Curug Cilutung Majalengka, Destinasi Wisata Murah Meriah Warga Talaga 3/5 (2)

Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung Majalengka. Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka ternyata mempunyai wisata alam yang cukup menarik.  Namanya Curug Cilutung.

Curug ini terletak di Dusun/Blok Ciranca Desa Talagakulon Kecamatan Talaga.  Dari Majalengka Kota jaraknya sekitar 29 kilometer.

Memiliki Banyak Nama

Curug Cilutung dikenal juga memiliki banyak sebutan, yaitu Curug Emas, Curug Ciranca dan Curug Campaga.

Curug ini termasuk curug permanen dalam arti terus menerus mengalir sekalipun musim kemarau tiba.  Cuma memang, kalau musim kemarau, debit airnya akan berkurang.

Dan justu waktu terbaik untuk berkunjung ke curug ini adalah pada musim kemarau. Karena di musim hujan debit air akan besar dengan warna air keruh kecoklatan.

Daya Tarik

Daya Tarik Curug Cilutung adalah bebatuan unik mulai dari curug sampai ke sungai. Beberapa sering dijadikan spot selfie untuk kemudian diaplod ke media sosial.

Bebatuan di bawah curug juga enak buat ngadem dan seringkali dijadikan tempat untuk botram.

Fasilitas di Curug Cilutung

Pengelolaan Curug Cilutung dilakukan oleh Karang Taruna warga setempat.  Jalan akses menuju curug sudah lumayan tertata.  Untuk menuju curug, dari tempat parkir kita harus menuruni anak tangga dari batu dan melewati saluran irigasi.

Di dekat area parkir sudah tersedia arena bermain akan-anak.  Meski belum lengkap, tapi lumayanlah.

Dulu, di tempat ini ada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohydro (PLTM).  Namun, saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

Oya, di curug ini tidak diperkenankan untuk berenang karena airnya yang deras dan banyak batu-batu besar yang membahayakan.

Terdapat pula beberapa gazebo yang bisa digunakan dengan gratis.  Gazebo ini biasa digunakan oleh pengunjung untuk botram bersama rombongannya.

Menuju Curug Cilutung Majalengka

Jalur menuju Curug Cilutung tidak sulit. Jika Anda yang berasal dari luar kota, bisa menggunakan tol Cipali keluar di gerbang Kertajati.

Dari sini lalu menuju arah Kota Majalengka.  Di perempatan Cigasong yang ada Bunderan Mangga Gedong Gincu, ambil belokan ke kanan yang menuju ke arah Maja dan Talaga. Lanjutkan hingga tiba di perempatan alun-alun Talaga.

Lalu ambil belokan yang ke kanan yang menuju ke Bantarujeg. Lanjutkan sampau menemui perempatan kedua setelah perempatan Pasar Talaga, ambil belokan yang ke kiri.

Selanjutnya lurus sekitar 50 meter sampai bertemu lagi dengan perempatan lalu ambil belokan ke kanan. Dari sini terus saja berjalan menyusuri jalan beraspal.  Kondisi jalan sudah cukup bagus dan cukup lebar.

Tiket Masuk Curug Cilutung

Untuk masuk ke Curug Cilutung, kita cukup membayar Rp. 5.000/orang untuk dewasa, dan Rp. 2.000/ orang untuk anak-anak. Sementara untuk biaya parkir dikenakan Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 4.000 untuk mobil.

Berikan penilaian Anda!