Cara Mudah Memesan Shuttle Bus Bandara Soekarno Hatta

Pernah menggunakan Shuttle Bus Bandara? Yang saya maksud di sini, shuttle bus yang melayani rute dari dan ke Bandara, khususnya Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

Bila belum, sebaiknya membaca tulisan ini. Ya, sedikit tutorial tentang cara memesan shuttle bus yang melayani rute tersebut, yaitu Big Bird.  Silakan cek penjelasannya di info lengkap Big Bird.

Big Bird adalah salah satu anak usaha dari Blue Bird Group. Ia melayani rute-rute strategis, yaitu dari hotel atau pusat perbelanjaan menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya.

Big Bird Shuttle Bus Bandara Soekarno Hatta
Layanan Bus Bandara Big Bird

Diluncurkan sejak bulan Mei 2017, layanan Big Bird ini terutama masih fokus di rute Jabodetabek.  Makanya dinamakan Big Bird Jabodetabek Airport Connection atau JAC.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Shuttle Bus Bandara Soekarno Hatta

Menggunakan shuttle bus dari Big Bird menuju dan dari bandara ini memiliki beberapa keuntungan dibanding menggunakan moda kendaraan lain.

Pertama, yang paling terasa adalah harganya yang jauh lebih hemat. Dari Cengkareng ke Gambir, misalnya, hanya 39 ribu rupiah.  Sebaliknya malah cuma 24 ribu.

Dengan catatan, harga tersebut adalah harga pada saat tulisan ini dibuat. Artinya bisa berubah sewaktu-waktu.

Dengan harga segitu jelas sangat terjangkau. Apalagi dengan fasilitas dan kualitas layanan yang diberikan.

Kedua, memiliki jadwal keberangkatan tetap yang dimulai dari pukul 06.00 – 23.00. Frekuensi keberangkatan juga cukup banyak, jadi Anda bisa menyesuaikan menurut jadwal penerbangan yang Anda pilih.

Ketiga, rute-rute yang dilayani adalah rute strategis, seperti hotel, stasiun, serta pusat perbelanjaan.  Jadi tidak susah untuk dijangkau. Anda tinggal stand by di tempat yang dipilih dan tunggu busnya datang.

Keempat, titik turunnya fleksibel. Anda bisa turun di tempat-tempat yang sesuai dengan tujuan Anda yang paling dekat.

Kelima, armada yang nyaman dan terawat.  Anda pasti sudah tahu bagaimana kualitas pelayanan standard Blue Bird.

Untuk layanan ini, Big Bird mengoperasikan 2 macam bus, yaitu regular dan premium.

Untuk yang regular, kapasitas kursinya 24 buah dengan fasilitas WIFI, Televisi, bagasi yang luas serta stop kontak untuk Anda yang butuh untuk ngecas hp atau lainnya.

Sementara untuk yang premium memiliki kapasitas kursi yang lebih lega, yaitu hanya 12 buah. 

Selain fasilitas-fasilitas yang ada di bus regular, juga dilengkap dengan minuman gratis dan layanan pramugara sepanjang perjalanan.

Rute Big Bird Shuttle Bus Bandara Soekarno Hatta

Saat ini ada 3 rute utama yang dilayani Big Bird Shuttle Bus Bandara, yaitu di :

Pertama adalah Soekarno Hatta – Jatinegara. Rute ini melewati Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Halte Kayuputih Rawasari, Mall Arion Rawamangun, Pramuka, Matraman dan berakhir di City Plaza Jatinegara. 

Sementara, rute baliknya, yaitu Jatinegara – Soekarno Hatta melewati City Plaza Jatinegara, Green Pramuka, Transmart Carefour, Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

Kedua, Rute Soekarno Hatta – Blok M, yang melalui rute: Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Semanggi, Halte Transjakarta Polda, Halte Transjakarta Bunderan Senayan dan berakhir di Blok M. 

Sementara, rute baliknya, yaitu Blok M – Soekarno Hatta melalui:  Blok M, FX Sudirman, Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

Ketiga yaitu, Soekarno Hatta – Gambir, yang melalui rute: Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Slipi Peninsula, Milenium Tanah Abang, Gambir dan berakhir di Atrium Senen. 

Sementara, rute baliknya, yaitu Gambir – Soekarno Hatta melalui:  Gambir, Plaza Atrium, Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

Sebenarnya sempat juga ada rute yang melayani ke Bandung, namun ketika saya cek, saat ini rute tersebut sudah tidak tersedia.

Cara Memesan Shuttle Bus Bandara Soekarno Hatta

Bila Anda ingin menggunakan layanan  tersebut, maka ada dua cara. 

Pertama, langsung menuju titik-titik pemberhentian bus pada masing-masing jalur lalu naik sesuai dengan jadwal yang Anda pilih.

Risikonya, Anda bisa gak kebagian bila ternyata bus tersebut penuh.

Oleh karenanya sebaiknya menggunakan cara kedua, yaitu dengan memesan terlebih dahulu melalui aplikasi Traveloka.

Caranya mudah saja. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama: buka aplikasi Traveloka atau website traveloka.com Lalu pilih Antar Jemput Bandara.

Cara Mudah Memesan Shuttle Bus Bandara Soekarno Hatta

Bila menuju Bandara, pilih area, alamat atau gedung yang terdekat dengan Anda pada fom “dari”.  Serta pilih bandara mana pada form“ke”

Bila sebaliknya, klik tanda panah dua arah di dalam lingkaran biru di sebelah kanan.  Lalu isikan sesuai dengan keberangkatan dan tujuan.

Cara Mudah Memesan Shuttle Bus Bandara Soekarno Hatta 1

Pilih tanggal jemput dan jam, lalu klik bilah “cari”. Selanjutnya Pilih “Bus” dan klik sesuai dengan rute dan jam yang Anda inginkan.

Lanjutkan lalu pesan. Isi data pemesan sesuai dengan identitas Anda.  Simpan,

Setelah dilakukan pembayaran, nanti Anda akan menerima Voucher Big Bird Airport Shuttle melalui Email yang Anda isikan.

Selanjutnya, Anda tinggal datang ke lokasi keberangkatan sesuai yang Anda pilih lalu tunjukan voucher pada petugas yang ada di bus atau konter.  Lalu naik, nikmati perjalananan dan sampai deh.

Bagaimana bila dari Bandara?

Prinsipnya sama saja.  Tunjukan voucher yang Anda miliki kepada petugas yang ada di konter atau pun pemberhentian bis terdekat.

Demikian tulisan mengenai cara memesan shuttle bus dari dan ke Bandara Soekarno Hatta.  Semoga bermanfaat.