7 Wisata Curug di Majalengka Yang Wajib Kamu Eksplore

Kabupaten Majalengka dikenal memiliki daerah topografi yang berbukit-bukit. Kondisi alamnya tersebut menyebabkan daerah ini memiliki banyak potensi wisata air terjun yang indah-indah.

Oleh karenanya, wisata Curug di Majalengka adalah obyek wisata yang harus dikunjungi apabila Anda mengunjungi kota di Jawa Barat bagian timur ini.

Kami mencatat paling tidak ada 7 destinasi curug Majalengka yang memiliki keistimewaan masing-masing.  Apa sajakah itu, yuk kita simak bahasan tentang wisata curug di Majalengka berikut ini.

Curug Sempong

7 Wisata Curug di Majalengka Yang Wajib Kamu Eksplore 1

Wisata curug di Majalengka yang pertama adalah Curug Sempong. Curug ini berletak di kawasan Gunung Panten, tepatnya di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Jawa Barat.

Sebagai lokasi wisata, curug di Majalengka ini mulai dibuka pada tahun 2013. Meskipun terbilang masih baru, namun aiar terjun ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan kota-kota sekitar Majalengka.

Aksesibilitas menuju curug Sempong cukup mudah, meskipun tetap harus berjalan kaki untuk sampai di lokasinya.

Di Curug Sempong ini Kamu akan disuguhi pemandangan air terjun yang indah yang dikelilingi oleh tebing tinggi yang berwarna kecoklatan.

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Curug ini terkenal karena lokasinya yang berada di jalur pendakian Gunung Ciremai.

Curug ini memiliki ketinggian mencapai 73 meter yang juga merupakan salah satu curug tertinggi di Majalengka.

Jika anda ingin mengunjungi Curug yang satu ini, anda harus menempuh perjalanan sejauh 20 kilometer dari pusat kota Majalengka, atau sekitar 1 jam perjalanan.

Lebih jauh mengenai Curug Muara Jaya dapat dibaca melalui postingan kami berikut.

Curug Sawer

Curug Sawer

Curug Sawer Majalengka

Lokasi wisata Curug Sawer tidak jauh dari Curug Muara Jaya. Curug di Majalengka yang satu ini masih jarang dikunjungi oleh pengunjung.

Hal ini dikarenakan letak curug ini memang cukup tersembunyi ditambah fasilitasnya juga belum terlalu baik memadai ditambah akses untuk menuju ke lokasi juga cukup sulit.

Namun bagi kamu yang hobi berpetualang, Curug Sawer ini jelas harus menjadi destinasi wajib yang masuk daftar yang harus dikunjungi di Majalengka.

Lebih jauh mengenai Curug Sawer Majalengka, bisa dibaca pada postingan kami di sini.

Curug Campaga

7 Wisata Curug di Majalengka Yang Wajib Kamu Eksplore 2

Curug Campaga

Wisata Curug di Majalengka yang satu ini berletak di Desa Campaga, Kecamatan Talaga sehingga nama Curug ini pun sama dengan nama Desanya, yakni Curug Campaga.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter yang terbelah menjadi dua aliran yang membuatnya unik.

Sayangnya fasilitas di Curug Campaga ini memang masih belum terlalu baik. Namun kabarnya pemerintah setempat akan segera menata lokawisata ini agar mampu menyedot lebih banyak wisatawan.

Curug Situhiang

7 Wisata Curug di Majalengka Yang Wajib Kamu Eksplore 3

Curug Situhiang

Masih belum banyak informasi yang dapat dibagi mengenai Curug Situhiang ini. Hal ini dikarenakan destinasi ini jarang pengunjung. Padahal kabarnya curug ini menyimpan keindahan alami yang eksotis.

Lokasinya berletak di Blok Sriwati Desa Anggrawati, Kecamatan Maja. Rute untuk menuju ke lokasi memang terbilang masih sangat sulit.  Kamu harus menggunakan kendaraan roda dua jenis off-road untuk sampai ke sana.

Curug Puntang

Curug Puntang

Curug Puntang

Curug Puntang berada di Desa Cengal, Kecamatan Maja atau berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Majalengka dengan jarak tempuh 2 jam perjalanan.

Curug ini berlokasi di sebuah jurang yang terjal dengan ketinggian air mencapai 15 meter ini mungkin masih asing bagi sebagian warga Majalengka sendiri.

Namun pesona keindahan yang dimilikinya wajib kamu eksplore karena bayak spot-spot menarik dan instagramable.

Curug Ciwanda

Curug Ciwanda

Curug Ciwanda

Yang terakhir adalah Curug Ciwanda. Wisata curug di Majalengka yang satu ini berletak di Desa/Kecamatan Lemahsugih, atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Majalengka.

Rute menuju lokasi sangat menantang bagi kamu yang gemar berpetualang.  Namun percayalah, perjalanan menguras tenaga yang harus kamu lalui akan terbayar tuntas dengan melihat eksotisme curug yang satu ini.

Paduan keindahan alam dan suasana tenang di obyek wisata ini adalah kemewahan yang tak akan ditemui di perkotaan.

Nah itulah 7 wisata curug di Majalengka dengan karakter masing-masing.  Baik yang sudah terkenal dan memiliki fasilitas memadai maupun yang masih seadanya.

Yuk eksplore!