Wisata Ciater Subang – Tempat Liburan Asyik Keluarga Anda

Pemandian Air Panas Ciater Subang atau Ciater Hot Spring secara administratif masuk wilayah Kabupaten Subang.

Namun karena lokasinya hanya 15 menit dari tempat wisata di Lembang, maka kebanyakan orang beranggapan bahwa Ciater itu berada Bandung, atau terkenal juga dengan Ciater Bandung.

Nah seperti apa asyiknya destinasi wisata ini, yuk kita bahas!

Ciater Subang Terkenal Sejak Lama

Ciater Subang Hot Spring Water sudah sejak lama menjadi primadona wisata di Jawa Barat. 

Destinasi tersebut merupakan salah satu tempat kunjungan favorit, baik bagi wisatawan domestik dan maupun mancanegara. Obyek wisata ini terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu.

Ciater Subang aka Ciater Bandung
Ciater Hot Srping

Air panas yang dihasilkan pun bersumber dari kawah aktif gunung yang menjadi legenda tanah Pasundan itu.

Selain dialirkan ke pemandian Ciater, air yang mengaliri sungai sepanjang 2.000 meter itu juga digunakan untuk kepentingan pengairan lahan pesawahan.

Menurut pengakuan para petani setempat, air yang bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu itu lebih berdampak positif terhadap mutu hasil panen daripada jika menggunakan air biasa untuk mengairi sawah.

Pemandian Air Panas Ciater Subang

Obyek wisata ini merupakan salah satu obyek terpopuler di Indonesia, para wisatawan dapat menikmati sumber mata air panas yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkubanparahu yang terletak tidak jauh dari obyek wisata sari ater.

Sumber mata air panas tersebut disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik, yang tersebar dibeberapa lokasi obyek wisata sari ater.

Dengan luas areal 30 ha dan pesona alam khas pegunungan, Sari Ater hot spring resort banyak memberikan fasilitas wisata bagi para wisatawan yang berekreasi bersama keluarga selain untuk berendam juga dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang masih asri.

Tarif masuk sebesar Rp 9.000, sedangkan tarif berendam di kamar rendam Rp 27.500, tarif berendam di kolam rendam yaitu Rp 20.000 untuk kolam mayang sari, Rp 12.500 kolam wangsa dipa dan Rp 8.500 untuk kolam wulan sari.

Banyak Pilihan di Ciater Subang

Sesampai di tempat tujuan, Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan tempat menginap yang nyaman. Ada banyak pilihan diantaranya Sari Ater Hot Spring Resort.

Resort ini memang terletak di desa Ciater. Dengan tempatnya yang begitu luas membuat pengunjung lebih leluasa untuk menikmati indahnya alam pegunungan.

Bagi Anda yang ingin memanjakan diri, Sari Ater juga menyediakan Ciater Spa dan Gracia Spa.

Wisatawan yang menginap biasanya pengin menikmati khasiat air panas yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu.

Konon, air panas ini mengandung belerang atau sejenisnya yang baik untuk menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati indahnya panorama hotel. Selain tempatnya bagus, ada fasilitas pemandian air panas.

Tarifnya pun sangat terjangkau, hanya Rp50.000 per kamar. Hotel ini terletak berada di jalan simpang Lembang. Atau Anda juga bisa memilih Hotel Lembah Sarimas Ciater.

Ciater Subang aka Ciater Bandung
Ciater Hot Spring di Malam Hari

Rute Menuju Ciater Subang

Untuk mencapai tempat wisata Ciater yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat ternyata cukup mudah. Dari Bandung kira-kira hanya 45 menit. Jika Anda berangkat dari Jakarta hanya perlu waktu sekitar tiga jam.

Terasa lebih asyik, karena selama perjalanan dari Bandung melewati banyak area wisata yang indah. Observatorium Boscha, Bumi Perkemahan Cikole Lembang, Gunung Tangkuban Perahu, pusat susu murni Lembang sampai pusat pengembangan holtikultura, bisa Anda jumpai selama perjalanan.

Berkunjung ke Ciater Bandung jangan lupa untuk menikmati fasilitas wisata lainnya seperti berkemah, memancing, berkuda, kegiatan olah raga seperti tenis golf, dan basket, wahana bermain anak, dan juga menikmati perkebunan teh.

Setelah puas menikmati berbagai macam objek wisata tersebut, jangan lupa melakukan wisata kuliner dan mencicipi masakan khas Ciater seperti sop kelinci dan sate.

Kemudian pulangnya anda bisa membawa oleh-oleh buah Nanas yang menjadi buah unggulan khas daerah Ciater.

Sepanjang perjalanan santai dari objek wisata Ciater Bandung anda dapat membelinya bersama keluarga dengan harga terjangkau dan yang pastinya rasa buah ini sangatlah segar dan sedap.