Taman Buah Mekarsari – Alamat, Daya Tarik, Aktivitas Wisata & Tiket 2018

Selain Taman Safari Bogor dan Kebun Raya Bogor, ada satu lagi tempat wisata berupa taman yang harus dikunjungi di kota hujan ini, yaitu Taman Buah Mekarsari.

Taman seluas 264 hektar ini menyuguhkan fasilitas yang menarik dan sangat lengkap. Di obyek wisata ini wisatawan bisa melihat koleksi berbagai tanaman buah yang sangat lengkap.

Mulai dari area pembibitan, persemaian, rumah plastik, kebun sayur, kolam pemancingan, tanaman buah dalam pot, kebun wisata melon, kebun salak, rambutan dan lain sebagainya.

Selain itu di taman ini juga disediakan berbagai wahana permaian dan outbound untuk keluarga. Seperti apa keseruannya, yuk ikuti Taman Buah Mekarsari review yang kami buat berikut ini:

Alamat Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Gambar Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari terletak di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol, tepatnya di KM 3, kawasan Cileungsi.

Rute ke tempat wisata ini cukup mudah, dari luar kota, naik saja bus jurusan Cileungsi, lalu lanjut dengan angkutan kota Cileungsi – Jonggol.

Kamu dapat turun di depan lokasi. Rute lainnya yaitu dari Kampung Rambutan, kamu dapat menaiki angkutan kota jurusan Bogor-Jonggol.

Angkutan kota tersebut nantinya akan otomatis menurunkanmu tepat di depan gerbang Taman Wisata Mekarsari.

Jika kamu menggunakan transportasi pribadi, kamu dapat mengikuti jalur tol Jagorawi yang keluar di Gerbang Tol Cibubur kemudian menuju jalur Cileungsi.

Kamu akan sampai di Taman Wisata Mekarsari dalam kurun waktu sekitar 20 sampai 30 menit sejak keluar dari tol.

Peta Taman Buah Mekarsari

Sejarah Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari digagas oleh Ibu Tien Soeharto (Alm.).  Obyek wisata ini mulai dibangun pada 1990 dan resmi dibuka pada 1995.

Mulanya, taman wisata ini berkonsep sebagai tempat untuk konservasi tumbuhan, lalu konsep ini kemudian ditambah menjadi areal reboisasi, konservasi, edukasi, dan rekreasi.

Tepat tanggal 5 Agustus 2013, kawasan Taman Wisata Mekarsari ditutup untuk direnovasi. Setahun kemudian tepatnya pada tanggal 15 Februari 2014 di buka kembali untuk umum dengan penambahan wisata air serta outbound.

Ada Apa di Taman Buah Mekarsari

Koleksi Tanaman di Taman Buah Mekarsari

Koleksi Tanaman di Taman Buah Mekarsari

Koleksi Tanaman

Sebagai kawasan wisata seluas 264 hektar, Taman Mekarsari memiliki kurang lebih 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon.

Diantaranya terdiri dari tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman hias, tanaman industri, tanaman sayur, tanaman pangan, dan tanaman pelindung.

Di tempat ini terdapat pula laboratorium untuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan yang menghasilkan varietas baru. Misalnya saja jambu air irung petruk, Barbados cherry, nenas arnis, jambu air cengkih, dan jambu air toon klow.

Terdapat pula hasil persilangan buah cempedak dan nangka yang dinamakan cempeka, pedakka, dan nangka.

Di tempat ini pula kamu juga dapat menjumpai tanaman-tanaman langka seperti sawo kecik, bunga bangkai, dan kesemek. Ada juga tanaman-tanaman tropis seperti nangka, salak, rambutan, jeruk, melon, belimbing, dan masih banyak lagi.

Selain sebagai tempat konservasi, taman wisata ini juga digunakan sebagai tempat pembiakan bibit unggul, pemuliaan (breeding), serta tempat budidaya (agronomi).

Nantinya hasil pembiakan tersebut akan disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Jika kamu berniat membeli bibit tanaman, kamu dapat membeli di Garden Center yang merupakan tempat penjualan aneka bibit tanaman buah.

Wahana Permainan

Kolam Renang di Taman Buah Mekarsari

Kolam Renang di Taman Buah Mekarsari

Tidak hanya menyuguhkan wisata agronya Taman Mekarsari juga mempunyai banyak wahana permainan air yang tak kalah menarik.

Ada kolam pemancingan, sepeda air, banana boat, aqua bike, angsa air, kano, dan perahu naga.

Wisata air disini juga menyediakan fasilitas Water Kingdom seluas 5,2 hektar yang dapat menampung 15.000 pengunjung dan merupakan taman permainan air terbesar di Asia.

Di area Water Kingdom terdapat Lazy River, yaitu kolam arus terpanjang di Indonesia dengan panjang 600 meter. Tak hanya itu, terdapat pula Boomerang Slide yang mempunyai ketinggian menara 16 meter dan papan luncur sepanjang 118 meter.

Tak hanya wahana Water Kingdom, karena taman ini juga memiliki Danau Cipicung yang luasnya sekitar 20 hektar.

Di danau ini, kamu dapat menikmati pemandangan di atas perahu sambil berfoto dengan view jembatan besi berwarna merah yang melintang di atas danau.

Mau melihat pemandangan kota Bogor? Bisa karena di area Taman Wisata Mekarsari terdapat menara setinggi 30 meter yang bisa di gunakan untuk melihat view kota Bogor.

Tak hanya sebagai tempat wisata, Taman Wisata Mekarsari juga menyediakan kegiatan outbound untuk perusahaan maupun perseorangan.

Wahana yang disediakan pengelola untuk kegiatan outbound ini antara lain ada flying fox, spider web, rumah pohon, paintball, dan lain-lain.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Mekarsari

Bird View Taman Buah Mekarsari

Bird View Taman Buah Mekarsari (Gambar: Habiban Sulthoni)

Berbagai macam aktivitas menarik dan menyenangkan dapat kamu nikmati ketika berwisata ke tempat ini. Selain kesenangan kamu juga akan mendapat bonus ilmu yang berharga.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana:

Wisata Kebun Buah

Karena tempat ini terkenal dengan kebun buahnya, tentu saja wisata kebun buah adalah hal pertama yang dapat kamu lakukan. Kebun buah di Taman Mekarsari memiliki luas kurang lebih 264 hektar.

Tak perlu takut lelah berkeliling kebun, karena nantinya kamu akan dibawa dengan sebuah kereta wisata saat menjelajah kebun. Ketika musim panen buah tiba kamu juga akan diizinkan memetik sendiri buah-buahan yang kamu inginkan.

Menikmati Permainan Air

Waterkingdom Taman Buah Mekarsari

Waterkingdom Taman Buah Mekarsari

Meski mempunyai image taman buah tetapi bukan hanya berkebun saja yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke sana. Ada juga sebuah danau yang bisa kamu kunjungi di kawasan ini.

Disana kamu bisa menikmati berbagai permainan air mulai dari Perahu Naga, Floating Donat, Mini Aqua Boat, Water Bike, dan masih banyak lagi.

Rekreasi Outbond

Untuk kamu yang menyukai aktivitas menantang adrenalin seperti outbond juga ada di Taman Mekarsari. Salah satu permainan outbond yang paling populer dan menjadi favorit pengunjung ialah Flying Fox.

Tak hanya itu, ada pula permainan panjat tebing, tarik tambang, dan juga fasilitas berupa sepeda tandem yang digunakan untuk berkeliling taman buah.

Wahana Permainan

Selain wisata edukatif dan juga rekreasi yang memacu adrenalin, di Taman Buah Mekarsari juga tersedia fasilitas wahana permainan yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Terdapat beberapa macam wahana permainan di antaranya adalah Boom-Boom Car, Mono Rail, Mini GoKart, Fancy Train dan sebagainya.

Fasilitas Taman Buah Mekarsari

Fasilitas di Taman Buah Mekarsari

Fasilitas di Taman Buah Mekarsari

Sebagai obyek wisata yang cukup populer, obyek wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Di Taman Buah Mekarsari ini terdapat semacam pelatihan dan trip singkat mengenai ilmu pertanian dan perkebunan yang dibuka untuk umum, mulai dari pelajar, mahasiswa, wiraswasta, petani serta masyarakat pada umumnya.

Selain ada sepeda tandem atau sepeda tunggal, taman buah ini juga menyediakan fasilitas berupa kendaraan untuk berkeliling.  Ada kendaraan khas Thailand, bernama Tuk-Tuk dan ada juga kendaraan bermotor seperti ATV yang disewakan disini.

Untuk masalah perbekalan tidak perlu takut kelaparan, karena di tempat ini juga terdapat fasilitas berupa restoran atau warung makan.

Ada restoran fast food (CFC) di dekat taman buah jika kamu penyuka makanan instan dan modern. Tetapi jika kamu lebih menyukai makanan tradisional, kamu bisa berkunjung ke resto Pondok Kemangi dengan menu andalan Gurami.

Terdapat juga area parkir yang luas, toilet yang bersih serta tempat ibadah berupa mushola yang siap di gunakan kapan saja.

Di sana kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa produk makanan, olahan berbagai jenis tanaman/bunga atau membeli bibit tanaman buah sebagai oleh-oleh maupun souvenir.

Jam Operasional Taman Buah Mekarsari

Mau berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari? Tempat wisata ini dibuka mulai hari Senin sampai Jumat (kecuali hari libur) pada pukul 10.00 pagi sampai dengan 16.30 sore.

Sedangkan saat weekend atau hari Sabtu sampai Minggu dan hari libur buka mulai jam 09.00 pagi sampai dengan 16.30 sore WIB.

Jadi pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk berkunjung agar rencana liburanmu berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari 2018

pintu masuk Taman Buah Mekarsari

Pintu masuk Taman Buah Mekarsari

Untuk dapat memasuki tempat wisata ini, kamu akan dikenai tarif sebesar Rp 50.000 untuk dewasa dan anak-anak, baik saat weekdays maupun weekend.

Menariknya, di sini menggunakan sistem Top Up, yaitu pengisian saldo agar dapat menggunakan wahana . Hal ini akan memudahkanmu karena tidak perlu mengantre untuk membeli tiket jika ingin menaiki suatu wahana.

Tarif parkir untuk kendaraan bermotor adalah 10.000 Rupiah untuk roda 2, 20.000 Rupiah untuk roda 4, dan 35.000 Rupiah untuk bus.

Wahana permainan di Taman Buah Mekarsari dikenakan tarif berbeda, dengan kisaran harga antara 15.000 Rupiah hingga 55.000 Rupiah.  Lebih lengkap mengenai harga tiket ini bisa dilihat di websitenya.

Tips Berkunjung Ke Taman Buah Mekarsari

Agar acara liburanmu di Taman Buah Mekarsari berjalan dengan sukses ada baiknya untuk menyimak tips berikut:

  1. Cari info terupdate secara detail.  Jika kamu akan berkunjung ke suatu tempat wisata baru misalnya sepertiTaman Buah Mekarsari ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu. Informasi yang kamu cari pastikan yang terupdate agar ketika sampai di sana jika terdapat perubahan tidak akan mengagetkanmu.
  2. Pakai sepatu yang nyaman jangan high heels. Mengingat Taman Buah Mekarsari memiliki luas yang berhektar-hektar tentu membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk megeksplornya. Memakai sepatu yang nyaman akan membuatmu lebih mudah bergerak kesana-kemari.
  3. Pastikan keluarga anda aman. Jika kamu berkunjung bersama anak atau adik yang masih kecil pastikan mereka tidak luput dari pengawasanmu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penginapan di Taman Buah Mekarsari

Rumah Pohon Bogor Leo Mekarsari

Rumah Pohon Leo Mekarsari

Mau menginap? Tenang saja kamu tidak perlu khawatir, karena di tempat ini terdapat beberapa penginapan yang bisa di pilih seperti :

  1. Penginapan Rumah pohon Taman Buah Mekarsari, dengan tarif 770.000 Rupiah (weekdays), dan 990.000 Rupiah (weekend).
  2. Penginapan D’Cabin, dengan tarif 660.000 Rupiah (weekdays), dan 880.000 Rupiah (weekend).
  3. Penginapan Family Camp, dengan tarif 800.000 Rupiah (weekdays & weekend).
  4. Penginapan Family Biking Camp, dengan tarif 1.250.000 Rupiah (weekdays & weekend).

Dengan catatan, harga-harga tersebut bisa saja berupa sewaktu-waktu.

Nomor Kontak Taman Buah Mekarsari

Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km. 3 Cileungsi, Bogor 16820
Tlp. (021) 823 1822-24 / 823 1811-13
http://www.mekarsari.com

 

Bagaimana sudah siapkah kamu berkunjung ke Taman Buah Mekarsari? Jangan ragu berkunjung kesana jika ada kesempatan, dijamin kamu tidak akan kecewa.

Oya berikan penilaian kamu terhadap obyek wisata ini.  Dan apabila ada hal yang perlu dikomentari, silakan tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.  Ditunggu ya…!

 

Berikan penilaian Anda!