Pantai Puncak Guha Garut Selatan: 6 Hal yang Bisa Dilakukan

Pantai Puncak Guha Garut – Garut Selatan dikenal memiliki banyak destinasi wisata pantai yang menawan.  Terletak di bibir Samudera Hindia, mulai dari perbatasan Tasikmalaya sampai Cianjur dengan panjangnya mencapai 80 Km yang menjadikannya sebagai pantai terpanjang di Jawa Barat.  Dan setiap dari pantai-pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri dengan gugusan karang, pasir dan tebing yang masih alami.

Salah satu pantai yang indah tersebut adalah Pantai Puncak Guha.  Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Guha sendiri berasal dari bahasa Sunda, artinya gua. Disebut Puncak Guha karena dibawahnya terdapat gua kelelawar, tepat menghadap ke laut selatan Jawa, Samudera Hindia .

Puncak Guha berada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang yang diapit 2 muara yaitu Muara Cikaso sebelah timur dan Muara Cipancong sebelah barat, sekaligus pembatas antara kecamatan Bungbulang dan Kecamatan Caringin yang terdapat Pantai Ranca Buaya. Pantai ini mulai banyak dikunjungi setelah disebut dalam novel Perahu Kertas karya novelis Dewi Lestari (Dee).

PANTAI PUNCAK GUHA GARUT 👏👏 . Pantai Puncak Guha 🦀 merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Guha sendiri berasal dari bahasa sunda, artinya gua. . . Disebut Puncak Guha karena dibawahnya terdapat gua kelelawar, tepat menghadap ke laut selatan jawa, Samudera Hindia 🐋 . . Terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang yang diapit 2 muara yaitu Muara Cikaso sebelah timur dan Muara Cipancong sebelah barat, sekaligus pembatas antara kecamatan Bungbulang dan Kecamatan Caringin yang terdapat Pantai Ranca Buaya 🐊. . Pantai ini mulai banyak dikunjungi setelah disebut dalam novel Perahu Kertas karya novelis Dewi Lestari (Dee) 👱‍♀ . . ﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏ . Tag teman2 anda pecinta pantai! 👌 . Follow @alam.priangan 👈 untuk info alam, wisata & budaya Priangan. . #repost @garut_turunankidul #photo oleh @whooooaa 🙏. . #puncakguha #pantaiselatan #garutselatan #garutindah #wisatagarut #jelajahgarut #melonggarut #potretgarut #garutturunankidul #garuttoday #garutupdate_ #garuthits #jabarjuara #jabar #alampriangan

A post shared by Alam Priangan (@alam.priangan) on

Berupa Tebing

Keunikan pantai Puncak Guha adalah kondisinya yang berupa tebing. Jika kata pantai selalu diasosiasikan dengan hamparan pasir yang luas dihias dengan deburan ombak, Anda tidak akan menemui hal ini di sini. Pantai ini merupakan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan samudera.

Baca juga  Taman Satwa Cikembulan, Wisata Edukasi yang Menyenangkan

Pantai Puncak Guha menawarkan pada Anda sebuah pemandangan tentang laut dan perbukitan. Keindahannya, merupakan perpaduan antara cita rasa seni tinggi sang Maha Kuasa dengan aspek spiritual yang lembut untuk menyentuh perasaan. Tempat ini tepat untuk membawa Anda pada ranah nostalgia tentang masa muda yang penuh dengan gairah meluap-luap.

Ketenangan yang luar biasa akan segera mengajak Anda duduk bersama di area wisata Puncak Guha. Ada keheningan yang merasuk disela-sela debur ombak dari kejauhan. Pemandangannya yang eksotis seolah sedang menyajikan hamparan dunia lain pada Anda. Dunia yang selama ini hanya ada dalam lukisan yang Anda pandangi di sebuah galeri. Angin pantai yang kencang takkan sampai membuat Anda menggigil, angin itu hanya akan membuat Anda menjadi lebih rindu untuk datang kembali.

Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha (instagram @leonatanto)

Menuju Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha secara administratif berada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kab. Garut dan berdekatan dengan wisata Pantai Rancabuaya. Dari Pantai Puncak Guha menuju Pantai Rancabuaya, jaraknya kurang lebih 3 km.

Untuk menuju ke sana, cukup mudah.  Patokannya, ambil jalur yang sama ke arah pantai Rancabuaya. Lokasinya ditandai dengan gerbang sederhana di pinggir jalan.

Berikut adalah dua rute yang bisa digunakan, tergantung dari mana Anda akan berangkat.

  • Bila berangkat dari Bandung, maka jalur yang ditempuh adalah Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Puncak Guha. Kondisi jalan sudah mulus.
  • Bila berangkat dari Garut, jalur yang ditempuh adalag Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Rancabuaya . Melalui jalur ini masih ada beberapa yang rusak.  Disarankan tidak menggunakan kendaraan ceper.
Baca juga  Asal Nama Daerah Leles Garut, Benarkah dari kata Poles?

Untuk masuk ke pantai ini kita dipungut tiket masuk Rp6.000 pada saat weekday.  Harganya akan naik sampai Rp.10.000,- pada saat wiken.

6 Hal yang Anda Bisa Lakukan di Puncak Guha

Seperti disampaikan sebelumnya, di Pantai Puncak Guha, kita tidak akan menemukan tempat untuk bermain-main di pantai seperti pantai-pantai lainnya.  Lalu apa dong?

Berikut 6 hal yang bisa kita lakukan di pantai ini, selain melihat pemandangan:

1. Melihat Goa Kelelawar

Sesuai namanya, di pantai ini terdapat Gua Kelelawar di bawahnya.  Salah satu pintu masuknya dapat kita lihat secara langsung. Di sore hari, kita bisa menyaksikan hewan tersebut keluar masuk Goa melalui pintu masuk tersebut. Cuma, jangan terlalu dekat, karena baunya lumayan menyengat.

2. Hunting Foto

Bagi Anda penyuka fotografi, pantai ini memiliki spot-spot yang cantik untuk dieksplore. Hamparan rumput menghijau dan tebing yang terjal merupakan perpaduan yang menjadikan pantai ini sangat indah. Spot paling populer adalah di atas tebing batu yang langsung menjorok ke laut.

Saat pagi atau sore hari, sinar matahari akan memberikan cahaya dengan komposisi yang pas dan membuat pemandangan alam di sekitar Pantai ini jauh lebih indah. Pantai Puncak Guha dapat menjadi lokasi yang cocok untuk melihat sunrise dan sunset bagi anda yang menyukainya.

3. Camping

Di pantai ini kita juga bisa berkemah di atas hamparan rumput.  Berkemah di pantai ini Anda akan merasakan pengalaman yang unik, karena angin laut yang berhembus kencang akan menemani Anda sepanjang waktu.  Melihat sunset dan sunrise di atas tebing, memandang ribuan gugusan galaksi di langit yang luas di malam hari, sungguh pengalaman yang harus Anda coba.

Baca juga  Talaga Sampireun Garut Jawa Barat Pusatnya Resort Dan Spa

Sedikit tips, berkemah di sini gratis. Jadi bila ada calo yang bilang harus bayar jangan mau.  Bawa tenda yang kokoh, karena anginnya yang cuku kencang.  Juga bawa lotion anti nyamuk untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk-nyamuknya yang lumayan ganas.

Camping di Puncak Guha

Camping di Puncak Guha (Instagram @restuprabowoo)

4. Memancing

Untuk Anda yang gemar memancing, Pantai Puncak Guha memiliki spot memantang, yaitu memancing dari atas tebing.  Spot ini tergolong ekstrim karena ketingggiannya yang mencapai lebih 80 meter. Memancing di sini kita harus malakukan teknik Rock Fishing. Anda harus berhati-hati untuk mencapai spot memancingnya karena berada aga di di bawah.

5. Memasang Hammock

Kegiatan ini saya lihat di acara My Trip My Adventure.  Di pantai ini ada beberapa pohon yang bisa kita gunakan untuk mengikat hammock.  Asyik juga saya lihat.

6. Touring

Bagi Anda mempunyai club dan berencana untuk mengadakan touring jalur selatan, Pantai ini bisa menjadi salah satu tujuan singgah.

Penutup

Pantai Puncak Guha adalah salah satu destinasi yang harus Anda coba.  Pantainya masih sepi sehingga cocok bagi Anda yang tidak terlalu menyukai keramaian.

Oya, ada hal yang cukup penting bila Anda akan ke sana, terutama yang membawa anak kecil.  Hati-hati, jangan lepas dari pengawasan belum ada pagar pengaman di pinggir tebing.  Maklum, karena memang masih dikelola oleh masyarakat sendiri, belum banyak fasilitas yang dibangun.

Selamat berlibur…

Bagikan:
  • 5
    Shares

Leave a Reply