Anyer: Pantai di Ujung Barat Pulau Jawa Yang Istimewa

Pada tahun 1986, Oddie Agam menciptakan sebuah lagu. Judulnya Antara Anyer dan Jakarta.

Lagu itu pertama kali dinyanyikan oleh Atiek CB.  Namun publik lebih mengingatnya setelah dipopulerkan oleh penyanyi Malaysia Sheila Majid.  Di akhir tahun 80-an.

Lagunya enak dengan lirik yang romantis.  Menceritakan sepasang kekasih yang saling jatuh cinta dalam perjalanan 3 malam antara Anyer dan Jakarta.  Namun kemudian berpisah.

Antara Anyer dan Jakarta.  Kita jatuh cinta.

Antara Anyer dan Jakarta. 

Kisah cinta tiga malam. Kan ku ingat selamanya.

Antara Anyer dan Jakarta. 

Duh… Jadi baper…. 

Lalu, apa keistimewaan Anyer? Mengapa Oddie Agam sampai kepikiran membuat lagu dengan judul tersebut? Yuk kita bahas!

Tentang Anyer

Anyer adalah sebuah kecamatan di Kota Serang Propinsi Banten.  Ia terkenal karena memiliki pantai yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit orang Jakarta: Pantai Anyer.

pantai anyer
Pantai Anyer (Detiktravel)

Tempat ini disebut-sebut sebagai kawasan terindah di ujung barat Pulau Jawa.  Hingga menjadi destinasi liburan populer.

Oya.  Anyer juga tercatat penting dalam sejarah bangsa Indonesia, lho.

Di kota inilah dulu, Gubernur Jendral Deandels memulai proyek ambisiusnya: membangun jalan yang tidak terputus sepanjang lebih dari 1000 kilometer sampai ke Panarukan di timur Pulau Jawa.

Asal Usul Nama Anyer

Anyer konon berasal dari kata “anyar.”  Artinya baru, dalam bahasa Sunda atau Jawa.

Sejarahnya, tempat ini awalnya bernama Sudi Mampir yang sudah ada sejak jaman Kesultanan Banten pada abad XVII.

Pada tahun 1883 terjadi letusan Gunung Krakatau yang maha dahsyat itu. Tak ayal, karena jaraknya sangat dekat, kawasan ini hancur akibat diterjang tsunami.

Anyer: Pantai di Ujung Barat Pulau Jawa Yang Istimewa 1
Ilustrasi Letusan Krakatau 1883 (Tribunnews)

Setelah porak poranda, penduduk kemudian membangun kembali daerah tersebut. Lama-lama kembali ramai dengan banyaknya para pendatang.

Kampung yang sempat hancur tersebut dinamakan Kampung Anyar.  Entah karena apa, lalu berubah jadi Anyer.

Menuju Pantai Anyer

Pantai Anyer terletak di Jalan Raya Karang Bolong Kecamatan Anyer, Kota Serang.  Kota Serang sendiri adalah ibukota Provinsi Banten.

Dari Jakarta, kawasan ini berjarak sekitar 125 kilometer.  Dapat ditempuh dengan waktu 2 seperempat jam dalam kondisi lalu lintas normal. 

Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh menyebabkan Pantai Anyer menjadi salah satu tujuan favorit orang Jakarta yang ingin mantai.

Apalagi dengan aksesibilitas yang cukup mudah. Dari Jakarta melewati tol Jakarta Merak.  Keluar melalui gerbang Cilegon Barat.  Lalu ikuti petunjuk yang tersedia cukup banyak.

Anyer: Pantai di Ujung Barat Pulau Jawa Yang Istimewa 2
Gerbang Tol CIlegon Barat (Okezone)

Atau minta bantuan peta Mbah Google bila ingin praktis.

Untuk yang menggunakan angkutan umum bisa menggunakan bus atau kereta. Bus cari yang jurusan Merak.  Lalu turun di terminal Cilegon. Dari sana naik angkot menuju Simpang. Lalu Anyer.

Sementara yang naik kereta, bisa naik dari stasiun Tanah Abang jurusan Rangkas.  Lalu turun ke stasiun Krenceng.  Dari sini naik angkutan umum ke Anyer yang banyak tersedia.

Keistimewaan Pantai Anyer

Pantai Anyer membentang di ujung barat Pulau Jawa.  Saya sendiri pernah beberapa kali melewati jalur tersebut, sampai nyambung ke Pantai Carita di Kabupaten Pandeglang.

Pemandangan sepanjang jalan sangat indah dan tidak membosankan.

Sebenarnya Pantai Anyer bukan merupakan pantai tunggal. Dia terdiri dari beberapa spot-spot pantai dengan nama-nama tersendiri.

Paling tidak ada 7 spot pantai yang terkenal dengan karakteristik yang bermacam-macam. 

Pantai Sambolo

Pantai ini yang paling ramai di Anyer. Cocok bagi kamu yang suka bermain-main di air.  Seperti berenang, main banana boat, snorkling, jet ski atau parasailing. 

Pantai Sambolo Anyer
Pantai Sambolo Anyer (Bantenwisata)

Pantai yang berpasir putih ini memiliki keunikan lain.  Yaitu terdapat sebuah mercu suar setinggi 75 meter yang dibangun pada tahun 1885.  Kamu juga bisa naik ke sana kalau mau. Dan kuat naik tangga.

Pantai Marbella

Disebut pantai Marbella karena di sana ada hotel Marbella yang terkenal itu. Dekat dengan Pantai Sambolo. Pantai ini cocok bagi kamu yang ingin menginap di hotel mewah.

Pantai Cibeureum

Pantai yang terletak di Pasar Sirih Anyer sangat cocok untuk yang ingin bersantai bareng keluarga karena relatif sepi. 

Kamu bisa menyewa pondok-pondok yang berada di pinggir pantai seharga 50 ribu seharian.  Di sini juga ada beberapa permainan yang bisa dinikmati seperti banana boat, jet ski, parasailing dll.

Pantai Marina

Di pantai ini kamu bisa menikmati berbagai permainan air.  Yaitu seperti parasailing, thundercats boat, mable serta banana boat.  Jadi kamu yang ingin seru-seruan harus ke sini.

Pantai Pasir Putih Florida

Di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah khas pantai. 

Kamu bisa berjalan-jalan menyusuri pantai, berwisata kuliner, mengambil foto atau sekedar menunggu sunset.

Sunset di pantai ini menjadi istimewa karena posisinya yang berhadapan langsung dengan gunung Anak Krakatau.

Pantai Karang Bolong

Disebut Karang Bolong karena ada spot berupa karang yang berlubang (bolong) dengan panjang sekitar 30 meter, lebar 10 meter dan tinggi 5 meter.

pantai karang bolong anyer
Pantai Karang Bolong Anyer (Sportourism)

Di sini tersedia juga gardu pandang untuk melihat ke arah laut dari ketinggian. Kamu yang suka fotografi akan banyak menemui spot-spot menarik yang bisa dieksplore.

Pantai Tawing Karang Suraga

Berbatasan dengan Pantai Karang Bolong.  Pantai ini memiliki ombak yang tenang.  Cocok bagi bersantai dengan keluarga.

Masih ada beberapa pantai lagi yang bisa kamu kunjungi di sepanjang jalur Pantai Anyer, seperti Pantai Jambu, Pantai Pulau Merak, Pantai Pulo Sangiang dan Pantau Pulo Umang.

Kamu bisa pilih sesuai selera kamu.

Penginapan di Pantai Anyer

Dengan banyaknya spot menarik yang ada di sepanjang Pantai Anyer, maka sebaiknya kamu memang bermalam.  Dua atau tiga hari. Agar bisa mengeksplore tempat-tempat menarik di sana.

Dan sebagai destinasi wisata yang populer, Anyer memiliki infrastuktur yang memadai.  Termasuk akomodasi. Ada banyak penginapan, villa, cottage maupun hotel di Anyer dengan berbagai tipe yang bisa dipilih.

Kamu bisa mencarinya melalui aplikasi Pegipegi.com untuk mendapatkan harga terbaik.

Hal yang saya suka di aplikasi ini adalah kita bisa mengurutkan hotel-hotel yang ada di sana berdasarkan keinginan kita. 

Misalnya menurut harga, dari tinggi ke rendah atau sebaliknya, menurut kualifikasi hotel tersebut (bintang 1-5) atau menurut ulasan.  Jadi kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Terdampak Gempa

Faktor kedekatan dengan gunung Anak Krakatau selain memberi keuntungan juga ternyata memberikan dampak yang merugikan bagi Anyer.

Pasca gempa dengan magnitude 6,9 beberapa waktu yang lalu tersebut, membuat pantai-pantai di Banten menjadi sepi pengunjung, termasuk Anyer.

Meski tidak terdampak secara langsung oleh gelombang tsunami, kawasan wisata pantai Anyer ikut terimbas.  Wisatawan masih enggan berkunjung karena masih takut. 

Ya, mudah-mudahan saja cepat kembali pulih agar dunia pariwisata di Indonesia makin berkembang.  Sehingga bisa mendongkak perekonomian warga sekitar.

banana boat di anyer
Banana Boat di Pantai Anyer (Pegipegi)

Tips Berkunjung ke Pantai Anyer

Untuk yang ingin berkunjung ke Pantai Anyer, ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna buat kamu:

Pertama, kalau ingin santai datanglah pada weekday.  Karena pada hari-hari itu pantai relatif sepi.  Kamu akan lebih tenang dan bisa menikmati pantai dengan lebih leluasa.  Serasa memiliki pantai pribadi.

Kedua, menginaplah beberapa hari. Mungkin dua atau tiga hari di hotel atau penginapan sesuai selera kamu. Rasakan aura pantai yang akan membuatmu rileks secara maksimal.

Ketiga, jangan lupa bertanya dulu harga atau menawar saat membeli atau menyewa sesuatu. Kamu tak ingin pengalaman yang viral beberapa waktu yang lalu juga terjadi pada kamu bukan.

Keempat, bagi yang suka nongkrong malam-malam di pinggir pantai jangan lupa bawa jaket tebal. 

Karena di malam hari udaranya sangat dingin. Ditambah tiupan angin yang kencang.  Jangan biarkan perut kosong agar tidak masuk angin.

Kelima, bagi kamu yang ingin bermain air, datanglah pagi hari ketika belum terlalu panas. Karena kalau kesiangan akan panas banget. Kalo mau foto-foto tunggu sore.

Nah, demikianlah tulisan tentang pantai Anyer.  Semoga kamu bermanfaat dan membuatmu tertarik.

Yuk liburan, dan jangan lupa bahagia!

Leave a Reply