Liburan Asyik Wisata Bogor Ke Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara – Sejak awal pembangunannya, Taman Bunga Nusantara sudah digadang-gadang sebagai salah satu lokasi wisata yang paling apik yang pernah ada, khususnya di kawasan Cianjur dan Bogor. Lho, kenapa disebutkan Cianjur dan Bogor? Destinasi wisata yang diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1995 ini memang sering disebut dengan nama Taman Bunga Nusantara Bogor, meskipun secara administratif masuk ke wilayah Cianjur.

Berada tak jauh dari Gunung Gede, Taman Bunga Nusantara terbentang di sebuah lokasi dengan luas 35 hektar di sebuah desa bernama Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi. Iklim yang sejuk, pemandangan indah, tebaran pesona bunga sejauh mata memandang, bagi anda yang butuh melepaskan penat sejenak dari kesibukan pekerjaan, Taman Bunga Nusantara bisa menjawab keinginan anda tersebut. Taman Bunga Nusantara sering dijadikan lokasi study tour dan pre-wedding. Desain taman yang menarik dan instagramable tentunya menambah daya tarik Taman Bunga Nusantara sesuai dengan kebutuhan kekinian.

Keindahan di Taman Bunga Nusantara

Keindahan di Taman Bunga Nusantara

Penasaran dengan lokasi wisata yang satu ini? Baik, ayo kita telusuri bersama-sama Liburan Asyik Wisata Bogor Ke Taman Bunga Nusantara.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, lokasi dari Taman Bunga Nusantara adalah di Jalan Mariwati Km 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Meski lokasinya masuk kawasan Cianjur namun Taman Bunga Nusantara lebih populer disebut dengan nama Taman Bunga Nusantara Bogor. Jika anda menempuh perjalanan dari Jakarta, maka akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai kawasan Taman Bunga Nusantara ini, namun jika sedang akhir pekan atau musim liburan, siap-siap saja untuk menghadapi antrian yang cukup panjang.

Baca juga  5 Wisata Alam Instagramable di Puncak Bogor

Untuk mencapai lokasinya, anda dapat melewati tol Jagorawi ke arah Bogor dilanjutkan dengan arah menuju Puncak, kemudian lanjut menuju kawasan Cianjur.

Mengisi lahan seluas 34 hektar, Taman Bunga Nusantara membagi lokasi sebagai berikut : 23 hektar untuk beberapa taman yang mengusung beraneka konsep, 7 hektar untuk alam imajinasi, 2 hektar untuk lahan pembibitan dan sisanya digunakan untuk penginapan, restoran dan ruang pertemuan.

Ada bebek raksasa

Ada bebek raksasa

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Taman Bunga Nusantara

Tempat yang sungguh asri dan menarik ini memiliki harga tiket masuk yang cukup murah, yaitu 40 ribu rupiah saja. Harga tersebut berlaku per orang dengan usia di atas 4 tahun. Sedangkan untuk parkir motor akan dikenakan biaya sepuluh ribu rupiah dan untuk parkir kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir lima belas ribu rupiah, minibus akan dikenakan biaya dua puluh ribu rupiah dan bus dua puluh lima ribu rupiah.

Untuk tiket ke Wira-Wiri dan Rumah Kaca akan dikenakan biaya lima ribu rupiah, sedangkan tiket Dotto Train dan Garden Tram akan dikenakan biaya lima puluh ribu rupiah. Jika anda membutuhkan peta taman, maka anda dapat membelinya hanya dengan seribu rupiah saja.

Untuk jam buka, Taman Bunga Nusantara siap melayani anda setiap pukul 08.00 hingga 17.00 WIB pada hari kerja Senin sampai Jumat, sedangkan pada akhir pekan Sabtu dan Minggu, Taman Buka Nusantara tetap akan buka pada pukul 08.00 WIB namun akan tutup sedikit lebih sore yaitu pada pukul 17.30 WIB.

Cantik ya?

Cantik ya?

Apa Saja yang Ada di Taman Bunga Nusantara?

Yang pertama kali ditonjolkan oleh destinasi wisata ini tentunya adalah taman bunganya. Ada sembilan jenis taman di Taman Bunga Nusantara, yaitu Taman Bali, Taman Jepang, Taman Mediterania, Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Palem, Taman Labirin, Taman Air dan Taman Mawar yang masing-masing memiliki pesonanya sendiri-sendiri. Jika anda ingin merasakan serunya keliling 3 benua, maka silahkan mengunjungi ke lima taman yang disebutkan terlebih dahulu.

Baca juga  7 Wisata Bogor Rumah Pohon Paling Asyik Untuk Selfie

Pada Taman Bali anda seperti akan diajak mengunjungi pulau dewata dengan deretan bunga kamboja, sepatu dan helikonia dengan bangunan yang didesain seperti candi. Taman Perancis mengusung era renassaince yang merupakan masa kejayaan Perancis di abad ke-17 sebagai patokan dengan pola geometris yang rapi dan teratur menjadi pesona tersendiri. Sedangkan Taman Amerika mengusung konsep Country Classic dan Native Garden. Yang agak spesial mungkin adalah Taman Jepang yang didesain oleh Hamana Yosuke, desainer asli berkebangsaan Jepang.

Taman Jepang

Taman Jepang

Labirin

Anda tidak akan sekedar dimanjakan dengan pesona taman bunga yang indah karena selain dapat cuci mata dan berfoto-foto, anda dapat melakukan wisata edukasi dengan memperkenalkan tanaman ke anak-anak serta menikmati wahana seru yang disediakan.

Sekedar saran dari kami, saat anda mengunjungi Taman Bunga Nusantara, segeralah membeli peta yang sudah disediakan di pintu masuk, karena anda pasti tidak ingin kehilangan spot-spot menarik yang tersebar di seluruh penjuru taman.

Beberapa lokasi yang dapat digarisbawahi adalah Taman Labirin, permainan seru mencari jalan keluar dari jajaran tembok tanaman menyesatkan. Ada pula Jam Raksasa, penunjuk waktu yang berhiaskan bunga-bunga cantik yang akan selalu mengeluarkan suara tiap jamnya. Selain itu masih ada Rafflesia Mini Theater, Rumah Kaca, Air Mancur Musikal, Danau Angsa, Patung Dewi Kunti dan lain-lain.

Bagus untuk selfian

Bagus untuk selfian

Jika anda ingin mengajak anak-anak bermain maka bisa mengunjungi wahana Alam Imajinasi yang memiliki arena ATV, go-kart, bola air, arung apung, hingga bianglala mini. Untuk masing-masing permainan anda akan diminta tambahan biaya sekitar 10 hingga 75 ribu rupiah.

Baca juga  7 Wisata Bogor yang Instagramable dan Kekinian Abis

Demikian info seputar Liburan Asyik Wisata Di Bogor Ke Taman Bunga Nusantara. Mudah-mudahan informasi ini dapat menjadi tambahan pengetahuan sekaligus membantu anda menentukan destinasi wisata pada liburan mendatang. Selamat berwisata, ya!

Bagikan:
  • 10
    Shares

Leave a Reply