Wisata Pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat

Wisata Pantai Pelabuhan Ratu | Alampriangan.comPantai Pelabuhan Ratu bisa menjadi referensi liburan anda bersama keluarga selanjutnya. Obyek wisata ini terletak 60 km arah selatan dari Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal Jakarta atau Bogor dengan tujuan Sukabumi-Pelabuhanratu. Keindahan Pelabuhanratu terletak pada panorama alamnya yang indah dengan hamparan pasir yang luas dan udara yang menyejukan.

Wisata Pantai Palabuhan Ratu

Wisata Pantai Palabuhan Ratu

Selain itu Wisata Pantai Pelabuhan Ratu terkenal dengan pesta laut seperti melarung sesaji berupa kepala kerbau dan sesaji lainnya.  Larungan biasanya dilakukan setiap setahun sekali hanya pada tanggal 5 April.

Hal tersebut dilakukan oleh para nelayan pantai sebagai rasa syukur mereka kepada Sang Pencipta atas kemurahan dan karunia yang telah diberikan berupa hasil tangkapan ikan. Acara ini biasanya dilakukan 2 hari satu malam yang disertai acara hiburan seperti kesenian wayang, tarian lokal atau drumband.

Keistimewaan Pantai Pelabuhan Ratu

Keistimewaan Pelabuhan Ratu adalah bisa dijadikan tempat surfing atau berselancar karena gelombang air lautnya yang tidak terlalu besar tetapi cukup stabil.

Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak tujuh dan Ujung Genteng sering dijadikan tujuan wisata bagi para peselancar. Tempat surfing diatas pada bulan Mei dan Oktober sangat ramai dikunjungi para surfer karena kondisi gelombang airnya yang sedang tinggi.

Wisata Pantai Palabuhanratu1

Bagi wisatawan yang tidak menyukai surfing, anda bisa duduk di pantai menikmati deburan ombak yang menyapu karang yang menyerupai butiran mutiara. Selain itu dari kejauhan para wisatawan dapat melihat perahu nelayan yang sedang berlayar mencari ikan.

Tempat lain yang bisa dikunjungi ketika berada di tempat wisata ini masih banyak. Sekitar 20 km dari Wisata Pantai Pelabuhanratu, terdapat Pantai Karanghawu yang menjorok ke laut. Sumber air panas di Cisolok juga bisa dikunjungi tak jauh dari pantai ini. Hanya butuh waktu 17 km untuk mencapai air panas yang mengandung belerang ini.

Loading...
Senja di Pantai Pelabuhan Ratu

Senja di Pantai Pelabuhan Ratu

Sebelum pulang dari Wisata Pantai Pelabuhan Ratu, wisatawan bisa mencoba aura mistik yang ada di Samudera Beach Hotel, tepatnya berada di kamar no. 13 yang mitosnya menjadi tempat singgah Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul. Kamar yang di dominasi warna hijau itu juga di penuhi aksesoris yang menggambarkan suasana  megah Istana Pantai Selatan.

Fasilitas yang ada di Pantai Pelabuhan Ratu

Beragam Fasilitas tersedia di pantai ini, misalnya :

  • Wahana Bermain Anak
  • Warung Makanan & Minuman
  • Tempat Ibadah/Mushola
  • Tempat Santai
  • Toko Suvenir Khas Kota Sukabumi
  • Pos Security
  • Peta Informasi Wisata Pelabuhan Ratu

Harga Tiket

Tarif masuk sebesar Rp 2000,-/orang

Wisata Pantai Palabuhanratu2

Peta Lokasi dan Akses Jalan ke Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan Wisata Pantai yang ada di kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Dibawah ini peta Lokasi Pelabuhan Ratu.

Akses jalan ke Pantai Pelabuhan Ratu sangat gampang, jika and dari Bogor maka bisa menggunakan angkutan umum atau Bus dari terminal Bogor.

Dari terminal Bogor naiklah bus dengan jurusan Bogor-Sukabumi (tarifnya Rp 15.000,-/orang). Setibanya di Sukabumi, naiklah bus jurusan Sukabumi-Pelabuhan Ratu dan anda akan tiba di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu.


Lihat Peta Lebih Besar



loading...

Komentar