10 Lokasi Wisata Garut Dengan Pemandangan Menakjubkan

10 Lokasi Wisata Garut Dengan Pemandangan Menakjubkan

Tidak heran jika Garut disebut-sebut sebagai Swiss van Java atau Swiss di Jawa. Karena, pesona wisata Garut yang dihiasi dengan kelokan sungai, deburan ombak di pantai, sampai gunung tinggi yang menjulang membuat banyak orang mencintai kota yang dikenal dengan dodolnya ini.

Hal inilah yang disebut-sebut sebagai salah satu alasan jika Charlie Chaplin, aktor dan sutradara legendaris Hollywood sampai dua kali berkunjung ke Garut.

Talaga Bodas Garut wisata garut

Talaga Bodas Garut

Kota ini semakin membuktikan bahwa Tuhan memang sedang tersenyum ketika menciptakan tanah Pasundan.

Ini semua dibuktikan dengan beragam tempat wisata alam yang ada di Garut. Wisata alam mulai dari pegunungan, air terjun, kawah vulkanik, hingga pantai semua ada di Garut.

Karena semua ada di sini, kita seakan tidak memiliki waktu untuk menikmati semuanya.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tempat wisata Garut yang tentunya akan bikin kita balik lagi liburan ke kota dodol ini. Yuk kita bahas!

Pantai Sodong Bodas

View this post on Instagram

#sodongbodas #garutturunankidul

A post shared by Gelar Ghaly (@gelarghaly) on

Pantai Sodong Bodas adalah pantai yang letaknya dekat dengan Pantai Puncak Guha. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, kedua pantai ini memiliki karakteristik yang hampir serupa.

Yaitu berupa tebing yang langsung berbatasan dengan laut. Di atas tebing itu sendiri, terdapat lahan yang memang merupakan sawah dan juga lahan milik warga setempat.

Di obyek wisata Garut ini, kita bisa memberikan makan ternak sekaligus juga menikmati udara pantai sambil berfoto dengan latar belakang lautan. Sodong Bodas sendiri berarti cekungan putih.

Pantai Puncak Guha

View this post on Instagram

Di Bungbulang juga ada pantainya yang sudah populer yaitu Puncak Guha. Eh iya, kalau pernah berkunjung ke Puncak Guha, sudah pernah lihat Guha nya belum ? Kalau belum, di sarankan membawa masker, jangan kelamaan melihatnya ya πŸ˜„dan jangan terlalu dekat melihat guhanya yang sangat dalam lihat batas amannyaπŸ™. . #PuncakGuha sendiri merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Guha sendiri berasal dari bahasa sunda, artinya goa. Disebut Puncak Guha karena dibawahnya terdapat gua kelelawar, tepat menghadap ke laut selatan jawa,Β Samudera Hindia . Puncak Guha berada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang yang diapit 2 muara yaitu Muara Cikaso sebelah timur dan Muara Cipancong sebelah barat, sekaligus pembatas antara kecamatan Bungbulang dan Kecamatan Caringin yang terdapat Pantai Ranca Buaya. #photo from @felisblog.web.id hatur nuhun πŸ™ #GarutTurunankidul

A post shared by PAKIDULAN (GTK) (@garut_turunankidul) on

Setelah muncul dan disebutkan dalam novel Perahu Kertas karya Dee Lestari, Pantai Puncak Guha semakin banyak didatangi wisatawan dan semakin tersohor.

Padahal, obyek wisata Garut yang satu ini bukanlah pantai dengan garis pantai panjang yang dihiasi pantai putih. Pantai ini merupakan pantai yang bertebing yang memang hanya bisa dinikmati untuk pemandangan dan suasana laut.

Tapi, jangan salah, pemandangan dari atas tebing Puncak Guha sangatlah indah. Di atas tebing, terdapat juga Gua Kelelawar yang masih dihuni. Di atas tebing, kita juga bisa melakukan camping hingga rock fishing.

Lebih lanjut mengenai Pantai Puncak Guha bisa dibaca di postingan Puncak Guha Garut.

Air Terjun Rahong

View this post on Instagram

CURUG RAHONG: air terjun cucok meong di selatan garut. βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž– Merupakan air terjun yang berada di selatan garut tepatnya di Daerah Cisewu. Selain terkenal karena patung harimau koramilnya yg-dulu-lucu-sekarang-jadi-garang, curug rahong juga merupakan ikon cisewu. Curug ini berada di dekat bahu jalan raya cisewu-pantai rancabuaya, tepatnya disamping jembatan/tanjakan rahong. Curug rahong dikenal oleh warga sekitar sebagai Cahong. . ✨✨✨✨ Keunikan ✨✨✨✨✨ ada batu ditengah aliran curug, sehingga membuat air curug seperti terbelah dan menyatu kembali dibawah. . βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž– HOW TO GET THERE: βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž– πŸ”ΈDari bandung bisa ambil jalur pangalengan arahkan kendaraan ke jalur cisewu πŸ”Έsetelah melewati patung harimau di koramil cisewu lambatkan kendaraan πŸ”Έ sekitar 15 menit dari koramil cisewu kamu akan menemukan turunan tajam dan jembatan yang disebut jembatan rahong, tengok ke kiri dan kamu akan melihat aliran sungai dan banyak orang yg renang disana πŸ”Έparkirkan kendaraan didepan warung-warung dan silahkan mulai explore . . πŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’Έ How much money we spent: βž–Ga ada tiket masuk alias free βž–Parkir Rp 2.000 βž–Bensin motor Rp 20.000 βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž– Jangan ambil sesuatu apalagi pacar orang, jangan tinggalkan sesuatu kecuali masalalu yang kelam, jangan bunuh sesuatu kecuali kenangan bersama mantan πŸ˜‚ βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž– See you at the next review πŸ€—βœ¨ πŸ“· @berikdik πŸ‘©πŸΌπŸ‘§πŸΌ @nuryyantiaeni @tyuniar93 #exploregarut #melonggarut #garutturunankidul #curugrahong

A post shared by TEYE 🌼 (@tyuniar93) on

Air terjun atau Curug Rahong memiliki akses yang mudah untuk dilalui. Bahkan, lokasinya terletak di pinggir jalan raya yang merupakan jalur untuk menuju Pantai Rancabuaya.

Air terjunnya memang tidak besar juga tinggi. Tapi, curug ini memiliki aliran yang menyilang. Tinggi air terjun ini hanya berkisar 10 meter saja.

Di bawahnya juga ada air terjun dari dua undakan yang lebih kecil. Walaupun air terjun pendek, bagian bawah air terjun ini terhitung cukup dalam. Bahkan kedalamannya bisa mencapai 8 meter dan memiliki arus yang cukup deras.

Hutan Mati Gunung Papandayan

Memang, jarak antara Hutan Mati dengan pintu masuk Gunung Papandayan tidaklah dekat. Paling tidak, membutuhkan waktu dua jam trekking untuk bisa mencapai Hutan Mati.

Tapi, tidak perlu khawatir, karena medannya tidak terlalu berat. sehingga sangat cocok untuk para pemula. Hutan ini terlanda erupsi dari letusan di tahun 1772.

Sehingga, kawasan ini banyak dihiasi oleh bangkai pohon-pohon yang terbakar dan juga dihiasi lautan pasir. Hutan Mati sendiri sangat cocok dilihat ketika sunrise atau sunset karena akan tampak sangat indah.

Tebing Batu Patapaan

View this post on Instagram

Batu Patapaan di Cikajang Garut, tempat kamu bertapa, berdiam diri, menikmati panorama hijaunya kebun teh yang menyegarkan mata. 😁 lokasinya tidak jauh dari Batu Tumpang. . Regram foto dari @iki_andria Jangan lupa untuk menjaga kebersihan, mendukung ekonomi lokal dan menghargai kebudayaan setempat ketika kamu datang ke tempat ini, Be a #ResponsibleTraveller. Informasi lebih lengkap seputar pariwisata garut silahkan kunjungi website kita di www.jelajahgarut.com #JelajahGarut

A post shared by Jelajah Garut (@jelajah_garut) on

Sesuai namanya, Tebing Batu Patapaan disebut-sebut sebagai tempat untuk bertapa. Tapi, memang itu saat digunakan di zaman dulu.

Kini, tempat ini menjadi sebuah tempat dengan pemandangan indah di mana bukit-bukit hijau berundak dan berbaris di depan mata.

Tidak heran jika tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat berfoto. Tebing Batu Patapaan terletak di Jalan Raya Cikajang ke arah Gunung Pangramatan.

Talaga Bodas

Jika di Bandung tepatnya di Ciwidey memiliki Kawah Putih, di Garut ada Talaga Bodas. Tempat ini merupakan danau putih yang merupakan bagian dari proses aktivitas vulkanik.

Di sini terdapat area kawah dan juga area kolam air panas untuk mandi dan berendam. Di area kawah, kita bisa melihat keindahan sekaligus mengabadikan momen dengan berfoto.

Sementara di kawasan kolam, kita bisa berendam sekaligus mandi. Air belerang yang hangat ini dipercaya bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Tiket masuk ke Talaga Bodas sendiri terbilang murah. Hanya berharga 5 ribu Rupiah untuk hari biasa dan 7,5 ribu Rupiah untuk akhir pekan.

Lebih lanjut tentang obyek wisata ini bisa dibaca di postingan tentang Kawah Talaga Bodas.

Bukit Pilar Angin

Salah satu savana atau padang rumput yang terkenal di Indonesia adalah di Sumba. Tapi untuk warga Jawa Barat dan sekitarnya, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana untuk menikmati pemandangan padang rumput yang luas.

Karena di Bukit Pilar Angin Garut terdapat savana yang tidak kalah indahnya. Membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari pusat Kota Garut untuk mencapai tempat ini.

Tapi, semua itu terbayarkan oleh indahnya pemandangan yang ditawarkan. Tidak heran jika kemudian tempat wisata GarutΒ  ini menjadi salah satu tempat yang sering dijadikan latar berfoto.

Curug Sanghyang Taraje

Obyek wisata Garut yang merupakan air terjun kembar ini merupakan air terjun yang bisa terbilang tinggi dan juga besar. Selain itu, air terjun dengan tinggi 82 meter ini sekilas berbentuk seperti anak tangga besar.

Tidak salah jika kemudian warga sekitar menamakannya Sanghyang Taraje. Sanghyang sendiri berarti kahyangan dan taraje berarti tangga.

Sehingga Sanghyang Taraje berarti tangga menuju surga. Udara di sekitar kawasan ini terasa sejuk karena tempat ini berada di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut.

Selain juga sejuk karena ada banyak cipratan air terjun yang terasa bila kita mendekati air terjun.

Pantai Santolo

Salah satu pantai yang paling terkenal di Garut adalah Pantai Santolo. Akses jalan menuju Pantai Santolo bisa dibilang baik dan mudah untuk dilalui.

Hanya saja, jalannya penuh dengan kelokan tajam. Sehingga sering kali menyebabkan mabuk darat. Tapi, itu semua terbayar dengan suasana Pantai Santolo yang memang indah.

Di obyek wisata Garut ini, ada berbagai macam tempat seru. Mulai dari pasir putih di bibir pantai sampai meneyeberangi pantai menuju Pulau Santolo dari kawasan dermaga.

Pantai Rancabuaya

View this post on Instagram

#rancabuayabeach

A post shared by KucingHerbbie_53 (@sendinirfana) on

Obyek wisata Garut lain yang terkenal adalah Pantai Rancabuaya. Di pantai ini, ombaknya cukup besar dan banyak dipenuhi batu karang. Sehingga pantai ini memang kurang cocok untuk untuk berenang.

Tapi tetap saja pemandangan indah lautan Samudera Hindia terlihat sangat indah. Kita juga masih bisa menikmati suasana pantai yang menyenangkan.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Pantai Rancabuaya adalah saat sore hari. Karena sunset di pantai ini sangatlah indah.

 

Itulah beberapa tempat wisata Garut yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan. Seluruh tempat tersebut sangat cocok untuk berfoto dan diabadikan karena memiliki pemandangan alam yang indah.

Tempat-tempat inilah yang menjadikan Garut pantas untuk mendapatkan julukan Swiss van Java. Karena memang pemandangan alam Garut sendiri tidak kalah dari pemandangan alam di tempat lain.