Naik Kereta dari Jogja ke Semarang Tanpa Macet

Naik Kereta dari Jogja ke Semarang

Sistem kereta api sekarang sangatlah baik sehingga dapat menghubungkan semua kota utama di Jawa.

Termasuk Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Probolinggo (untuk Gunung Bromo) dan Banyuwangi (terminal feri untuk Bali).

Kereta murah, nyaman, dan ber-AC, merupakan cara yang  ideal bagi Anda untuk melakukan perjalanan.

Pemesanan telah terkomputerisasi dan dapat dilakukan hingga 90 hari sebelumnya (meskipun terkadang dapat kurang dari ini).

Kereta api Indonesia beroperasi di jalur sempit dengan ukuran 3 ‘6 “, tetapi cukup cepat dan biasanya sangat tepat waktu.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan menuju Semarang dengan keberangkatan dari Yogyakarta, pilihan naik kereta dari Jogja ke Semarang tanpa macet merupakan pilihan yang tepat.

Cara Memeriksa Waktu & Tarif Kereta

Cara termudah untuk memeriksa waktu & tarif adalah dengan menggunakan situs agen travel app.

Atau Anda dapat menggunakan situs resmi Kereta Api Indonesia dan mulai untuk mengikuti saran di bagian cara membeli tiket yang telah disediakan.

Cara Membeli Tiket

Untuk dapat melakukan reservasi dan pemesanan tiket kereta, Anda hanya cukup melakukan beberapa langkah seperti berikut.

Beli tiket online

Bisa di tiket.kereta-api.co.id atau dari berbagai travel app yang telah ada, menggunakan kartu kredit Indonesia yang diterima.

Tiket.kereta-api.co.id  adalah situs web resmi penjualan tiket Kereta Api Indonesia (KAI) yang telah menampilkan pemesanan online sejak 2012.

Namun, ini hanya tersedia dalam bahasa Indonesia, dan hanya menerima kartu kredit Indonesia, begitu juga sedikit gunanya bagi wisatawan luar negeri.

Waktu Pemesanan

Pemesanan harus dibuka 90 hari ke depan, tetapi bervariasi, dan dapat sedikitnya 30 hari.

Tiket dapat dibeli secara online hingga sehari sebelum tanggal perjalanan. Sebelum Anda mulai, pastikan Anda memiliki nomor identitas dan nama persis untuk setiap penumpang.

Jika Anda ingin mereka mendapatkan notifikasi pesan teks, siapkan nomor ponsel mereka juga, atau Anda dapat menggunakan nomor kontak Anda sendiri untuk semua penumpang.

Lakukan Pembayaran

Setiap penumpang 3 atau lebih dianggap sebagai orang dewasa. Anak-anak di bawah 3 bepergian gratis, tetapi mereka tidak mendapatkan kursi sendiri.

Untuk perjalanan satu arah, hapus centang pada kotak oranye di sebelah kiri kata ‘To’. Stasiun mana yang harus dipilih di kota yang dituju. Pilih nomor kursi beserta kelas penumpang yang ingin Anda nikmati.

Setelah semua telah selesai, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembayaran yang sesuai dengan tarif tiket kereta yang telah Anda booking.

Fasilitas Kelas Kereta Api Indonesia

Kereta Api Indonesia memiliki beberapa kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan penumpangnya, yaitu kelas Eksekutif, Bisnis & Ekonomi

Kelas eksekutif

memiliki fasilitas berupa AC dengan kursi-kursi bersandar individu, biasanya bersandar ke 30 derajat yang baik, diatur 2 + 2 di seluruh lebar kereta.

Kursi biasanya menghadap ke depan, tetapi dapat diputar untuk menghadap ke salah satu arah dengan menekan pedal kaki di sisi lorong.

Ada meja minuman kecil di dinding oleh masing-masing pasangan kursi dengan dua soket listrik di bawahnya, tipe 2-pin Eropa. Kereta terbaik hanya pada kelas Eksekutif.

Kelas bisnis

Memiliki fasilitas berupa AC dengan kursi empuk non-reclining, lebar 2 + 2 di seluruh kereta.

Kursi biasanya menghadap ke depan, tetapi memiliki sandaran yang dapat ditarik dari satu sisi dudukan ke sisi lainnya sehingga dudukan dapat menghadap ke arah lain.

Ada meja minuman kecil di dinding oleh masing-masing pasangan kursi dengan dua soket listrik di bawahnya, tipe 2-pin Eropa.

Kelas bisnis adalah alternatif yang bisa diterima jika kelas Eksekutif penuh atau jika Anda ingin menghemat uang.

Kelas Ekonomi

Ber-AC dengan kursi empuk non-reclining, biasanya 2 + 3 di seluruh lebar kereta. Kursi biasanya diatur dalam ruang tatap muka 4 atau 6.

Biasanya ada meja minuman kecil di dinding oleh masing-masing pasangan kursi dengan dua soket listrik di bawahnya, tipe 2-pin Eropa.

Banyak kereta hanya kelas Ekonomi, dan sangat aman dan nyaman untuk menggunakan kereta kelas Ekonomi jika waktunya cocok untuk Anda, atau jika kelas atau kereta lain penuh.

Beberapa kereta Ekonomi kini dilengkapi dengan mobil-mobil modern dengan 2 + 2 kursi bersandar, terutama pada rute Jakarta-Semarang-Surabaya.

Ini tidak berbeda dengan kelas Eksekutif tetapi dengan ruang kaki yang jauh lebih sedikit.

Dengan berbagai kemudahan dalam pemesanan tiket kereta beserta dengan fasilitas yang lengkap yang telah disediakan untuk menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan,

maka naik kereta dari Jogja ke Semarang tanpa macet dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi Anda.