Review Taman Bunga Nusantara – Alamat, Daya Tarik, Fasilitas & Tiket 4.33/5 (3)

Sejak awal pembangunannya, Taman Bunga Nusantara sudah digadang-gadang sebagai salah satu lokasi wisata yang paling apik yang pernah ada, khususnya di kawasan Cianjur dan Bogor.

Lho, kenapa disebutkan Cianjur dan Bogor? Destinasi wisata yang diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1995 ini memang sering disebut dengan nama Taman Bunga Nusantara Bogor, meskipun secara administratif masuk ke wilayah Cianjur.

Berada tak jauh dari Gunung Gede, Taman Bunga Nusantara terbentang di sebuah lokasi dengan luas 35 hektar di sebuah desa bernama Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi.

Keindahan di Taman Bunga Nusantara

Keindahan di Taman Bunga Nusantara

Iklim yang sejuk, pemandangan indah, tebaran pesona bunga sejauh mata memandang, bagi anda yang butuh melepaskan penat sejenak dari kesibukan pekerjaan, Taman Bunga Nusantara bisa menjawab keinginan anda tersebut.

Taman Bunga Nusantara sering dijadikan lokasi study tour dan pre-wedding. Desain taman yang menarik dan instagramable tentunya menambah daya tarik Taman Bunga Nusantara sesuai dengan kebutuhan kekinian.

Penasaran dengan lokasi wisata yang satu ini? Baik, ayo kita telusuri bersama-sama Liburan Asyik Wisata Bogor Ke Taman Bunga Nusantara.

Alamat Taman Bunga Nusantara Bogor

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, taman ini beralamat di Jalan Mariwati Km 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

Meski lokasinya masuk kawasan Cianjur namun Taman Bunga Nusantara lebih populer disebut dengan nama Taman Bunga Nusantara Bogor.

Rute Taman Bunga Nusantara

Jika anda menempuh perjalanan dari Jakarta, maka akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai kawasan Taman Bunga Nusantara ini, namun jika sedang akhir pekan atau musim liburan, siap-siap saja untuk menghadapi antrian yang cukup panjang.

Untuk mencapai lokasinya, anda dapat melewati tol Jagorawi ke arah Bogor dilanjutkan dengan arah menuju Puncak, kemudian lanjut menuju kawasan Cianjur.

Peta Taman Bunga Nusantara Cipanas

Rute Taman Bunga Nusantara (sumber)

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara awal mula berdirinya adalah atas prakarsa ibu Danil Bustanil Arifin yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara.

Taman seluas kurang lebih 35 hektar ini mula dirintis pembangunanya tahun 1992 dan diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1995.

Ibu Danil Bustanil Arifin dan anggota dari yayasannya saat membangun tempat ini memiliki tujuan mulia. Beliau ingin membuat aset wisata berbasis Agro yang saat itu memang sangat jarang terdapat di Indonesia.

Bermula dari taman inilah muncul taman-taman atau tempat wisata agro lain yang populer saat ini.

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara

Peta Taman Bunga Nusantara Cipanas

Peta Taman Bunga Nusantara Cipanas

Mengisi lahan seluas 34 hektar, Taman Bunga Nusantara membagi lokasi sebagai berikut: 23 hektar untuk beberapa taman yang mengusung beraneka konsep, 7 hektar untuk alam imajinasi, 2 hektar untuk lahan pembibitan.  Sisanya digunakan untuk penginapan, restoran dan ruang pertemuan.

Yang pertama kali ditonjolkan oleh destinasi wisata ini tentunya adalah taman bunganya.

Ada sembilan jenis taman di Taman Bunga Nusantara, yaitu Taman Bali, Taman Jepang, Taman Mediterania, Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Palem, Taman Labirin, Taman Air dan Taman Mawar yang masing-masing memiliki pesonanya sendiri-sendiri.

Berikut deskripsi masing-masing taman:

Taman Air

Tempat ini berisikan bermacam-macam tanaman air yang berasal dari berbagai negara. Sebut saja  tumbuhan Cybera papyrus yang dulunya digunakan bahan pembuatan kertas oleh bangsa Mesir kuno.

Terdapat pula teratai raksasa atau Talia Delbata yang berasal dari Amerika Latin. Tanaman ini menjadi salah satu ikon di taman air karena bentuknya yang mirip nampan besar.

Tak ketinggalan dua buah patung Dinosaurus yang pasti di sukai anak-anak jika kamu datang bersama keluarga tercinta.

Taman Bali

Merupakan sebuah penghargaan bagi Pulau Bali yang telah mendunia, di tempat ini terdapat berbagai bunga seperti sepatu, kamboja dan berbagai jenis helikonia.

Terdapat juga bangunan seperti gapura dan patung yang bercorak khas Bali. Dijamin ketika kamu berada di tempat ini akan terasa seperti berada di Bali sungguhan.

Cantik ya? Taman Bunga Nusantara

Cantik ya?

Taman Perancis

Sesuai dengan namanya taman ini di bangun dengan mengusung gaya Renaissance Perancis yang kental.

Taman Perancis mengusung era renassaince yang merupakan masa kejayaan Perancis di abad ke-17 sebagai patokan dengan pola geometris yang rapi dan teratur menjadi pesona tersendiri.

Di sini kamu juga akan melihat tanaman Perdu Taiwan Beuty yang tertata rapi dan di tengahnya di tanami dengan bunga berwarna-warni.

Taman Jepang

Meskipun sederhana tetapi taman bernuansa Jepang ini tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Taman Bunga Nusantara.

Didesain oleh Hamana Yosuke, desainer asli berkebangsaan Jepang, taman ini sendiri terinspirasi dari bangunan rumah di Jepang tempo dulu lengkap dengan tanaman cemara yang tertata rapi.

Di tempat ini juga terdapat kolam lengkap dengan jembatan kayunya yang berhasil menciptakan view taman Jepang semakin menawan.

Taman Jepang Taman Bunga Nusantara

Taman Jepang

Taman Mawar

Ketika mendengar namanya kamu pasti bisa menebak isi dari taman ini. Ya, di taman ini terdapat berbagai macam tanaman mawar dengan beraneka warna dan bentuk yang cantik.

Mawar di taman ini di perlakukan secara khusus baik pemupukan, penyiraman, maupun penyilangannya. Hal ini agar tanaman Mawar tetap indah dan terjaga kelestariannya.

Taman Labirin

Untuk kamu yang menyukai hal rumit atau terbiasa memecahkan teka-teki wajib sekali datang ke taman Labirin. Taman ini terbentuk dari tanaman yang di pangkas rapi dan sengaja di buat labirin yang besar.

Tidak perlu takut tersasar karena ada peta yang bisa kamu jadikan petunjuk saat memasuki labirin.

Taman Bunga Nusantara

Taman Labirin

Taman Mediteran

Taman ini di bangun dengan tujuan mengenalkan masyarakat pada beragam tanaman mediterania atau gurun pasir. Tak heran tanaman disini di dominasi oleh Kaktus dan Yucca.

Jenis tanaman kaktus yang di tanam di sini seperti Notocactus Magnificus, Opuntia Rufida, Cephalocereus Senilis, serta Cereus Hexagonus, dibiarkan berkembang layaknya di tempat asalnya.

Taman Palem

Taman Palem cocok sekali dijadikan tempat ngadem, karena di sini kamu akan menemukan pohon Palem yang tumbuh subur. Daun Palem yang cenderung lebar dan lebat akan menghalagi cahaya Matahari langsung menyengat ke tubuhmu.

Ada sekitar 100 jenis tanaman Palem yang tumbuh di sini seperti Srew Pine dan Palem Kipas dari Madagascar.

Green House

Bunga yang di tanam di rumah kaca ini umumnya adalah bunga yang tumbuh dari negara dengan 4 musim. Rumah kaca seluas kurang lebih 2000 meter persegi ini berisi beraneka macam jenis dan warna bunga dan pastinya akan memanjakan mata anda.

Menara Pandang

Ingin menikmati hamparan bunga dari ketinggian, kamu harus mencoba naik ke menara pandang ini. Dari menara pandang kamu akan bisa melihat keseluruhan pemandangan taman bunga yang indah dan asri.

Taman Bunga Nusantara

Ada bebek raksasa

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Taman Bunga Nusantara

Ada berbagai hal seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Taman Bunga Nusantara misalnya:

Mengelilingi Taman Bunga

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika datang ke taman ini tentu saja berkeliling menikmati keindahan berbagai jenis taman.

Selain kamu akan merasa senang ketika berkeliling, pasti ada banyak ilmu baru yang kamu dapatkan. Mulai dari pengetahuan baru mengenai jenis bunga, asal, maupun cara perawatannya.

Piknik

Jika kamu datang kesini bersama rombongan yang lumayan banyak tidak perlu khawatir, karena di tempat ini di sediakan 8 titik lokasi yang bisa dipilih. Masing-masing area bisa menampung 500 sampai 3.500 orang.

Berwisata Air

Di area taman bunga ini juga terdapat area bermain air, kamu bisa bermain arung apung, bola air dan juga memancing.

Mengambil Foto (Prewedding)

Karena keindahan tempat ini yang memukau tidak heran banyak pasangan yang akan menikah menjadikan taman bunga nusantara sebagai lokasi berfoto.

Ketika berfoto di tempat ini kamu tidak perlu melakukan banyak proses editing karena view di tempat ini sudah sangat indah dengan sendirinya.

Fasilitas Yang Tersedia di Taman Bunga Nusantara

Bagus untuk selfian

Bagus untuk selfian

Taman Bunga Nusantara juga telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang akan memudahkanmu ketika berkunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut misalnya :

Mini Theater

Teater ini merupakan fasilitas audiovisual yang khusus disediakan pengelola taman ini untuk mengenalkan ke wisatawan sedikit gambaran tentang taman ini.

Mobil Wara-wiri

Mobil ini bisa kamu jadikan sebagai sarana berkeliling taman bunga. Mampu menampung 10 sampai 14 orang cocok untuk kamu yang berwisata dengan keluarga besar.

Kereta Dotto

Transportasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi taman bunga yaitu Dotto Train. Kereta berwarna putih ini akan membawamu berkeliling kawasan taman bunga tanpa lelah. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk berjalan kaki.

Taman Bunga Nusantara

Berkeliling dengan Kereta Dotto

Poliklinik

Saat berkeliling tiba-tiba kamu merasa tidak enak badan tidak perlu khawatir. Di area taman bunga ini juga terdapat fasilitas klinik yang bisa di kunjungi saat tiba-tiba sakit.

Kafe Marigold

Lelah berkeliling coba pulihkan tenagamu sejenak dengan berkunjung ke kafe ini. Kamu bisa menikmati berbagai macam makanan dan minuman yang akan mengembalikan energimu.

Nany’s Galleria

Ke tempat wisata tapi pulang tidak membawa oleh-oleh tentu ada yang kurang. Nah, kamu bisa mampir sebentar ke nany’s galley untuk membeli bermacam souvenir khas.

Wisma Saung Nini

Tempat ini di buat untuk kamu yang berniat menghabiskan waktu lebih lama di taman bunga. Kamu bisa menginap dan memilih sendiri kamar yang kamu sukai.

Jika anda ingin mengajak anak-anak bermain maka bisa mengunjungi wahana Alam Imajinasi yang memiliki arena ATV, go-kart, bola air, arung apung, hingga bianglala mini.

Taman Bunga Nusantara

Sudut Lain

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara 2018

Tempat yang sungguh asri dan menarik ini memiliki harga tiket masuk yang cukup murah, yaitu 40 ribu rupiah saja. Harga tersebut berlaku per orang dengan usia di atas 4 tahun.

Sedangkan untuk parkir motor akan dikenakan biaya sepuluh ribu rupiah dan untuk parkir kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir lima belas ribu rupiah, minibus akan dikenakan biaya dua puluh ribu rupiah dan bus dua puluh lima ribu rupiah.

Untuk tiket ke Wira-Wiri dan Rumah Kaca akan dikenakan biaya lima ribu rupiah, sedangkan tiket Dotto Train dan Garden Tram akan dikenakan biaya lima puluh ribu rupiah. Jika anda membutuhkan peta taman, maka anda dapat membelinya hanya dengan seribu rupiah saja.

Jam Operasional Taman Bunga Nusantara

Taman ini dibuka untuk wisatawan selama satu minggu penuh. Pada saat weekdays buka pukul 8 pagi sampai 5 sore, sedangkan weekend buka mulai jam 8 pagi sampai 5.30 sore.

Demikian review kami tentang Taman Bunga Nusantara. Mudah-mudahan dapat menjadi tambahan informasi sekaligus membantu anda menentukan destinasi wisata pada liburan mendatang.

Selamat berwisata, ya!

Berikan penilaian Anda!