Batu Karas Pangandaran, Pantai Tenang Favorit Peselancar

Pantai Batu Karas Pangandaran Yang Tenang

Pantai Batu Karas Pangandaran Yang Tenang

PANTAI Batu Karas Pangandaran terletak di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang, sekitar 34 Km dari Pangandaran. Pantai ini disebut-sebut sebagai perpaduan antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu.  Batu Karas menawarkan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang indah.

Pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Anda dapat menyaksikan anak-anak Anda bermain-main di tepian pantai sambil membangun istana dari pasir, atau cuma sekedar berjemur.

Jika dibandingkan dengan Pantai Pangandaran, memang jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Batu Karas relatif lebih sepi. Tetapi inilah kelebihannya.  Kita bisa menikmati pantai dengan suasana santai dan tenang.

Menuju Pantai Batu Karas Pangandaran

Bila anda menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan, setiba di Pangandaran, ambilah arah menuju Cijulang. Tidak terlalu sulit mencapai lokasi ini sebab tersedia banyak petunjuk arah.

Jika Anda memilih menggunakan transportasi umum, maka Anda harus tiba dahulu di terminal Pangandaran. Dari terminal, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan minibus tujuan Cijulang.

Dari Cijulang, satu-satunya transportasi yang dapat membawa Anda sampai ke pantai adalah dengan menggunakan ojek.  Tarifnya sekitar Rp 30 ribu atau bisa dinegosiasikan.

Ombak Yang Menantang di Pantai Batu Karas

Meski terkenal dengan airnya yang tenang, tetapi pantai Batu Karas memiliki ombak laut yang menantang. Sehingga pantai ini populer di kalangan peselancar. Sebagian bahkan menyebutnya sebagai Bali Kecil.

Situs www.wannasurf.com, merating pantai ini 3.5 dari 5 bintang. Menurut situs tersebut, ombak di pantai Batu Karas cocok untuk kelas pemula dan menengah. Sedangkan untuk peselancar yang sudah mahir pantai ini terlalu mudah untuk ditaklukkan.

Istimewanya, pantai ini memiliki sebuah teluk kecil sehingga peselancar tidak perlu repot mendayung terlalu jauh menuju titik awal gelombang.


Pantai Batu Karas Pangandaran Favorit Para Peselancar

Pantai Batu Karas Pangandaran Favorit Para Peselancar

Bagi yang ingin belajar, dapat dengan mudah menjumpai persewaan perlengkapan berselancar di sana. Juga instruktur berpengalaman yang akan mengajarkan para pemula.Terdapat 3 titik favorit para peselancar, yaitu: Bulak Pendak, Legok Pari dan Karang.

Bulak Pendak ditujukan bagi para peselancar profesional karena memiliki gelombang yang tinggi dan panjang. Untuk mencapai lokasi ini, peselancar harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Legok Pari adalah titik yang paling populer karena cukup aman mengingat ombaknya yang tidak begitu tinggi. Cocok bagi pemula.

Sedangkan di Karang hanya bisa dilakukan ketika air laut sedang mengalami pasang saja.

Wisata Bahari Lain

Selain berselancar, pantai Batu Karas juga cocok bagi mereka yang ingin menikmati kegiatan wisata bahari dengan bermain jet ski, banana boat, atau naik kereta kuda di pantai.

Banana Boat di Pantai Batu Karas Pangandaran

Banana Boat di Pantai Batu Karas Pangandaran

Bagi penyuka petualangan, terdapat sejumlah tempat yang dapat digunakan untuk hiking dan berkemah. Jika ingin lebih menantang, Anda bisa ke Karang Nunggal, yaitu sebuah pantai kecil dan terpecil. Pantai ini memiliki pemandangan menawan dengan bebatuan tinggi dan kokoh.

Penginapan di Batu Karas Pangandaran

Di sekitar pantai tersedia banyak penginapan dan hotel dengan tarif yang bervariasi. Sejumlah hotel juga menawarkan cottage dan bungalow. Jika Anda ingin mengetahui lebih dekat adat dan kebiasaan penduduk lokal, anda dapat juga menyewa rumah penduduk setempat.

Toko Souvenir dan Kuliner

Bila anda ingin membeli souvenir, banyak berjejer toko-toko souvenir dan cenderamata di sekitar Pantai Batu Karas.  Barang-barang yang dijual antara lain aneka T-shirt, pakaian renang dan kerajianan dari kerang atau benda-benda laut lainnya. Jangan lupa, tawarlah agar anda mendapatkan harga terbaik.

Bila lapar, terdapat pula banyak restoran dan warung makan di sekitar kawasan Pantai Batu Karas dengan sajian kuliner laut dan makanan lokal.

Harga Tiket Pantai Batu Karas Pangandaran

Untuk menikmati obyek wisata Batu Karas anda harus membayar tiket sebagai berikut:

– Pejalan Kaki (1 orang) Rp 1.500
– Sepeda Motor Rp 3.900
– Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp 9.200
– Kendaraan Jenis Carry Rp 17.200
– Kendaraan Penumpang Besar Rp 22.200
– Bus Kecil Rp 32.700
– Bus Sedang Rp 49.500
– Bus Besar Rp 80.500

Hmmm…. tertarik?



loading...

Komentar