Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor – Alamat, Fasilitas & Harga Tiket 4/5 (2)

Selain wisata kebun penelitian Kebun Raya Bogor, wisata satwa seperti Taman Safari, Curug-curug yang indah seperti Cilember dan Cipamingkis, di Bogor juga terdapat wisata dataran tinggi yang bernama Gunung Pancar.

Selain menawarkan nuansa wisata hutan, destinasi ini juga menawarkan berbagai aktivitas liburan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Maka tidak heran jika banyak wisatawan yang kesana tidak hanya untuk menikmati pesona alamnya, tapi juga untuk melepas lelah dan merilekskan badan.

Nah… ada baiknya sebelum berlibur kesana, kita mencari tahu informasi wisatanya terlebih dahulu. Mari simak ulasan berikut ini!

Alamat Gunung Pancar

WIsata Gunung Pancar

WIsata Gunung Pancar (Pegipegi)

Lokasi wisata Gunung Pancar Sentul ada di Desa Karang Tengah, tepatnya ada di Kecamatan Babakan Madang. Ketinggian lokasi wisata ini sekitar 300 sampai 800 meter diatas permukaan laut. Kemiringan yang ada disana mencapai 40% lho.

Untuk menuju kesana, kamu bisa menuju tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Sentul yang bagian Selatan. Sampai di gerbang tol, kamu akan melihat Bellanova Mall.

Silahkan belok kiri ke Jl MH Thamrin dan ikuti saja sampai menuju Jungle Land. Setelah tiba disana dan menemukan jalan kecil menanjak, kamu bisa mengikutinya hingga sampai di pintu gerbang wisata.

Jalur kedua yang bisa kamu tempuh adalah setelah melalui Jl MH Thamrin, kamu bisa belok kiri selepas menemukan Plaza Amsterdam.

Ikuti saja arahnya dan begitu ada jalan bercabang menuju Telaga Cikeas dan Rainbow Hills, kamu bisa ambil jalur kiri untuk menuju Jl Babakan Madang. Setelah lewat Kantor Polsek disana, kamu akan melihat pertigaan.

Silahkan ambil jalur kiri menuju Jl Gunung Pancar. Iikuti arahnya sekitar 11 km. Setibanya di jalan kecil yang sedikit sulit dan berkelok, kamu bisa mulai menanjak untuk menuju ke lokasi.

Yang perlu kamu ingat saat berwisata menuju Gunung Pancar, pintu gerbang wisata ini mempunyai beberapa lapis. Gerbang kesatu ada di kawasan Perhutani.

Disana, kamu harus membeli tiket masuk menuju wisata Pancar. Sayangnya memang belum ada angkutan umum yang menuju kesana. Jadi harap siapkan saja kendaraan pribadimu agar kamu bisa mudah sampai tujuan.

Daya Tarik Wisata Gunung Pancar

Tegakan Pinus

Tegakan Pinus di Gunung Pancar

Tegakan Pinus di Gunung Pancar (Instagram @adhikapelagosa)

Wisata alam Gunung Pancar sangat menarik siapapun yang melihatnya. Disana terdapat pemandangan khas hutan lindung alami yang masih berisikan pohon-pohon pinus yang menjulang.

Disana juga terdapat aneka jenis pepohonan lainnya yang juga tidak kalah indahnya. Selain itu, liburanmu disana juga akan ditemani dengan aneka suara satwa yang hidup liar disana. Hmmm, pasti menarik ya?

Flora & Fauna

Berbagai macam satwa disana antara lain ada Owa, Kera, Surili, hingga Jelarang. Selain itu, disana juga terdapat Babi hutan dan bermacam-macam burung.

Seperti Kutilang, Jalak, hingga Elang. Selain satwa, disana juga terdapat flora berbagai macam jenis, misalnya Rasamala, Rotan, Puspa, Saninten, hingga Jamuju.

Wisata Ziarah

Selain wisata alam, flora, dan fauna, di tempat ini juga terdapat wisata religi berupa makam keramat beberapa tokoh setempat. Makam ini konon sudah tua dan memiliki aura tersendiri bagi siapapun yang datang mengunjunginya.

Makam-makam tersebut merupakan milik Raden Lawulung, H. Dalem Putih, Ki Mas Bungsu, Kalijaga, hingga Raden Surya Kencana dan beberapa tokoh setempat lainnya.

Tidak hanya wisata ziarah saja, di makam tersebut biasanya juga ada pertunjukan seni budaya di hari-hari tertentu.

Gunung Pancar

Hammocking juga bisa

Misteri Gunung Pancar

Ada sebuah mitos yang mengiringi berdirinya Gunung Pancar. Menurut dongeng masyarakat setempat, Gunung Pancar merupakan pondasi bumi yang pertama kali diciptakan.

Ketika tercipta, Bumi masih rata dengan tanah, tidak ada Gunung maupun Perbukitan. Suatu ketika, terjadi banyak gempa di Bumi hingga Yang Maha Kuasa pun menciptakan gunung untuk membantu ketidakstabilan Bumi dalam menopang dirinya.

Gunung dimaksudkan untuk menjadi pasak Bumi agar ia lebih kuat dan tenang. Itulah sebabnya pasak pertama Bumi ini dinamakan “Pancar” yang artinya adalah “muncul pertama”.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Gunung Pancar

Mandi Uap Panas

Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di obyek wisata ini.

Salah satu aktivitas paling hits disana adalah mandi udara panas. Harap diingat, bukan mandi air panas melainkan uap panas ya. Untuk berendam disana, kamu cukup membayar sebesar Rp 10.000 saja.

Terdapat 4 pemandian di wisata ini yang dibagi lagi antara laki-laki dan perempuan. Nah… jika kamu penasaran apa sih mandi udara panas, kamu hanya bisa mencobanya di sini.

Udara panas di pemandian ini nyatanya didapat dari mata air alami yang ada disana. Mata air tersebut dialirkan melalui kolam rendaman.

Menurut wisatawan, banyak lho manfaat berendam udara panas. Kamu bisa melepas penat, menghilangkan pegal di badan, melemaskan otot, dan melepas stress dari rutinitas bekerja.

Fotografi

Masih ingat jika di Gunung Pancar terdapat hutan pinus yang indah? Nah… di hutan pinus ini, kamu bisa merasakan kedamaian.

Cukup duduk bersantai menikmati ketenangan yang ada disana. Atau jika kamu ingin meneruskan hobi fotografimu, lokasi ini sangat pas. Pasalnya keindahan hutan pinus ini tiada duanya dan sangat pas untuk objek fotografi.

Gunung Pancar Camping

Camping di Gunung Pancar

Camping di Gunung Pancar (Hipwee)

Merasa aktivitas diatas kurang menantang? Tenang… di sini kamu juga bisa melakukan camping.

Pasti menarik ya bermalam di wisata pegunungan tersebut sembari menikmati indahnya langit malam dan sayup-sayup suara hewan dalam hutan. Disana disediakan paket camping yang pastinya lengkap, aman, dan nyaman untuk digunakan.

Tapi bagi yang tidak suka tidur di luar ruangan karena takut kotor, udara malam, atau hewan liar dan sebagainya, kamu bisa nih melakukan Glamping.

Selain tidur nyaman, kamu tetap bisa menikmati bagaimana rasanya tidur di hutan melalui paket Gunung Pancar Glamping ini.

Bagi yang belum mengenal istilah ini, Glamping atau kependekan dari Glamorous Camping adalah aktivitas menginap yang hampir sama dengan camping, namun dilakukan dengan fasilitas yang lebih mewah.

Outbound

Biasanya selain untuk liburan keluarga, obyek wisata ini sering dipakai untuk perusahaan dan anak sekolah dalam team building.

Pihak pengelola menyediakan paket team building dengan packaging sedemikian rupa agar tetap terlihat berlibur sembari beredukasi di mata pesertanya.

Biasanya kegiatan dalam team building adalah outbound, fun games, hingga aktivitas-aktivitas menarik lainnya.

Trekking

Selain itu, Wisata di Gunung ini juga bisa dipakai untuk bersepeda, trekking, hiking, hingga berkuda lho. Lumayan lengkap, kan? Tentunya dijamin tidak akan mengecewakan!

Salah Satu Spot foto di Gunung Pancar

Salah Satu Spot foto di Gunung Pancar (Beritasatu)

Fasilitas Gunung Pancar

Karena berada di ketinggian, wisata disana pasti berudara dingin. Nah, untuk menghangatkan badan, disana disediakan kedai kopi hits.

Salah satu café yang ada disana adalah Ameera Coffee. Tempat ini merupakan kedai kopi sederhana yang meski tidak semewah cafe di perkotaan, tapi menunya tidak bisa diragukan.

Selain itu, kamu bisa bersantap sembari menikmati suasana indahnya pegunungan dan hutan pinus.

Puas mengisi perut, kamu bisa memanjakan diri dengan berkunjung ke Giri Tirta. Lokasi ini berupa Resort dan Spa yang juga merupakan salah satu pemandian air panas di wisata Gunung Pancar.

Pastinya para perempuan akan lebih nyaman berendam air panas di tempat tertutup. Alasan lain tempat ini disukai wisatawan adalah karena airnya tidak terlalu berbau belerang.

Jam Operasional Gunung Pancar

Penasaran dengan jam operasional Gunung Pancar? Tenang… wisata gunung ini buka setiap hari kok. Silahkan berkunjung dan share momen terbaikmu di social media.Tiket Masuk Gunung Pancar

Bagi kamu yang tertarik berlibur ke Gunung Pancar, hal pertama yang harus diketahui adalah harga tiket masuknya.

Untuk menuju kawasan ini, kamu hanya harus membeli tiket seharga Rp 5.000 untuk weekdays dan Rp 7.500 untuk weekend serta holidays.

Tiket tersebut berlaku untuk warga lokal. Untuk warga negara asing, biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk Gunung Pancar adalah sekitar Rp 100.000 di weekdays dan Rp 150.000 di weekend serta holidays.

Jika kamu bermaksud camping disana, kamu juga perlu membayar tiket lagi. Sama halnya jika kamu ingin menikmati fasilitas Giri Tirta Hot Spring.

Kamu akan dikenai tarif masuk sekitar Rp 10.000 per orangnya. Untuk biaya parkir kendaraan, di weekdays akan dikenakan tarif Rp 10.000 untuk mobil di weekdays dan Rp 15.000 di weekend.

Outdoor Wedding di Gunung Pancar

Outdoor Wedding di Pancar (Bridestory)

Tips Berlibur di Gunung Pancar

Sebenarnya tidak ada kiat khusus untuk berlibur ke daerah pegunungan.

Kamu hanya perlu menyiapkan kendaraan dalam kondisi prima, menyiapkan fisik dan mentalmu agar liburan tidak terhambat, serta jangan lupa siapkan keperluan seperti baju dingin, obat, dan lain sebagainya.

Gunung Pancar Hotel

Bagi yang tidak ingin camping maupun glamping, tetapi masih ingin menginap di sekitar Pancar, tenang… pasalnya disana terdapat hotel-hotel yang dapat mengakomodasi keinginanmu.

Beberapa hotel dekat wisata yang terkenal adalah Hotel Neo Green Savana di kawasan Sentul City dan HARRIS Hotel yang juga ada di kawasan Sentul City. Kedua hotel ini hanya berjarak sekitar 4 sampai 6 km saja dari kawasan wisata.

Bagaimana? Sudah jelas kan dengan berbagai informasi tentang wisata alam di Gunung Pancar?

Semoga ulasan ini memberikan manfaat serta dapat kamu jadikan referensi wisata. Selamat berlibur dan selamat bersenang-senang ya!

Berikan penilaian Anda!