Kebun Raya Cibodas – Sejarah, Daya Tarik, Aktivitas Wisata & Tiket 2018 4.5/5 (2)

Kebun Raya Cibodas adalah obyek wisata untuk keluarga yang ada di Kabupaten Cianjur.  Kebun ini memiliki satu keunikan, yakni memiliki rumput yang seperti Taman Teletubies.

Kebun Raya Cibodas yang juga dikenal dengan nama Cibodas Botanical Garden merupakan taman yang mempunyai luas sekitar 80 hektar dan memiliki topografi berbukit.

Keindahan Kebun di Cibodas ini terkenal di kalangan wisatawan lokal sampai mancanegara. Bahkan, seorang ahli fisiologi tumbuhan yang bernama Dr. Went mengatakan jika Kebun Raya ini adalah jelmaan surga di dunia. Hebat, ya!

Alamat Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas 2018

Kebun Raya Cibodas terletak di kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian sekitar 1.300 sampai 1.425 mdpl.

Kebun yang memiliki sekitar luas 84,99 hektar ini memiliki suhu rata-rata 20,06 °C. Kelembabannya terbilang sangat tinggi, yakni sekitar 80,82 % dengan curah hujan sekitar 2.950 mm/tahun.

Dengan kondisi alam yang seperti itu menjadikan Kebun Raya Cibodas sebagai lokasi istirahat terfavorit.

Untuk menuju obyek wisata ini, kamu perlu menempuh sekitar 85 km dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 90 menit saja via Bogor hingga simpang Cimacan.

Jika kamu pakai angkot untuk menuju kesana, kamu bisa ambil jurusan Cipanas – Cibodas yang banyak sekali mangkal di persimpangan Cimacan.

Peta Kebun Raya Cibodas bisa diakses di sini.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Sakura

Kebun Raya Cibodas Sakura

Sangat mudah mendeskripsikan keindahan dan pesona Kebun Raya Cibodas. Pasalnya di sana banyak objek menarik yang bisa dinikmati.

Spot favorit pengunjung biasanya di sekitar pintu masuk tempat Taman Sakura berada. Taman tersebut banyak ditumbuhi bunga sakura yang bisa mekar hingga 3 kali dalam setahun.

Spot favorit selanjutnya adalah Air Terjun Ciismun dan Curug Cibogo. Ada pula Green House yang ada di sebelah barat Kebun.

Di dalam wahana ini terdapat tanaman seperti anggrek, kaktus, dan tanaman lainnya. Totalnya terdapat sekitar 4.000 tanaman yang berasal dari 350 jenis tanaman kaktus dan 360 jenis tanaman anggrek.

Selain itu, Kebun Raya juga mempunyai 5.831 tanaman yang berasal dari 1.206 jenis dengan beragam variasi. Yang paling unik, di sekitar Green House juga terdapat Bunga Bangkai Raksasa yang mekarnya hanya di waktu tertentu.

Selain lokasi diatas, di Kebun Raya juga terdapat spot menarik seperti air mancur, Auracarua Avenue, Taman Lumut, hingga Taman Rhododendron.

Semua wahana disana pada dasarnya digunakan untuk menunjang pendidikan dan juga sebagai tempat konservasi.

Kilas Sejarah Kebun Raya Cibodas

Menurut sumber, Sejarah Kebun Raya ini bermula pada tahun 1852. Cibodas Botanical Garden didirikan oleh Johannes Elias Teijsmann.

Ia merupakan ahli Botani dari Belanda. Kebun ini didirikan untuk menjadi cabang dari Kebun Raya Bogor.

Kebun Cibodas juga digunakan untuk budidaya kina namun karena ternyata tanahnya tidak cocok sehingga dialihfungsikan sebagai tempat koleksi tumbuhan seperti Runjung hingga Paku.

Baru di tahun 2003, Kebun Raya berubah menjadi Balai Konservasi Tumbuhan yang ada di bawah pimpinan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Hari jadi Kebun Raya Cibodas sendiri diambil dari hari dimana bibit pohon kina tiba dari Belanda, yakni pada tanggal 11 April tahun 1852.

Itulah mengapa objek wisata Cibodas ini menggratiskan siapapun yang ingin berlibur di tanggal tersebut.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Cibodas

Kaktus di Kebun Raya Cibodas

Jenis-jenis Kaktus di Kebun Raya Cibodas

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan disana, antara lain :

Menikmati Pemandangan Alam

Kamu bisa merasakan keindahan dan kesejukan alam Cibodas sejak masuk ke kawasan wisata ini. Disana banyak terdapat pohon-pohon besar yang dapat dijadikan sebagai tempat istirahat atau lokasi piknik.

Sambil makan, kamu bisa sembari melihat suasana indah disana. Apalagi dengan latar pemandangan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, semakin lengkap ya liburan disana!

Bermain di Taman

Tidak hanya pemandangan alam saja, di Kebun Raya Cibodas juga terdapat banyak sekali taman dengan padang rumput hijau yang menyenangkan untuk digunakan bersantai.

Selain duduk, kamu bisa bermain bola dan permainan-permainan lainnya. Kamu juga bisa berjalan menikmati Taman dengan jalan kaki atau berkendara. Jalan kaki sangat nyaman dikarenakan cuaca disana juga tidak panas.

Berkendara juga sangat menyasyikkan mengingat banyak spot menarik yang tentunya tidak akan bisa dikunjungi semua dalam sehari jika berjalan kaki.

Menikmati Bunga Sakura

Sudah tahu kan jika di Cibodas ada bunga sakura? Nah… kamu bisa menikmati bunga khas Jepang ini sembari merasakan semilir hawa sejuk disana.

Bunga berwarna pink ini jelas berhasil membuat banyak pengunjung betah di sana. Waktu yang paling pas untuk melihat bunga ini di Cibodas adalah di bulan Januari dan Februari. Jangan sampai kelupaan, ya!

Air Terjun Ciismun

Curug Ciismun, salah satu Air Terjun Kebun Raya Cibodas

Wisata Edukasi di Rumah Kaca

Di dalam rumah kaca, kamu bisa menikmati sembari belajar tentang tanaman langka yang ada disana.

Kamu bisa mempelajari bagaimana menanam sampai cara memeliharanya lho. Nah… para penggemar tanaman hias cocok banget nih jika main ke Rumah Kaca.

Beristirahat di Pinggir Danau

Selain berjalan di Taman, kamu bisa beristirahat di pinggir danau sembari menikmati indahnya pemandangan. Jangan lupa gunakan juga sebagai spot berfoto atau menyalurkan hobi seperti melukis.

Menelusuri Sungai

Bagi warga perkotaan, tentunya jarang banget kan melihat sungai. Nah… di Cibodas ini terdapat sungai khas pegunungan yang masih bersih dan bebas polusi.

Kamu juga bisa bermain disana yang tentunya sangat menyenangkan. Atau jika kamu malas berbasah-basahan, kamu bisa dengan merendam kaki saja di pinggir sungai.

Menikmati Air Terjun Cibodas

Seperti yang telah diinformasikan, di Cibodas terdapat 8 air terjun yang masing-masing mempunyai ciri berbeda. Lokasi air terjun berada di antara perbukitan.

Di air terjun tersebut kamu bisa mandi atau berfoto dengan keajaiban alamnya. Tapi harap diingat, kamu harus berjalan selama 30 menit untuk sampai ke sana.

Danau di Kebun Raya Cibodas

Danau di Kebun Raya Cibodas

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Banyak sekali fasilitas yang disediakan pengelola di Kebun Raya Cibodas. Tentunya hal ini dibuat untuk mendukung sarana-prasarana wisata keluarga disana.

Mulai dari lapangan parkir yang dapat menampung puluhan kendaraan, adanya ruang informasi yang lengkap, tersedianya arena bermain anak, sampai mushola untuk beribadah juga ada.

Tak ketinggalan toilet umum, pendopo, shelter, camping ground dengan luas sekitar 3 hektar dan daya tamping sebanyak 200 tenda juga tersedia.

Untuk yang nggak bisa jauh dari cemilan, jangan panik… pasalnya di Kebun Raya juga terdapat stand makanan yang menjual banyak camilan, minuman, hingga makanan berat. Lengkap, kan?

Selain berbagai tempat umum tersebut, di Kebun Raya juga terdapat transportasi untuk wisatawan yang bernama “Wara-Wiri”.

Alat transportasi ini berupa mini bus yang dimodifikasi dan digunakan untuk kendaraan angkut dengan harga tiket sebesar Rp 10.000 per orang dalam sekali putaran.

Jam Operasional Kebun Raya Cibodas

Apabila ada yang bertanya Kebun Raya Cibodas buka jam berapa, jawabannya adalah mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore.

Jadi jangan datang pada malam hari karena tidak seperti Taman Safari, Kebun Raya Cibodas tidak menyediakan jasa tur malam.

Kebun raya cibodas

Rumputnya mirip Taman Teletubbies

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

Berdasar Peraturan Pemerintah baik pusat maupun daerah, tarif masuk Kebun Raya adalah sekitar Rp 16.500 per orang dengan biaya parkir sekitar Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 16.000 untuk roda empat.

Tiket-tiket tersebut sudah berisikan asuransi yang akan didapat dari Jasa Raharja Putra apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Oya apabila membutuhkan informasi lebih lanjut tentang obyek wisata ini, bisa menghubungi nomor telepon Kebun Raya Cibodas di 0263-520448, 511385. Atau mengunjungi websitenya di https://krcibodas.lipi.go.id/old/.

Tips Berlibur ke Kebun Raya Cibodas

Untuk menikmati masa liburan yang menyenangkan dan bebas kegagalan, kamu harus prepare dari awal. Nah… untuk mengakalinya, ada baiknya kamu membaca tips berlibur berikut ini agar liburanmu nyaman dan bermakna.

Tentukan Prioritas Kunjungan

Salah satu cara efektif dalam berlibur sehingga memaksimalkan waktu kunjung adalah dengan menentukan objek wisata mana saja yang akan dikunjungi terlebih dahulu.

Untuk Kebun Raya Cibodas, kamu bisa memilih beberapa top list dari sekian banyak kawasan wisata disana dan jika ada waktu sisa, silahkan berkunjung ke list lainnya yang tidak diprioritaskan. Sistematis, kan?

Pilih Paket Kelompok

Jika kamu berwisata dengan rombongan, ada baiknya kamu memilih paket kelompok. Paket ini lebih praktis dan efisien untuk wisatamu daripada membayar per individunya.

Tentunya Paket Tour juga sudah terdapat diskon lantaran kamu berwisata dengan rombongan. Terlebih lagi, paket ini juga sudah berisikan tiket masuk, akomodasi, konsumsi, hingga biaya-biaya yang mengcover fasilitas lain disana.

kebun raya cibodas

Treking di Cibodas

Jangan Salah Masuk

Banyak pengunjung yang salah mengira jika Kebun Raya Cibodas ada dalam satu naungan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Padahal kenyataannya dua objek wisata tersebut berbeda manajemen dan berbeda naungan lho. Jadi jangan sampai kamu membeli tiket Kebun Raya untuk masuk ke Taman Nasional, begitu pula sebaliknya.

Kamu juga harus tahu jika tempat kemah di Taman Nasional juga berbeda dengan lokasi di Kebun Raya. Jadi harap diperhatikan ya!

Bawa Perlengkapan dan Kebutuhan Pribadi

Dalam suasana liburan, tentunya kamu tidak mau ketinggalan barang berharga seperti dompet dan kamera. Maka dari itu, persiapkan sebaik mungkin apa saja perlengkapan pribadimu.

Ini sangat penting apalagi Taman Cibodas ada di daerah Pegunungan. Kamu bisa membawa tambahan barang seperti baju ganti, jaket, makanan atau camilan, minuman hangat, serta tidak lupa bawalah obat-obatan pribadi.

Untuk yang ingin melakukan trekking, silahkan bawa sepatu tracking dan tinggalkan sepatu hak tinggi Anda di rumah ya Girls.

Bagaimana? Sudah jelas kan dengan beragam informasi tentang wisata di Kebun Raya Cibodas ini?

Sekali lagi, harap diingat jika Cibodas Botanical Garden berbeda dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tentunya kedua wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda antara satu sama lain.

Daya tarik Kebun Raya sendiri bisa menyihir siapapun wisatawan untuk datang kesana dan selalu rindu untuk kembali berwisata.

Jadi tidak heran apabila akhir pekan menjadi waktu kunjung terbaik bagi para wisatawan hingga membuat kawasan Puncak Bogor selalu ramai pengunjung.

Tentunya tempat ini sangat pas untuk kumpul keluarga, acara sekolah, hingga kegiatan perusahaan. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang!

Berikan penilaian Anda!