cepat. Sejak diresmikan hanya beberapa bulan lalu, tepatnya pada bulan Juli 2016, Rancabali langsung mencuri banyak perhatian. Jumlah pengunjung terus meningkat terutama di waktu liburan

Kapal Phinisi di Glamping Lakeside Rancabali

Lokasinya yang berada tepat di samping Situ Patenggang menjadi inspirasi pemilik tempat Glamping Lakeside Rancabali untuk menyajikan konsep bernuansa kapal. Tidak tanggung-tanggung, konsep yang tersaji juga mempunyai nilai historis. Konsep ini menggabungkan ide kapal phinisi khas Indonesia dengan kapal bahtera Nabi Nuh.

Tampilan kapal phinisi yang berfungsi sebagai restoran mempunyai karakteristik Phinisi yang kuat. Terlihat dari penggunaan bahan kayu berkualitas dan desain bagian kapal yang menyerupai phinisi. Unik lagi, kapal ini sengaja diletakkan di atas sebuah bukit kecil yang seakan-akan menyerupai kapal bahtera Nabi Nuh yang dibuat ribuan tahun lalu.

Dari kejauhan, kapal phinisi ini sudah jelas terlihat. Sangat kontras namun berpadu cantik dengan keindahan alam di sekitarnya. Memasuki bagian dalam kapal, tersedia restoran mewah dengan sentuhan tradisional yang kuat. Terbagi menjadi dua lantai, kapal ini juga punya open kitchen yang memungkinkan pengunjung untuk bersantap di luar ruangan sembari menikmati pesona Situ Patenggang.

Selain punya desain interior yang memanjakan mata, Phinisi Resto juga menampilkan sajian kuliner terbaik. Mulai dari sajian tradisional seperti Bandrek dan hidangan khas Sunda lain hingga sajian internasional seperti steak, hotdog dan lain-lain. Soal rasa, restoran ini jelas punya standar yang tinggi. Nah, Glamping Lakeside Rancabali tidak mematok harga yang mahal untuk semua hidangan yang ditawarkan jadi tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Tent Resort

Glamping Lakeside Rancabali masih punya kejutan lain, penginapan bergaya tenda yang dikenal dengan nama Tent Resort. Penginapan ini sangat otentik dan berbeda dibandingkan kebanyakan penginapan bergaya resort di Bandung. Alih-alih mengambil konsep saung khas Sunda, penginapan ini justru tampil dengan konsep tenda luar ruangan. Jika dilihat dari luar, unit penginapan ini terlihat seperti tenda pramuka berukuran besar. Bedanya, tenda ini punya teras yang menghadap langsung ke Situ Patenggang dan diisi dengan fasilitas mewah layaknya hotel berbintang.

Masing-masing tenda dapat menampung 4 hingga 6 orang. Di dalam tenda juga tersedia berbagai fasilitas seperti air panas, kasur empuk dan fasilitas lain berstandar hotel. Masing-masing unit dibanderol dengan harga sewa per malam sebesar Rp 1.850.000 hingga Rp 2.300.000 juta belum termasuk PPN. Meskipun terbilang lumayan mahal, namun fasilitas yang tersedia sebanding dengan harganya. Belum lagi pemandangan cantik Situ Patenggang di depan tenda Glamping Lakeside Rancabali yang tersedia 24 jam. Serasa berliburan di resort pribadi.

Hiburan di Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali juga menyediakan beragam aktivitas luar ruangan yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga seperti fun game, rafting, paintball, fun offroad, dan bicycle track. Nah, tempat ini juga cocok untuk gathering perusahaan. Letak strategisnya yang berada di tengah-tengah kawasan perkebunan juga menawarkan kesempatan pada pengunjung untuk berjalan di sepanjang kebuh teh yang dikelola oleh pemerintah. Mengunjungi kebun teh menjadi pengalaman yang menarik terutama bagi anak-anak agar bisa lebih dekat dengan alam.

Selain kebun teh, kebun strawberry juga tersedia di sekitar Situ Patenggang. Disini, pengunjung bisa berkeliling sembari menyantap segarnya buah strawberry yang dipetik langsung dari pohon. Kegiatan outdoor lain yang juga banyak diminati adalah bersepeda. Lokasi ini punya track sepeda yang cukup menantang. Dengan pemandangan alam yang berada di sekeliling, bersepeda di sekitar Situ Patenggang bisa membantu melepaskan penat setelah lelah bekerja. Setelah puas bersepeda, Phinisi Resto siap mengisi perut pengunjung dengan sajian lezat yang beraneka ragam.Β 

Rute Menuju Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali terletak desa Rancabali, Bandung Selatan yang berjarak sekitar 35 kilometer saja dari kota Bandung. Dalam keadaan normal, perjalanan hanya membutuhkan waktu dua jam saja. Namun, ketika musim liburan, perjalanan bisa lebih lama. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung harus memulai perjalanan dari Kopo menuju Katapang dilanjut dengan Soreang kemudian Ciwidey. Memasuki wilayah Ciwidey, lanjutkan perjalanan menuju Rancabali kemudian Situ Patenggang. Tidak lama, pengunjung sudah sampai di lokasi.

Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dimulai dari terminal Leuwipanjang dan naik bus dengan tujuan Ciwidey. Kemudian dilanjutkan dengan menaiki angkutan umum pedesaan menuju Rancabali atau menggunakan ojeg. Sesampainya di Rancabali, gunakan jasa ojeg untuk mencapai lokasi. Soal biaya, perjalanan menggunakan angkutan umum sangat terjangkau.

Di sekitar lokasi wisata, juga tersedia beberapa obyek wisata lain yang bisa dikunjungi diantaranya Pemandian Air Panas Cimanggu, Kawah Putih, Glamping Legok Kondang, Kampung Cai dan Ranca Upas serta Barusen Hills.

Pesona alam Situ Patenggang tidak terelakkan lagi dan Glamping Lakeside Rancabali tahu benar bagaimana memuaskan pengunjung dengan memadukan wisata alam, kuliner dan kemewahan. Mengunjungi Glamping ini hanya sekali tentu belum cukup dan kunjungan berulang justru akan membuat ketagihan. Nah, persiapkan dirimu untuk terpesona dengan suguhan wisata yang otentik ini.