Telaga Nilem Kuningan – Lokasi, Daya Tarik, Fasilitas & Tiket 2018

Telaga Nilem (ada juga yang menyebutnya Telaga Nilam) adalah salah satu obyek wisata alam di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya berdekatan dengan Talaga Reumis.

Telaga Nilem memiliki keistimewaan yaitu airnya yang sangat jernih sehingga kita bisa melihat ke dasar danau.  Selain itu, letaknya yang berada di kaki Gunung Ciremai membuat udara di sekitarnya terasa sejuk.

Tak heran bila obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.  Terutama pada siang dan sore hari.

Nah bagaimana menariknya Telaga Nilem, mari ikuti ulasan kami selengkapnya.

Alamat & Rute Telaga Nilem

Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem beralamat di Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan. Seperti dikatakan di atas, lokasinya tersebut berada sebelum obyek wisata Talaga Remis.

Letaknya ini cukup strategis karena berada di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kuningan sendiri, Cirebon dan Majalengka. Hal ini memberikan keuntungan, karena membuatnya mudah dicapai dari arah mana saja.

Dari kota Kuningan, telaga ini berjarak sekitar 35 kilometer ke arah utara.  Sementara bila dari Cirebon malah lebih dekat, yaitu sejauh 24 kilometer.

Rutenya sendiri tidak terlalu sulit.  Ikuti aja petunjuk menuju Telaga Reumis yang bisa dengan mudah ditemukan.  Koordinat GPS yang bisa di gunakan yaitu  6° 47′ 17″S,  108° 25′ 8″E.

Untuk lebih memudahkan, Anda bisa dipandu dengan menggunakan aplikasi peta online seperti Google Map atau Bing Map. Atau, bila masih kesulitan Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar yang Anda temui.

Di daerah ini terdapat pula telaga lain yang juga populer di media sosial, yaitu Telaga Biru Kuningan atau Situ Cicerem.

Asal Usul Telaga Nilem

Jernihnya Telaga Nilem Kuningan

Jernihnya Telaga Nilem Kuningan (Instagram @bdlzzauai)

Mengapa disebut Telaga Nilem? Dugaan paling mudah adalah nama itu berasal dari nama ikan.  Ya iken nilem.

Mungkin dahulu di telaga ini banyak dihuni oleh ikan jenis itu pada saat ditemukan.  Mungkin sekarang pun masih banyak ikan nilem di dalamnya.

Daya Tarik Telaga Nilem

Telaga ini adalah mata air atau kolam alami yang jernih dan sekitarnya hutan yang rimbun membuat lokasi wisata ini sangat asri.

Kondisinya sepi dan tidak terlalu ramai. Udaranya sejuk karena masih wilayah pegunungan tepatnya masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Dasar telaga (danau) ini adalah bebatuan dan kerikil yang banyak ditumbuhi ganggang dan lumut.

Dengan beberapa gazebo yang ada di pinggiran telaga yang terawat baik, membuat kita semakin betah berlama-lama menikati kesegaran dan kesejukan nuansanya.

Sumber air telaga ini langsung dari mata air pegunungan sehingga menyebabkan air telaga nilem begitu jernih dan segar. Hingga kita bisa mengabadikan foto baik dari permukaan air maupun dari dalam air.

Kedalaman mulai dari setinggi mata kaki, hingga sekitar 2,5-3 meter untuk yang paling dalam. Dikelilingi pepohonan yang membuat suasana semakin teduh dan asri.

Di telaga nilem ini kita seperti melihat akuarium besar dengan air yang begitu jernih. Air di dalam telaga seperti hamparan kaca sehingga kita bisa melihat dasar telaga ini yang berisi kerikil, bebatuan, lumut dan ganggang.

Fasilitas di Telaga Nilem

Befoto di dalam air telaga nilem

Befoto di dalam air (instagram @dikadityap)

Meski belum lengkap, beberapa fasilitas penunjang wisata di telaga ini sudah tersedia.

Ada beberapa warung penjual makanan dan minuman untuk Anda yang merasa lapar atau haus setelah berenang atau berjalan-jalan menikmati suasana telaga.

Sebagai tempat pengunjung duduk-duduk dan beristirahat sambil menikmati keindahan telaga disediakan dua buah gazebo di pinggir telaga yang terawat cukup baik.

Tidak seperti beberapa telaga lain yang biasanya tidak dibolehkan berenang di dalamnya, di sini pengunjung bisa bermain air sepuasnya.

Terdapat 2 kolam yang sudah disediakan, yaitu yang dangkal dan yang dalam. Kolam yang dangkal memiliki kedalaman sekitar 0-1,2 meter, sedangkan yang dalam sekitar 0-4 meter.

Sayangnya belum tersedia WC atau kamar mandi. Bila pengunjung ingin ke toliet  bisa menumpang di warung/ rumah penduduk di luar atau dekat parkiran kawasan wisata ini.

Bagi yang akan bersembahyang juga telah disediakan musholla.

Oya sekarang obyek wisata ini lebih rapih dengan beberapa penataan yang dilakukan pengelola yaitu, tempat sampah, jembatan kayu dan papan-papan informasi bagi pengunjung.

Jembatan Kayu telaga nilem

Jembatan Kayu

Tiket Masuk Telaga Nilem Kuningan

Untuk dapat menikmati suasana telaga, kita hanya perlu membayar Rp15000 rupiah per orang.  Cukup murah kan. Jika lanjut ke Telaga Reumis tinggal nambah 10 ribu lagi.
Tiket tersebut sudah termasuk air minum kemasan botol.  Untuk parkir motor kita dikenakan tarif Rp 3 ribu rupiah.
Obyek wisata ini buka dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Tips Berkunjung ke Telaga Nilem

Bagi Anda yang akan berkunjung ke Telaga Nilam, ada beberapa tips yang mungkin akan berguna, yaitu:

Pertama, bawalah kamera, karena banyak spot-spot instagramable yang bisa Anda eksplore.  Terutama yang kejernihan airnya. Lebih seru kalau kamera tersebut yang bisa dibuat untuk mengambil gambar dalam air.

Kedua, bawa baju ganti dan alat mandi untuk Anda gunakan setelah berpuas-puas main air.  Handuk, sabun mandi dan sampho jangan ketinggalan.

Ketiga, jagalah selalu kebersihan di kawasan wisata dan menghormati adat istiadat setempat.  Kalau yang ini tidak hanya di tempat wisata saja, tetapi di mana pun.

Nah, sudah lengkap kan informasinya? Jangan lupa berikan masukan dan komentarnya setelah postingan ini, ya..

Selamat berlibur…

Berikan penilaian Anda!