Curug Luhur, Sejuknya Wisata Air Terjun di Kaki Gunung Salak

Curug Luhur | Alampriangan.com – Selama ini berwisata air selalu menjadi pilihan dalam menyegarkan tubuh. Memang, dari ahli menyatakan bahwa berwisata air akan memperbaiki mood anda. Segarnya air bisa membuat emosi – emosi negative hilang dan hasilnya, tubuh pun ikut segar. Bukan hanya di kolam renang, berwisata air juga bisa anda rasakan kesegarannya dengan datang ke tempat wisata air terjun. Jika demikian yang ingin anda rasakan, yuk ke Curug Luhur.

Objek wisata alam di Bogor ini bisa anda kunjungi bersama teman atau keluarga anda. Nuansa alami jelas terasa, anda bisa melepas letih hanya dengan suara dari air curug yang menyegarkan. Tidak perlu khawatir, sebab jika anda tetap berhati-hati mandi di curug luhur tetaplah aman. Tempatnya pun tidak sulit untuk anda akses. Selengkapnya, anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Fasilitas di Curug Luhur

Dulunya, curug luhur ini hanya memiliki 1 air terjun saja. Namun, kabarnya penduduk setempat sengaja menambahkan air terjun di sebelahnya atau yang kedua. Di dasar air terjun bisa anda lihat aliran air yang cukup deras. Oleh karena itu tidak disarankan bermain – main di air terjun karena dikhawatirkan terseret ke pusaran ar curug luhur.

Untuk bisa berwisata air, anda bisa mengunjungi kolam renang di sekitar lokasi yang juga dilengkapi dengan beberapa wahana seperti waterboom. Berbagai bangunan juga mendukung sarana prasarana disini. Terdapat kamar ganti toilet, tempat untuk bersantai dan lain sebagainya. Ada juga vila – vila di sekitar lokasi wisata.

Setelah puas berwisata air dan merasa lapar, anda bisa menikmati sajian lezat di beberapa warung penjual makanan sekitar lokasi. Ada pula tempat penjualan souvenir jika anda ingin membawa oleh – oleh dari lokasi wisata. Bagi anda yang datang dengan kendaraan pribadi, di sini juga tersedia tempat parkir sekitar 1 km sebelum sampai di curug luhur. Ada juga jasa penitipan barang yang biasanya bertempat di warung – warung penjual makanan dan minuman.

curug-luhur

Curug Luhur

Sejarah Curug Luhur

Sebenarnya, beberapa pengunjung sempat menyayangkan kondisi perubahan dari air terjun curug luhur. Sebab, kondisinya jauh dari awal diketahuinya wisata alam ini. Panoramanya masih sangat terasa. Dulunya, curug luhur sangat rimbun dengan pepohonan hijau yang ada di sekitar air terjun.

Namun, dengan adanya pengelola membuat pohon – pohon tersebut diganti dengan bangunan seperti wahan – wahan yang ada. Tentu hal ini ditanggapi berbeda dari tiap pengunjung. Ada yang merasa lebih terlayani dengan fasilitas itu, ada pula yang merasa kehilangan keindahan alaminya.

Dalam bahasa Sunda sendiri, curug berarti air terjun. Dan luhur artinya tinggi. Nama curug ini bisa diartikan sebagai curug tertinggi atau curug tinggi. Namanya mengacu pada ketinggiannya yang disbanding dengan curug lainnya lebih tinggi. Terutama curug – curug yang ada di sekitar Bogor. Curug luhur memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 62 meter.

Loading...

Hunting Foto di Curug Luhur

Tentu menjadi sebuah ‘kewajiban’ jika anda berwisata dan membawa kamera. Abadikan momen anda ketika berada di curug luhur. Anda bisa memotret keindahan alamnya, keindahan 2 air terjun yang bersebelahan. Tapi ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan. Sebab, di sekelilingnya sudah ada semacam pagar atau batasan agar wisatawan tidak mendekati kolam utama karena adanya pusaran air. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun atau di wahana yang memiliki perosotan air.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Luhur

Berada di Curug Luhur akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 40.000/orang. Tarif ini belum termasuk tarif parkir. Jika mengikuti tarif resmi, parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp. 8000/ motor. Sementara untuk kendaraan roda empat dikanakan tariff Rp. 20.000/mobil. Harga bisa berubah sewaktu – waktu.

Sebaiknya anda juga tidak kaget jika ada pungutan parkir lagi karena ini seringkali dilakukan oleh warga sekitar dengan alasan jasa parkir dan lain – lainnya. Anda bisa mengunjungi curug luhur di hari senin sampai dengan minggu dari mulai jam 08.00 s/d 17.00 WIB.

Akses Lokasi Menuju ke Curug Luhur

Tempat wisata air terjun ini berada di Desa Ciapus Kecamatan Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Jika dari Bogor, jarak untuk sampai ke curug ini adalah sekitar 24 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Kalau anda menggunakan kendaraan pribadi roda empat, biasanya waktu untuk sampai bisa lebih lama. Ada dua rute yang bisa anda tempuh.

Dari arah Bogor, anda bisa kea rah Leuwiliang lalu ke daerah Ciampea. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Gunung Salak Endah. Anda bisa meneruskan ke daerah Tenjolaya dan sampailah di curug luhur. Sementara rute kedua adalah melalui pusat kota Bogor. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke BTM (Bogor Trade Mall) kemudian menuju daerah Ciapus. Tidak lama, anda bisa sampai di tuujuan lokasi anda.

Tips Berkunjung ke Curug Luhur

Dalam berwisata terutama ke pemandian, ada beberapa hal yang patut anda perhatikan agar ketika sampai di lokasi anda tidaklah kerepotan. Berikut adalah tips yang semoga bisa memabantu anda. Seperti, persiapkan baju renang dan baju ganti yang hangat mengingat di lokasi wisata memang dingin. Bawalah bekal dari rumah jika anda ingin menikmatinya di lokasi wisata tanpa harus membeli makanan di warung yang sudah tersedia.

Sebaiknya berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, sebab angkot akan sulit ditemui. Awasi selalu putra – putri anda ketika bermain air.  Sebaiknya tidak terlalu dekat ke air terjun. Anda bisa menikmati suasananya dari jarak aman. Jangan pulang dengan waktu sore hari. Ini dikarenakan Bogor sering diselimuti cuaca hujan sementara jalan ke lokasi tergolong minim penerangan.

Mendapatkan tubuh dan pikiran yang segar kembali setelah berlibur atau berwisata merupakan hal yang diinginkan tiap orang. Anda tidak perlu bingung menentukan pilihan. Curug Luhur bisa anda kunjungi kapanpun dan bersama siapapun. Dengan ulasan mengenai kondisi tempat wisata tersebut semoga membantu anda dalam mempersiapkan kunjungan ke curug luhur.

Dapatkan info unik dan menarik di kabar10.com.



loading...

Komentar